Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Ekornya, Bentuk dan Ciri Ekor Ayam Aduan Yang Bagus

PETERNAKAN AYAM ADUAN

Bentuk Ekor Ayam Aduan yang bagus untuk dijadikan ayam petarung

Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Ekornya - Ekor ayam aduan yang bagus juga merupakan salahsatu kriteria untuk menjadi ayam petarung yang bagus, Ini karena ekor bisa dikatakan seperti kemudi untuk mengatur gerakan dan arah pukulan ayam aduan supaya lebih terarah dan akurat. Disamping itu ekor ayam juga sebagai mahkota, untuk kecantikan ayam itu sendiri. 

Maka dari itu dalam memilih ayam aduan yang mempunyai kualitas bagus, perlu untuk kita ketahui dari bentuk ekor ayam aduan tersebut. Kriteria bentuk ekor ayam aduan yang bagus untuk dijadikan ayam petarung yaitu sebagai berikut ini.

Bentuk Ekor Ayam Aduan
  1. Ayam aduan dengan ekor yang kuncup lebih lincah dibandingkan dengan ayam aduan yang ekornya kebuka lebar. Ekor ayam aduan yang kebuka lebar dan pendek lebih banyak pada ayam betina, sedangkan ekor ayam aduan yang kuncup dan panjang lebih banyak pada ayam jantan.
  2. Bentuk ekor ayam aduan yang bagus yaitu berbentuk kuncup, dan arahnya lurus memanjang dan ekornya terus turun ke bawah. Bulu ekor ayam aduan yang bagus panjang dan bulunya kuat.
  3. Ekor ayam aduan yang bagus juga terlihat melengkung dan naik ke atas (mirip seperti ekor ayam kampung) pada umumnya tidak cocok untuk di jadikan sebagai ayam aduan. Kecuali ayam aduan tipe ayam birma yang cocok dengan ekor yang naik ke atas
  4. Ekor ayam aduan yang tumbuh panjang membuat fungsi ekor makin efektif ketika bertarung
Baca Juga:

Tulang capit kloaka
  1. Ayam aduan dengan tulang capit kloaka yang rapat (tidak ada celah renggang) mempunyai pukulan berkali-kali dalam satu kali gebrakan. Biasanya tiga kali dalam 1 gebrakan, dan ada yang sampai lima kali jika ayam aduan tersebut ramping dan ringan, sehingga bisa membuat lawan kewalahan. 
  2. Tulang capit kloaka (dibawah anus) ayam aduan yang bagus yaitu rapat, keras dan kuat
  3. Ayam aduan yang renggang tulang capit kloakanya masih disukai yang terpenting mempunyai pukulan yang kuat, menyakitkan dan bisa tepat sasaran walaupun frekuensi pukulannya hanya 1 kali setiap gebrakan.
  4. Semakin renggang tulang capit kloaka ayam aduan tersebut maka semakin sedikit jumlah pukulannya. Tulang capit kloaka ayam aduan yang renggang terkesan irit dalam memukul, karena frekuensi pukulan nya lebih sedikit.
Tulang Ekor Ayam Aduan Yang Bagus
  1. Fungsi utama ekor pada ayam yaitu membantu keseimbangan atau berguna sebagai kemudi arah gerakan. Tulang ekor ayam aduan yang besar dan rapat serta kuat akan membuat ekor ayam aduan/ ayam petarung tersebut bisa berfungsi sangat baik untuk membantu ayam dalam bergerak atau balik badan, lompat, memutar, dan untuk menghindar, serta mengarahkan pukulan menjadi tepat dan akurat.
  2. ulang ekor ayam aduan yang bagus yaitu kokoh dan kuat. Tulang ekor ayam aduan kokoh dan kuat ditandai oleh tulang pangkal ekor yang besar, rapat dan keras.
  3. Tulang ekor ayam aduan yang tidak begitu rapat dan agak kecil masih bisa ditoleransi yang terpenting apa bila diraba terasa keras dan kuat.
  4. Tulang ekor ayam aduan yang terlalu besar juga ada kelemahannya karena gerakan ekornya agak sedikit kaku dan gerakanya akan monoton,
Demikianlah uraian mengenai ekor ayam yang berkualitas bagus untuk dijadikan ayam aduan /ayam petarung, yang menjadi salahsatu kriteria yang sangat diperhatikan dalam memilih ayam aduan yang bagus.

Belum ada Komentar untuk "Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Ekornya, Bentuk dan Ciri Ekor Ayam Aduan Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel