Penyakit Pada Mata Ayam Aduan Yang Perlu Kita Ketahui

PETERNAKAN AYAM

Penyakit Pada Mata Ayam Aduan

Penyakit Pada Mata Ayam Aduan - Mata adalah bagian tubuh yang sangat vital peranannya bagi kemampuan ayam aduan saat bertanding dan ketika ayam melakukan manuver serangan. Tanpa mata yang berfungsi dengan baik, ayam aduan akan sangat kesulitan terutama pada saat sedang menghindari pukulan lawan.

Obat Mata Ayam Aduan
Kendati memiliki peran yang sangat vital, mata ayam dapat saja terkena beragam masalah, mulai dari terinfeksi virus, cacing dan bakteri, ataupun mata ayam aduan ini karena terkena jalu lawan sehingga pelipisnya robek dan berdarah. Maka dari berbagai masalah yang terjadi pada mata ayam aduan tersebut harus segera kita obati dengan cara yang benar dan tepat. Berikut ini adalah beberapa obat mata ayam yang bisa kita gunakan. Silahkan digunakan namun yang perlu diperhatikan yaitu harus sesuai dengan gejala, kegunaan, dan fungsinya masing-masing.

1. Obat Mata Ayam Aduan yang Terinveksi Cacing
Apabila ayam peliharaan kita setiap pagi di bagian matanya selalu keluar tahi dan kelopak matanya bengkak serta pada siangnya sering dipejamkan, itu kemungkinan besar ayam tersebut tengah mengidap inveksi cacing mata. Maka sebaiknya mata ayam ini perlu untuk diperiksa dan amati. Caranya buka mata ayam ini dan coba lihat. Jika ditemukan cacing putih mirip seperti rambut, segera berikan obat mata ayam yang bisa dibuat dari daun tembakau.
Cara Membuatnya:
Teteskan air perasan daun tembakau sebanyak 2 sampai 3 tetes pada kedua matanya. Setelah itu coba perhatikan cacing-cacing yang menginveksi mata ayam aduan itu akan kelimpungan dan keluar secara perlahan dari mata ayam. Dari pengalaman para peternak ayam, Obat mata ayam dari perasan daun tembakau ini sangat manjur dan khasiat ini bisa langsung kita lihat.

2. Obat Mata Ayam Merah Akibat Terinveksi Virus/Bakteri
Selain karena cacing, mata ayam aduan juga bisa terinveksi oleh bakteri dan virus. Penyakit mata yang satu ini sering ditemukan, terutama pada waktu musim pancaroba. 

Apa bila  ayam peliharaan kita menunjukkan tanda-tanda atau gejala seperti mata selalu bengkak, merah, berair dan terlihat sayu maka ayam itu harus segera di karantinakan di dalam kandang yang jauh terpisah dari ayam-ayam yang lain. Sudah bisa dipastikan bahwa mata ayam tadi sudah terinfeksi virus atau bakteri. Oleh sebab itu, pemisahan atau karantina penting untuk dilakukan tujuannya untuk mencegah penularan penyakit tersebut terhadap ayam yang lain.

Setelah dilakukan pemisahan atau dikarantina, ayam selanjutnya diberi obat mata yang jenis dan cara penggunaannya antara lain yaitu sebagai berikut ini:
  1. Daun katuk, daun sirih atau meniran. kita juga bisa menggunakan daun sirih, daun katuk dan meniran sebagai obat mata ayam yang merah terinveksi bakteri atau virus. Cara menggunakannya yaitu cukup dilakukan dengan memeras daun-daun tersebut lalu kita teteskan airnya pada mata ayam saat malam hari dan pada waktu pagi hari. Ayam yang sakit ini mungkin akan memberontak kalau kita memberikan ramuan ini.
  2. Obat tetes mata untuk manusia. Apa bila gejala yang ditemukan pada mata ayam belum begitu parah, Kita bisa menggunakan obat tetes mata untuk manusia sebagai media pengobatan. Cara menggunakannya yaitu : Teteskan 2 sampai 3 tetes hingga meresap setiap pagi dan pada waktu sore hingga mata ayam kembali bening.
  3. Eye Chick. Jika gejala sakit mata yang dialami ayam aduan kita sudah dirasa parah, kita juga bisa menggunakan obat mata khusus ayam misalnya seperti Eye Chick yang bisa kita peroleh di ploutry/toko obat hewan terdekat.
3. Obat Mata Ayam Karena Terkena Jalu
Dari kedua obat mata ayam di atas digunakan apabila mata ayam peliharaan kita terkena masalah biologis. Tetapi, bila mata ayam aduan kita terkena gangguan fisik seperti robek, luka atau pecah karena terkena jalu pada saat diadu maka jenis-jenis obat yang bisa digunakan juga berbeda.
Mata ayam yang luka karena diadu, Menurut dari beberapa sumber ternyata bisa disembuhkan dengan getah daun kelor. Getah tumbuhan yang berwarna putih ini cara menggunakanya yaitu diteteskan pada mata ayam yang terluka. Takaran/dosisnya 1 sampai 2 tetes atau sampai sekiranya bisa terserap pada bagian yang luka. Setelah itu tutup mata ayam aduan yang sudah di beri tetesan daun kelor menggunakan plester selama 1 hari. Kemudian pada hari berikutnya, kalau dirasa masih bengkak, kita bisa mengulangi treatment pengobatan ini kembali. Tapi, biasanya dengan satu kali pengobatan saja, mata ayam tersebut sudah sembuh.

Itulah beberapa obat mata ayam yang bisa kita gunakan untuk beragam masalah dan penyebabnya. Baik obat untuk mata terinveksi virus, cacingan atau obat untuk luka mata, silahkan anda coba mudah-mudahan berhasil.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Pada Mata Ayam Aduan Yang Perlu Kita Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel