hal yang perlu diperhatikan dalam proses penggemukan sapi simental

PETERNAKAN SAPI SIMENTAL

hal yang perlu diperhatikan dalam proses penggemukan sapi simental

Penggemukan Sapi Simental - Sapi Simental sebenarnya memiliki beberapa nama atau sebutan. Di negara Australia sapi simental dikenal dengan nama Fleckvieh, dan di negara Prancis sapi simental ini dikenal dengan nama Pie Rouge. Namun, orang Indonesia biasa menyebutnya dengan nama Sapi simental, sapi simental ini sebenarnya merupakan jenis sapi yang di kembangkan pertama kali di lembah Simme, negara Swiss.

Di negara Indonesia, sapi simental sangat populer dan cukup banyak dikembangkan oleh peternak sapi karena jenis sapi ini memiliki banyak keunggulan jika kita bandingkan dengan jenis sapi lokal indonesia. Sapi simental jantan dewasa dapat mencapai bobot badan sekitar 1.150 kg, sedangkan sapi simental betina dewasa dapat mencapat berat badan 800 kg.

Ciri-ciri Sapi Simental yang Cocok untuk Proses Penggemukan

Bagi sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya apakah semua jenis sapi simental bisa diternak untuk menjalani proses penggemukan. Tentu saja tidak semua jenis sapi simental bisa menjalani proses penggemukan, hanya ternak sapi simental yang sehatlah yang bisa dijadikan ladang bisnis penggemukan ternak sapi simental. 

Baca juga:

Adapun ciri-ciri sapi simental yang cocok untuk dijadikan penggemukan yaitu sebagai berikut:
  1. Umur Ternak Sapi Simental
  2. Bila ingin melakukan penggemukan ternak sapi simental, Kita bisa memilih ternak sapi simental yang memiliki umur kisaran 2-3 tahun. Sapi Simental dengan umur ini tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, Sapi Simental yang berumur segini sangat bagus untuk diternak dan menjalani proses penggemukan.
  3. Pilihlah Sapi Simental yang Jantan
  4. Dalam usaha penggemukan sapi simental, sebaiknya kita memilih ternak sapi simental yang berjenis kelamin jantan. Tujuan memilih sapi simental jantan, karena ternak sapi simental jantan tentu saja harganya akan lebih mahal. Terlebih lagi jika usaha penggemukan sapi simental kita khususkan pada moment hari raya Idul Adha atau hari raya qurban.
  5. Bentuk Tubuh Sapi Simental
  6. Apabila kita baru terjun dalam bidang peternakan sapi ataupun kita ini sebagai pemula, alangkah baiknya jika kita juga mencermati satu trik ini. Yaitu memilih ternak sapi simental yang mempunyai fisik yang kokoh, badan panjang dan mempunyai rongga perut yg bulat dan lebar. Ukuran tubuh ternak sapi Simental yang baik idealnya yaitu 170 centimeter, tinggi pundak sapi simental normalnya adalah 135 centimeter. Karena dalam berbisnis harus untung begitu juga dalam usaha penggemukan sapi pedaging, maka kita harus berpikir jernih bahwa kedepannya daging sapi simental pasti akan bertambah. Dengan seiring bertambahnya bobot badan dan banyaknya daging tentu saja memerlukan tubuh yg kuat untuk menopangnya.
  7. Tubuh Sapi Simental Tidak Terdapat Cacat
  8. Karena tujuan utama kita adalah bisnis, maka kita perlu memperhatikan badan dari sapi simental ini termasuk kaki sapi simental. Karena percuma saja jika kita melakukan penggemukan sapi simental, namun pada sapi simental tersebut ada cacat. di manapun tempatnya berada, orang yang akan membeli pasti memilih sapi yang sehat dan kuat. Karena sapi metal bukan hanya sekedar konsumsi, namun juga sebuah tingkatan budaya sosial.
  9. Mempunyai Mata yang Sehat
  10. Ini juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan sebelum memulai usaha penggemukan sapi simental yaitu memperhatikan mata sapi simental karena salah satu indikasi sapi metal yang sehat adalah bentuk matanya. Apabila bentuk matanya tajam dan nampak bersih, maka sapi simental tersebut sangat baik untuk proses penggemukan. Oleh karenanya, pilihlah sapi simental yang memiliki mata yang bagus untuk kelancaran usaha penggemukan sapi peliharaan kita.
Baca Juga:

Pada saat proses penggemukan ternak sapi simental tentu saja akan lebih banyak kotoran yang dikeluarkan oleh sapi tersebut, maka dari itu kita sebagai peternak harus rajin-rajin membersihkannya supaya sapi simental peliharaan kita terbebas dari penyakit, dan ternak sapi simental kita bisa tumbuh dengan sehat.

Demikianlah sedikit informasi mengenai proses penggemukan sapi simental. Selain hal-hal seperti disebutkan di atas, Kita juga dituntut harus menjaga kebersihan faktor luar supaya sapi metal tersebut tetap sehat.

Belum ada Komentar untuk "hal yang perlu diperhatikan dalam proses penggemukan sapi simental"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel