Katuranggan Jengger Ayam Aduan Dan Bentuk Jengger Ayam Laga Yang Bagus

PETERNAKAN AYAM ADUAN

Katuranggan Jengger Ayam Aduan

Katuranggan Jengger Ayam dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Bertarung Dari Seekor Ayam Laga - Sebagai hiasan kepala ayam aduan, jengger ayam aduan ternyata menjadi salah satu hal yang sering diperhatikan oleh para penghobi ayam aduan, baik dari segi bentuk ukuran maupun tekstur jengger ayam aduan tersebut. Jengger ayam aduan sering kali dikaitkan dengan mental dalam bertarung si ayam tersebut. Oleh karena itulah mengapa jengger menjadi salah satu perhatian saat memilih ayam aduan. jengger pada ayam aduan juga sedikit menggambarkan mental tetapi lebih banyak menggambarkan teknik bertarung si ayam. Menurut ukurannya jengger ayam ada yang besar ada pula yang kecil. Jika dilihat dari bentuknya ada bermacam - macam jengger ayam aduan, di antarannya jengger tigan, jengger wilah, jengger blangkon, jengger sumber, dan lain sebagainya. Berdasarkan teksturnya, ada jengger ayam aduan yang bertekstur kaku, ada juga jengger ayam aduan dengan tekstur pial, lembut

Berikut ini Penjelasan Mengenai Cara Menganalisa teknik dan pukulan Seekor Ayam Aduan berdasarkan jengger:
  1. Jengger ayam aduan bertekstur pial / blangkon, mainnya kebanyakan solah aktif, semakin lembut/ pial jenggernya semakin dominan teknik solahnya.
  2. Jengger ayam aduan bertekstur kaku dan berbentuk "blangkon", biasanya lebih banyak main atas, kemungkinan kontrol. Semakin kaku, semakin dominan kontrol'nya.
Dalam artikel ini juga, kami akan menguraikan seputar katuranggan pada bagian tubuh ayam aduan. Namun, yang akan dijelaskan dalam artikel ini yaitu tentang katuranggan jengger ayam aduan dan pengaruhnya terhadap kemampuan bertarung dari seekor ayam aduan.

Katuranggan Jengger Ayam Aduan
Bagi beberapa penghobi ayam laga, jengger ayam aduan yang bagus adalah jengger ayam yang berbentuk menyerupai seperti blangkon, topi khas adat Jawa. Jengger ayam aduan semacam ini diyakini menunjukan bahwa ayam aduan yang memilikinya mempunyai gerak yang sangat lincah dalam bertarung, dan memiliki mental yang kuat saat berlaga, serta kemampuan manuver kepala yang tinggi.

Jengger Ayam Aduan (Blangkon)
Jengger blangkon yaitu jengger yang bagian belakang (bagian jengger yang tidak menempel dengan kepala) dan terlihat jauh lebih panjang jika di bandingkan dengan jengger bagian depan (jengger yang menempel dengan kepala). Meskipun lebih panjang, jengger ayam aduan yang berbentuk blangkon yang baik yaitu haruslah memiliki ujung belakang yang masih terlihat menempel dengan kepala. Jengger ayam aduan yang berbentuk blangkon juga harus bersifat lentur atau tidak kaku.

Ayam aduan dengan jengger blangkon biasanya mempunyai mental yang kuat ketika berlaga, artinya ayam aduan yang memiliki jengger seperti ini tidak akan mudah menyerah. Meskipun tubuhnya sudah banyak terluka, bahkan ayam aduan dengan jengger seperti ini akan menyelesaikan pertarungan dengan kemenangan. 

Apabila anda mempunyai ayam aduan dengan bentuk jengger semacam ini (jengger Blankon), latihlah pukulannya agar kuat dan akurat, kemudian biasakan dengan latihan fisik supaya staminanya tidak mudah loyo/ lemah. Mental yang baik pada ayam aduan dengan jengger blangkon perlu diimbangi dengan kemampuan fisik yang mumpuni supaya menjadi ayam aduan juara. 

Jengger Ayam Aduan Berbentuk Bunga Mawar
Jengger ayam aduan juga dapat ditemukan dalam bentuk menyerupai atau mirip seperti bunga mawar. Jengger ayam aduan dengan motif semacam ini akan bagus kalau ukurannya kecil, karena akan sulit dipatuk lawannya, sedangkan jika berukuran besar maka biasanya ayam yang memilikinya gerak kepala yang kaku dan mudah dipukul lawannya saat bertarung.

Namun, yang perlu untuk diperhatikan yaitu hindari memilih ayam aduan yang memiliki jengger di bagian belakang langsung tegak lurus dengan bagian jengger yang menempel di kepala. Karena menurut beberapa penghobi ayam laga mengatakan bahwa mental ayam aduan dengan jengger seperti ini diyakini memiliki mental yang buruk atau kurang bagus.

Kelenturan Jengger Ayam Aduan
Selain dari bentuk dan motif jengger ayam, kelenturan jengger ayam aduan juga sering kali menjadi acuan untuk memilih ayam laga.

Kebanyakan ayam laga dengan jengger yang lentur dan halus mempunyai keberanian yang luar biasa. Selain itu, jengger ayam aduan yang lentur juga tidak mudah terluka saat bertarung, baik karena patukan, jalu, maupun akibat pukulan kaki. Kalau terjadi luka, pendarahan jengger lentur biasanya cenderung lebih cepat berhenti jika di bandingkan dengan jengger yang kaku. 

Jengger ayam laga yang teksturnya kaku merupakan sebuah tanda buruk. Karena selain mental bertarungnya lemah, jengger yang seperti ini menunjukan bahwa ayam laga memiliki gerakan leher dan kepala yang kaku sehingga sangat mudah bagi lawan untuk memukul bagian - bagian vital di kepalanya.

Baca Juga:

Itulah uraian singkat mengenai katuranggan jengger ayam laga dilihat dari bentuk dan kelenturannya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kita semua dalam memilih ayam laga kualitas juara.

Belum ada Komentar untuk "Katuranggan Jengger Ayam Aduan Dan Bentuk Jengger Ayam Laga Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel