tips atau cara memanjangkan jalu ayam serta cara menguatkan jalu ayam aduan, yang paling mudah dan alami

PETERNAKAN AYAM ADUAN

4 Cara Membuat Jalu atau Taji Ayam Aduan Muda Cepat Tumbuh

Cara mudah dan cepat memanjangkan jalu atau taji pada ayam jantan aduan - Seperti yang kita ketahui bahwa jalu atau taji merupakan ciri khusus ayam jantan, namun ayam betina pun bisa memiliki taji atau jalu. Oleh karena nya jalu / taji adalah senjata ayam jantan untuk melukai dan juga taji/jalu berguna sebagai alat perlindungan diri dari lawan ketika bertarung. Disamping itu taji juga merupakan bagian tubuh dari ayam jantan yang sudah dewasa yang memang sangat di banggakan. Oleh karenanya, ayam jantan dewasa belum dikatakan hebat apa bila tidak memiliki taji/jalu. Sekarang ini semakin banyak para penghobi ayam laga berfikir untuk bagaimana caranya supaya jalu bisa di panjangkan secara cepat, mudah dan tentunya alami.
Ayam jantan dewasa yang mempunyai taji merupakan suatu kebanggaan bagi mereka pecinta ayam laga, akan tetapi taji bagi ayam jantan juga berbeda-beda sehingga sangat banyak para penghobi ayam laga yang mensetting jalu atau taji ayam mereka supaya menjadi bagus agar jika mengenai lawan mereka ketika bertarung bisa langsung terkapar.
Namun ada juga pejantan ayam aduan/ayam laga tidak memiliki jalu biasa di sebut sebagai jalu lepek itu tergantung dari genetika nya.
Jalu ayam aduan tentunya perlu mendapat perhatian khusus dengan pemeliharaan dan perawatan yang tepat. Jika salah dalam perawatannya, alih-alih mendapatkan ayam aduan dengan taji/jalu bagus, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Taji ayam akan tumbuh secara serampangan atau tidak sesuai dengan keinginan kita, misalnya jalu akan tumbuh kurang runcing, kurang keras dan lain sebagainya.

Sebagai catatan:
1) Perlu diperhatikan bahwa tips ini sebaiknya diterapkan pada ayam aduan yang secara usia sudah layak untuk diadu. Dengan begitu, taji bisa kita setting sedemikian rupa sesuai dengan keinginan kita. Jika belum mencapai usia ayam siap diadu, hendaknya biarkanlah taji dibiarkan tumbuh secara alamiah.
2) Jalu/ taji memiliki dua lapisan. Lapisan pertama, bagian luar yang lebih keras. Lapisan kedua, bagian dalam yang lebih lunak.

Ada 4 Cara Membuat Jalu atau Taji Ayam Aduan Muda Cepat Tumbuh:

  • Cara Pertama : Sewaktu ayam jantan berusia 5-6 bulan, taji yang belum tumbuh secara sempurna dikupas. Lalu bersihkan pinggiran taji tersebut dengan memakai amplas agar pertumbuhan taji /jalu tidak terhambat. Hal ini perlu dilakukan secara berkala dengan pengontrolan yang terus-menerus. Tujuannya agar, pertumbuhan taji jalu bisa dipantau.
  • Cara Kedua : Korek pangkal jalu/taji dengan kuku, dan di arahkan sesuai dengan keinginan. Setelah di korek olesi dengan mentega. Dengan begitu, taji atau jalu akan cepat tumbuh dan lebih besar.
  • Cara Ketiga : Untuk merangsang pertumbuhan jalu agar lebih cepat tumbuh, berikan belimbing wuluh di pangkal jalu.
  • Cara Keempat : Untuk membuat jalu makin keras, kuat, padat, serta kokoh olesi dengan bawang putih atau kunir. 
Demikianlah beberapa tips atau cara memanjangkan serta cara menguatkan jalu ayam aduan, yang paling mudah dan alami.

Belum ada Komentar untuk "tips atau cara memanjangkan jalu ayam serta cara menguatkan jalu ayam aduan, yang paling mudah dan alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel