Domba merino dan keunggulannya

PETERNAKAN DOMBA MERINO

Domba Merino jenis domba penghasil woll dan jenis pedaging

Domba Merino Penghasil Daging dan Bulu (Woll) Berkualitas - Domba Merino merupakan salah satu jenis domba penghasil bulu wol yang berkualitas, Jenis Domba ini berasal dari asia kecil dan Domba Merino mempunyai keistimewaan yaitu mampu tumbuh dan berkembang dengan baik di negara-negara Eropa. Domba Merino juga termasuk tipe wool yaitu domba penghasil bulu yang baik dengan panjang bulu nya dapat mencapai 10 centimeter. Domba Merino jantan memiliki tanduk, tetapi domba merino betina pada umumnya tidak bertanduk. Selain itu bobot badan domba merino jantan dapat mencapai sekitar 80 kg, sedangkan domba merino betina hanya mencapai 60 kg.

Domba Merino ini selain sebagai penghasil woll jenis domba ini juga bisa dipelihara sebagai domba pedaging atau disebut juga domba potong.

Domba merino juga salah satu jenis domba tipe unggulan yang kini banyak dikembangkan di Indonesia, karena domba merino memiliki penghasil daging yang cukup cepat pertumbuhannya.

KEUNGGULAN DOMBA MERINO
Domba merino cukup mudah dalam beradaptasi didaerah apapun karena memang jenis domba ini memiliki daya tahan yang luar biasa, baik didaerah dataran tinggi maupun pada dataran rendah. Akan tetapi ada hal yang perlu untuk diperhatikan khusus untuk dataran rendah atau daerah panas, ada treatment khusus yang perlu untuk kita siapkan sebelum memulai beternak jenis domba merino ini, diantaranya yaitu :
  1. Pembuatan kandang panggung, tujuannya yaitu untuk menghindarkan domba merino dari kembung, selain itu untuk menghindarkan bulu domba merino menjadi kumal
  2. Area kandang atau lingkungan kandang domba merino wajib dibuat sejuk caranya yaitu dengan memperbanyak pohon-pohon perindang di sekitar lingkungan kandang dan atap kandang sebaiknya menggunakan genting.
  3. Untuk mencegah domba kehausan maka Air minum wajib selalu tersedia
  4. Apabila sudah memulai beternak domba merino ini maka peternak wajib secara rutin memangkas bulu pada tubuh domba ini supaya domba peliharaan nya tidak kepanasan.
Harap membaca juga mengenai : Cara Penggemukan Domba Secara Alami

Sedangkan untuk perawatan harian pada domba merino ini relatif lebih mudah domba merino sangat menyukai dengan pakan hijauan yang ditanam maupun pakan yang tumbuh liar di lingkungan, baik itu berupa rumput odot, rumput gajahan, rumput lapangan dll.

Itulah uraian singkat tentang domba merino, data peternakan ini kami olah dari berbagai sumber, semoga data ini bermanfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "Domba merino dan keunggulannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel