Jenis-jenis kambing gibas yang banyak diternak di indonesia

PETERNAKAN KAMBING GIBAS

Jenis-jenis kambing gibas yang banyak diternak di indonesia

Kambing gibas merupakan jenis kambing yang memiliki ciri khas yaitu berbulu tebal dan gimbal. Kambing jenis ini sering juga disebut sebagai kambing gimbal karena memang bulu kambing ini sangat unik. Warna kambing Gibas pada umumnya adalah putih dengan bulu yang cukup panjang dan tubuh yang cukup besar.

Selain itu Jenis kambing gibas juga termasuk salah satu jenis kambing yang mempunyai tingkat adaptasi yang sangat besar terhadap perubahan iklim dan kambing gibas ini dapat berkembang biak sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Di Indonesia kambing jenis ini banyak dipelihara atau diternak menjadi salah satu kambing peliharaan yang sangat menguntungkan daripada kambing jenis biasa.
Kambing gibas terdapat 2 macam jenis itu berdasarkan ekornya. Yaitu :
  1. Jenis kambing gibas ekor gemuk.
  2. Kambing gibas yang mempunyai ekor panjang dengan jumlah ruas tulang ekor mencapai 14, bearti itu termasuk ke dalam kambing gibas dengan ekor gemuk.
    Ciri-ciri kambing gibas ekor gemuk yaitu bentuk tubuh cukup besar dan memiliki bulu yang tebal dan gembel, serta bentuk ekornya kasar. Bentuk ekor dari kambing gibas jenis ini cenderung mengecil pada bagian ujungnya. Fungsi bagian ujung ekor kambing gibas jenis ini yaitu tempat penyimpanan cadangan lemak. Yang kemudian cadangan lemak tersebut berguna sebagai asupan energi pada saat kambing gibas ini sedang menghadapi cuaca ekstrim. Bobot dari kambing gibas jenis ini dapat mencapai 50 kg hingga 70 kg untuk kambing gibas jantan dewasa. Dan betinanya antara 30 kg sampai 40 kg. Di Indonesia populasi kambing gibas ekor gemuk banyak sekali terdapat di daerah Madura.


  3. Kambing gibas berekor tipis.
  4. Jenis Kambing gibas ini yaitu kambing gibas asli Indonesia yang populasinya banyak terdapat di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kambing gibas ekor tipis ini memiliki ciri-ciri seperti bentuk tubuh yang kecil, Kambing gibas ekor tipis ini juga pertumbuhannya cukup lambat, bulu kasar dan perolehan dagingnya relatif sedikit. bobotnya berkisar antara 30 kg - 40 kg untuk kambing gibas jantan dan bobot kambing gibas ekor tipis betina berkisar antara 20 kg - 25 kg. prosentase perolehan karkas yaitu 44 % sampai 49 % dari total kambing gibas berekor tipis. Karkas yaitu bagian dari kambing yang memiliki nilai jual tinggi seperti daging, bagian tulang dan lemak daging. Ekornya yang tipis, memiliki panjang sekitar 20 centimeter dengan ketebalan kuranglebih 3 centimeter dan lebar pangkal ekor 5,5 centimeter.
    Jenis-jenis kambing gibas yang banyak diternak di indonesia

Baca juga:
PANDUAN SINGKAT CARA BETERNAK KAMBING GIBAS
5 JENIS KAMBING YANG BERASAL DARI LUAR NEGRI

Demikianlah sedikit penjelasan tentang kambing gibas. Data peternakan ini kami olah dari berbagai sumber, Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.




Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis kambing gibas yang banyak diternak di indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel