bangsa sapi perah yang dapat menghasilkan susu yang banyak dan ciri-ciri sapi penghasil susu

PETERNAKAN SAPI PERAH / SAPI PENGHASIL SUSU

bangsa sapi perah yang dapat menghasilkan susu yang banyak dan ciri-ciri sapi penghasil susu

Macam-Macam Sapi Perah - Sapi perah adalah jenis sapi yang dipelihara atau yang diternak dengan tujuan untuk menghasilkan susu. Sangat banyak bangsa-bangsa sapi perah diantaranya yaitu Guernsey, Jersey, Ayrshire dan Friesian Holstein. Sapi-sapi perah yang banyak diternak oleh masyarakat di Indonesia sekarang ini yaitu sapi perah bangsa Friesian Holstein (FH) import dan turunannya. Kemampuan berproduksi susu dari sapi Friesian Holstein ini bisa mencapai 5984 kg tiap laktasi, Sapi Friesian Holstein kadar lemak susu nya rata-rata 3,7%, standar sapi jantan dewasa 700-900 kg, sedangkan bobot badan pada sapi Friesian Holstein betina dewasa 650 kg. Sapi Friesian Holstein yang memiliki ciri-ciri antara lain yaitu kepala berbentuk panjang, lurus dan lebar, warnanya hitam berbelang putih, tanduk relatif lebih pendek dan tanduknya melengkung ke depan, temperamen tenang dan jinak.
Seperti halnya pada peternakan ayam terdapat 2 jenis ada ayam pedaging dan ada ayam petelur, dalam peternakan sapi pun jenis sapi terbagi menjadi 2, yaitu sapi pedaging dan sapi penghasil susu atau sapi perah.
Sapi perah bukan satu-satunya hewan ternak peliharaan yg bisa menghasilkan susu, akantetapi susu sapi yaitu satu-satunya susu yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat indonesia.
Susu yang sering kita konsumsi adalah susu yang di hasilkan oleh sapi perah yang di ternakkan oleh peternak sapi di Indonesia, atau susu sapi yang dikemas dalam kaleng yang diimport dari luar negri.

Hampir semua sapi perah atau sapi penghasil susu yang ada di Indonesia merupakan sapi import, Indonesia tidak memiliki sapi perah atau sapi penghasil susu trah asli.

Meskipun sapi perah atau sapi penghasil susu yang banyak di pelihara oleh peternak sapi Indonesia adalah sapi jenis peranakan Friesian Holstein, yaitu hasil dari persilangan sapi jenis Friesian Holstein (FH) dengan sapi lokal.

Sehingga untuk mendapatkan sapi penghasil susu atau sapi perah yang sesuai dengan kondisi iklim di negara Indonesia maka harus di lakukan perkawinan silang antara sapi perah import dengan sapi lokal.

Beternak sapi perah/ sapi penghasil susu mempunyai prospek yang sangat bagus, karena mengingat susu masih menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain itu dapat meningkatnya penghasilan masyarakat, berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan hidup masyarakat dan sudah pasti kebutuhan masyarakat terhadap susu akan semakin meningkat.

Biasanya para peternak sapi perah bergabung dalam sebuah wadah yg berbentuk koperasi yang akan membantu proses pemasaran atau penjualan dari produk yg di hasilkan peternakannya. Berbeda dengan peternak sapi pedaging atau sapi potong, dimana proses penjualan produknya biasanya di lakukan sendiri-sendiri tanpa melalui wadah yang berbentuk koperasi.

Selain sapi perah/ sapi penghasil susu seperti yang disebutkan diatas berikut ini jenis-jenis sapi perah yang terdapat dibelahan dunia lain, tentu ini akan sangat membantu para peternak sapi perah atau sapi penghasil susu bagi pemula untuk bisa mendapatkan sapi penghasil susu yang akan diternakkan sesuai dengan jenis sapi yang di inginkan.

Jenis-Jenis Sapi Perah

Sapi Sahiwal
bangsa sapi perah yang dapat menghasilkan susu yang banyak dan ciri-ciri sapi penghasil susu
  1. Negara Asal: Punyab, Distrik Montgo Mery, Pakistan
  2. Bobot Sapi Sahiwal Pejantan Dewasa: 500-600kg.
  3. Bobot Betina Dewasa: 450 kg
  4. Warna: Kelabu kemerah - merahan,  Coklat, Merah sawo
Sapi Sahiwal dapat memproduksi susu sekitar 2500 - 3000 kg /tahun dengan kandungan lemak 4.5%.

Menurut sebuah penelitian yg di lakukan Ware pada tahun 1941, sapi penghasil susu ini (Sahiwal) yang terbaik dapat memproduksi susu antara 2722-5897 liter/tahun dengan kadar lemaknya 3,7 %.

Sapi Red Sindhi
bangsa sapi perah yang dapat menghasilkan susu yang banyak dan ciri-ciri sapi penghasil susu
  1. Negara Asal: Karachi, Hyderabad dan Kohistan, Pakistan
  2. Warna: Merah tua
  3. Bobot Sapi Red Sindhi Jantan Dewasa: 450-500kg.
  4. Bobot Sapi Red Sindhi Betina Dewasa: 300-350kg
Sapi Red Sindhi mampu memproduksi susu sekitar 2000 kg pertahunnya. Tetapi ada juga yang mencapai 3000kg pertahunnya dengan kadar atau kandungan lemaknya sekitar 4.5%.
Sapi Red Sindhi ini memiliki bentuk tubuh yang relatif lebih kecil jika di bandingkan dengan sapi Sahiwal.

Sapi Gir
bangsa sapi perah yang dapat menghasilkan susu yang banyak dan ciri-ciri sapi penghasil susu
  1. Negara Asal: India Barat, tepatnya daerah Kathiawar.
  2. Bobot Sapi Gir Pejantan Dewasa: 600kg
  3. Bobot Betina Dewasa: 400kg
  4. Warna: Memiliki warna putih dengan bercak coklat atau warna kehitaman, namun ada juga sapi Gir ini yang memiliki warna bercak kuning kemerahan.
Keistimewaan atau Kelebihan sapi Gir ini yaitu tahan untuk di gunakan membajak sawah atau membajak ladang. Berbeda dengan jenis-jenis sapi perah lainnya yang lebih cenderung tidak mempunyai ketahanan tubuh terhadap cuaca ekstrim.

Sapi Gir jantan dewasa dapat mencapai bobot tubuh 600kg, sedangkan Sapi Gir betina dewasa dapat mencapai bobot tubuh 400kg,
Selain itu sapi perah jenis ini dapat memproduksi susu rata-rata 2000 liter pertahunnya. Kadar lemak yang terdapat didalam susu sapi Gir sebesar 4,5- 5 %.

Baca Juga:

Sapi Holstein-Friesien.
bangsa sapi perah yang dapat menghasilkan susu yang banyak dan ciri-ciri sapi penghasil susu
  1. Negara Asal: Nort Holand dan West Friesland, Belanda
  2. Bobot Sapi Holstein-Friesien Pejantan Dewasa: 820kg -1 ton
  3. Bobot Betina Dewasa: 560kg-725kg
  4. Warna: Corak Hitam Putih, Merah Putih
Sapi Holstein -Friesien yaitu sapi penghasil susu yang mempunyai dwi fungsi, disamping kemampuan produksi susunya yang cukup tinggi, Selain itu sapi Holstein-Friesien juga mempunyai pertumbuhan tubuh yang sangat cepat sehingga sering juga sapi jenis ini di ternakkan sebagai sapi potong.

Sapi Holstein - Friesien mampu memproduksi susu sekitar 57.000kg dalam satu tahun.
Susu yang di hasilkan oleh sapi Holstein Friesien mempunyai kandungan lemak yg cukup rendah yaitu sekitar 3,5%-3,7%.
Sapi Holstein -Friesien memiliki karkas yang sangat bagus, sehingga sapi jenis ini banyak juga yang di ternakkan atau yang dipelihara dengan tujuan untuk memproduksi daging.
Seperti halnya  di negara Amerika, karena keunggulan yg di miliki oleh sapi Holstein-Friesien, hampir semua sapi penghasil susu atau sapi perah yang ada di negara Amerika adalah sapi perah dari jenis sapi Holstein-Friesien.

Sapi Guernsey.
bangsa sapi perah yang dapat menghasilkan susu yang banyak dan ciri-ciri sapi penghasil susu
  1. Negara Asal: Pulau Guernsey, Inggris.
  2. Bobot Sapi Guernsey Pejantan Dewasa: 500kg -771kg
  3. Bobot Betina Dewasa: 362kg-500kg
  4. Warna: Coklat Muda kombinasi Putih.
Sapi Perah ini berasal dari pulau yang dekat dengan Pulau Jersey sebenarnya sapi perah jenis ini tidak terlalu banyak dijadikan pilihan dalam peternakan sapi penghasil susu, sama halnya dengan sapi Jersey.

Karena kadar lemaknya yang sangat tinggi menjadikan sapi Guernsey ini di jadikan pilihan sebagai sapi perah penghasil lemak susu.

Produksi susu sapi perah Guernsey ada di kisaran 4163kg per tahun. Kemampuan dalam memproduksi susu sapi Guernsey lebih tinggi jika di banding dengan sapi perah Jersey.
Kelebihan sapi perah Jersey memiliki pertumbuhan dan keseragaman standar produksi susu.
Perbedaan dominan yang terdapat diantara sapi Guernsey dan Jersey adalah pada susu sapi Guernsey memiliki kandungan kadar karoten yg lebih tinggi bila di bandingkan sapi Jersey.
Kandungan lemak yang ada pada susu sapi Guernsey lebih rendah di banding sapi Jersey, yaitu sekitar 4,7%.

Sapi Jersey
  1. Negara Asal: Pulau Jersey, Inggris.
  2. Bobot Sapi Jersey Pejantan Dewasa: 500kg -700kg.
  3. Bobot Betina Dewasa: 362kg-500kg.
  4. Warna: Coklat
Susu yang di hasilkan oleh sapi Jersey ini memiliki warna kuning, hal ini di sebabkan karena begitu tingginya kandungan karoten yg terdapat di dalam susu, prosentase kadar lemak tinggi dan juga karena bahan padatnya juga cukup tinggi.

Kemampuan dalam memproduksi susu sapi Jersey tidak terlalu tinggi, rata-rata sapi Jersey memproduksi susu 3773kg / tahun dengan kadar lemak 5,2%.

Sapi Brown Swiss
  1. Negara Asal: Swiss
  2. Bobot Sapi Brown Swiss Pejantan Dewasa: 725kg -1 ton
  3. Bobot Betina Dewasa: 544kg-635kg
  4. Warna: bervariasi, coklat muda, coklat tua.
Sapi Brown Swiss merupakan jenis sapi dwifungsi, sapi ini bisa di andalkan dalam memproduksi susu dan produksi daging yang sangat bagus.

Jenis sapi perah ini memiliki tubuh yang cukup besar dan lemak badannya yg berwarna putih, ini yang membuat sapi brown swiss sangat di sukai untuk di ternakkan sebagai sapi penghasil daging.

Selain kualitas daging yang sangat bagus, sapi ini juga memiliki kemampuan memproduksi susu yang cukup tinggi sehingga sapi ini juga di jadikan sebagai sapi perah.

Sapi brown swiss mampu menghasilkan susu rata-rata 4926kg/tahunnya. Kandungan lemak yang terdapat di dalam susu sapi ini sebesar 4.1%, lemak susu sapi brown swiss berwarna agak putih.

Sapi Ayrshire.
  1. Negara Asal: Skotlandia
  2. Bobot Sapi Ayrshire Pejantan Dewasa: 725kg -1 ton
  3. Bobot Betina Dewasa: 566kg
  4. Warna: Merah Putih.
Sapi Perah Ayrshire merupakan jenis sapi yang mudah gugup dan kagetan, sehingga anda harus hati-hati jika dekat dengan sapi perah jenis ini. Sapi Ayrshire mampu memproduksi susu rata-rata 4677 kg pertahunnya. Dengan kandungan lemak yg terkandung di dalam susu yg di hasilan oleh sapi Ayrshire ini yaitu sebanyak 4%.

Dari beberapa jenis sapi perah atau sapi penghasil susu yang di sebutkan di atas, kita mungkin dapat mengambil sebuah kesimpulan, yaitu mengapa sapi perah yang paling banyak di ternak atau dipelihara oleh para peternak sapi perah di negara Indonesia adalah sapi dari jenis sapi Holstein -Friesien.

Itu karena melihat dari profil kemampuan produksi susu dan produksi dagingnya untuk di pelihara atau diternakkan sebagai sapi potong atau sapi penghasil daging, sapi holstein friesien di jadikan pilihan sebagai sapi penghasil susu yang dapat juga di jadikan sebagai sapi penghasil daging yang baik.

Mengingat negara asal dari sapi holstein -friesien mempunyai perbedaan iklim dengan di Indonesia, sapi perah (holstein) ini di kawinkan dengan sapi lokal.

Demikianlah uraian mengeni macam-macam jenis sapi perah yang ada dibelahan dunia, data peternakan sapi perah ini kami rangkum dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "bangsa sapi perah yang dapat menghasilkan susu yang banyak dan ciri-ciri sapi penghasil susu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel