jenis-jenis sapi pedaging asli indonesia atau sapi pedaging lokal

PETERNAKAN SAPI PEDAGING

jenis-jenis sapi pedaging asli indonesia atau sapi pedaging lokal

Jenis-Jenis Sapi Pedaging – Mengenal lebih dalam tentang ternak sapi khususnya sapi pedaging atau sapi potong, sapi yaitu hewan yang masuk dalam kategori ras bovine, atau di sebut juga lembu. Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis-jenis sapi/lembu unggulan baik itu sapi pedaging dan sapi penghasil susu. Selain untuk diambil daging dan susunya, Dipedesaan sapi juga banyak dimanfaatkan untuk alat transportasi atau untuk mengangkut barang ataupun sebagai pembajak di sawah/ ladang.

Bahkan ada beberapa suku di Indonesia yang menganggap sapi adalah hewan yang sakral dan suci, mereka menggunakan hewan ini dalam acara-acara penting atau perayaan. Untuk itu berikut ini kami berikan sedikit informasi mengenai beberapa macam jenis-jenis sapi, baik itu sapi pedaging/ sapi potong maupun sapi penghasil susu atau sapi perah.

1. Sapi Aceh
sapi aceh jenis sapi pedaging

Sapi aceh merupakan sapi khas dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam, sapi penghasil daging ini juga bukan varietas asli dari sapi karena sapi penghasil daging ini kebanyakan adalah hasil dari persilangan antara varietas bos sundaicus dengan varietas sapi zebu yg mempunyai ciri berpunuk dan bergelambir, asal usul dari sapi aceh ini banyak yang menyebutkan dibawa oleh orang india pada zaman dahulu.

Jenis sapi penghasil daging ini terkenal dengan daya tahan tubuh yang sangat kuat, sapi aceh juga mampu beradaptasi terhadap lingkungan tropis dengan sangat baik, sapi pedaging ini juga bisa tetap hidup terhadap pakan yang kualitas jelek, mempunyai ketahanan tubuh yang kuat terhadap serangan kutu dan parasit selain itu sapi pedaging ini juga memiliki produktivitas yang sangat baik sehingga mudah untuk diternak atau dipelihara.

Baca Juga:

2. Sapi Madura
sapi madura jenis-jenis sapi pedaging asli indonesia atau sapi pedaging lokal

Sapi madura juga termasuk sapi penghasil daging yang sangat baik, sapi madura adalah hasil dari persilangan antara sapi bali dengan sapi zebu yg memiliki punuk, sapi madura ini bukanlah varietas sapi asli. Sapi penghasil daging ini sangat terkenal dengan ketahanan tubuh yang kuat akan cuaca tropis, sapi madura juga cukup tahan terhadap penyakit dan memiliki daya tahan akan ceplak dan kutu. Banyak masyarakat madura merawat sapi ini sebagai sapi pacuan dan lomba, bobot sapi madura yang ideal adalah 500kg.

3. Sapi Ongole
sapi ongole jenis-jenis sapi pedaging asli indonesia atau sapi pedaging lokal

Sapi ongole merupakan salah satu varietas sapi zebu atau sapi berpunuk, sapi jenis pedaging ini merupakan sapi yang berasal dari india tetapi pada saat ini sapi potong ini juga banyak sekali ditemukan diindonesia. 
Ciri-Ciri Sapi Ongole
Pada umumnya Sapi pedaging ini berwarna kulit putih dan warna keabu-abuan, selain itu sapi ongole ini memiliki punuk yang cukup besar dan badan yg bergelambir dengan bobot badan sekitar 450 kg, kualitas daging sapi ongole sebenarnya tidak terlalu baik jika dibandingkan dengan jenis sapi yang lain tetapi harganya yang terbilang relatif murah membuat sapi potong ini laku keras dipasaran masyarakat indonesia. Saat ini sapi ongole banyak disilangkan dengan sapi lokal/ sapi jawa sehingga ada istilah sapi PO ( peranakan ongole ) sapi hasil dari perkawinan silang ini mirip dengan sapi ongole walaupun agak sedikit kecil.

4. Sapi Bali
sapi bali jenis-jenis sapi pedaging asli indonesia atau sapi pedaging lokal

Sapi bali termasuk golongan sapi dengan bobot badan menengah. Sapi bali juga termasuk sapi penghasil daging, sapi ini indentik dengan warna hitam untuk jantan dan warna merah bata untuk yang betina, Sapi jantan bali memiliki warna didominasi oleh warna hitam dan warna putih dibeberapa bagian tubuh seperti di kaki bawah dan belakang, moncong. Warna hitam yg ada pada jantan bisa saja berubah pada situasi atau keadaan tertentu seperti saat sapi penghasil daging ini dikebiri.

Itulah beberapa jenis sapi penghasil daging yang banyak dipelihara atau diternak oleh masyarakat indonesia, jenis-jenis sapi penghasil daging seperti yang disebutkan diatas merupakan sapi lokal kecuali sapi ongole yang berasal dari luar negri.

Belum ada Komentar untuk "jenis-jenis sapi pedaging asli indonesia atau sapi pedaging lokal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel