4 jenis ayam buras petelur yang sangat cocok untuk dipelihara

PETERNAKAN AYAM

jenis ayam buras petelur

AYAM BURAS PETELUR

Jenis-Jenis Ayam Buras Petelur - Ayam petelur ini disebut ayam lokal, ini merupakan jenis ayam yang sudah secara alamiah bisa bertelur dengan sendirinya, tanpa perlu campur tangan manusia. Ayam petelur ini bukanlah dari hasil persilangan seperti halnya ayam ras, meski pun begitu ayam buras petelur di yakini memiliki daya tahan yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan ayam ras, Ayam buras memiliki daya tahan terhadap kondisi lingkungan yang selalu berubah–ubah. Ini sangat berbeda dengan ayam Ras petelur, ayam Buras petelur memiliki sifat mengeram telur dan ayam ini bisa juga di jadikan sebagai ayam pedaging. 
Dibawah ini ialah jenis-jenis ayam yang di jadikan sabagai ayam petelur, karena jenis-jenis ayam ini mampu memproduksi atau menghasilkan telur dalam jumlah banyak.

Ayam Kampung
jenis ayam buras petelur

Jenis ayam ini merupakan yang paling dikenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat indonesia. Warna bulu ayam kampung sangat bervariasi, ayam petelur ini memiliki bentuk tubuh lebih kecil dari ayam Ras tapi ayam buras ini lebih lincah dan gesit. Seekor ayam kampung mampu menghasilkan lebih kurang sekitar 115 butir telur per tahun, ayam kampung ini bobot telurnya lebih kecil dari ayam Ras yaitu sekitar 43 gr per butirnya. Jenis Ayam ini biasa mengerami telurnya selama lebihkurang 21 hari.

Ayam Arab
jenis ayam buras petelur

Ayam arab memiliki 2 jenis yang ditinjau dari warna bulunya, yaitu: gold (bulu berwarna merah) dan silver (bulu berwarna putih mengkilap). Ayam Arab mampu bertelur sekitar 190 hingga 250 butir per tahun, ayam arab biasanya mulai bertelur saat umurnya 5 bulan dan akan mencapai kualitas terbaik ketika umurnya sudah 8 bulan ke atas. Jenis Ayam Arab asli biasanya akan menghasilkan telur yang lebih putih dan sebaliknya, ayam Arab hasil dari persilangan telurnya lebih cenderung berwarna coklat. Maka, banyak peternak yang memelihara ayam Arab hasil dari persilangan dibandingkan ayam Arab asli. Kekurangan dari ayam arab yaitu warna daging dan kulit ayam ini agak kehitaman, sehingga kurang disukai oleh rumah potong.

Baca Juga:

Ayam Kedu
Ayam kedu merupakan jenis ayam lokal yang berasal dari Jawa tengah, jenis ayam ini juga bisa di jadikan sebagai ayam petelur karena ayam kedu ini mempu memproduksi telur dalam jumlah yang banyak dapat mencapai 160 butir per tahunnya. Ayam kedu akan mulai bertelur pada umur 4 – 6 bulan, telur ayam kedu berwarna cream kecoklatan. Selain kedu hitam ada juga yang berwarna putih dan campuran tapi ayam kedu hitam lebih produktif jika dibanding dengan jenis ayam kedu yang lain. Jenis Ayam buras petelur ini juga mudah dalam perawatannya dan ayam kedu ini memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan baru juga sangat cepat.

Ayam Nunukan
Jenis ayam buras ini dikenal juga dengan nama ayam cina karena ayam buras petelur ini diduga berasal dari cina, ayam nunukan memiliki ciri khas ekor ayam ini tidak berkembang sempurna atau pendek seolah-olah di potong. Untuk produktivitas telur yang tinggi yaitu ayam Nunukan yang memiliki ekor panjang. Ayam buras petelur (ayam nunukan) ini mampu menghasilkan 120 sampai 140 butir per tahunnya, ukuran telur Ayam buras ini relatif besar sekitar 40 sampai 60 gr per butirnya. Ayam buras petelur ini mulai bertelur sekitar umur 5 – 6 bulan.

Itulah sedikit informasi dari beberapa jenis ayam Buras petelur yang paling umum dikenal oleh masyarakat khususnya peternak lokal. Jadi, baik ayam Buras petelur dan ayam Ras petelur memiliki keunggulan atau kelebihannya masing- masing. Tetapi Ayam Ras petelur lebih unggul dari segi jumlah telur yang dihasilkan bila dibandingkan ayam Buras dan bibitnya lebih murah, oleh karena itu peternak komersil atau para peternak besar lebih memilih jenis ayam Ras petelur. Sedangkan ayam Buras petelur unggul karena ketahanan tubuh dan cara pemeliharaan yang lebih mudah jika di banding ayam Ras petelur, sehingga sangat cocok bagi para peternak rumahan atau bagi peternak skala kecil.

Belum ada Komentar untuk "4 jenis ayam buras petelur yang sangat cocok untuk dipelihara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel