Karakteristik Ayam arbain dan keunggulan ayam arbain

PETERNAKAN AYAM

CIRI MORFOLOGIS DAN KEUNGGULAN / KELEBIHAN AYAM ARBAIN

Jenis Ayam Hasil Persilangan - Ayam arbain merupakan Ayam hasil persilangan antara ayam arab, ayam bangkok, ayam kampung, ayam ras petelur, yang kemudian diberi sebutan atau nama sesuai dari ayam - ayam yg memberikan keturunan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB, melalui Proyek Peningkatan Pendapatan Petani, Melalui Inovasi melakukan pengkajian pada kegiatan Kajian Inisiatif Lokal pada tahun 2006 terkait dengan pengembangan ayam Arbain ini.

Dari laporan Hasil Kajian Inisiatif Lokal Proyek Peningkatan Pendapatan Petani (P4MI) - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB, karakteristik ayam kampung arbain lebih unggul jika dibandingkan dengan ayam arab, ayam kampung, atau bangkok. Ayam arbain mempunyai bobot telur per gramnya sebesar 45 gr, sedangkan ayam arab hanya sekitar 38 gr, ayam kampung 32 gr dan ayam bangkok sekitar 39 gr. Selain itu bobot ayam jantan arbain dan ayam bangkok mempunyai persamaan, yaitu sama-sama beratnya 3.000 gr per ekor, sementara ayam jantan ayam arab 2.400 gr, dan berat ayam kampung 2.000 gr. sedangkan bobot ayam arbain betina dapat mencapai 1.700 gr, ayam bangkok 1.600 gr, ayam arab 1.400 gr dan bobot ayam kampung 1.400 gr.

Selain itu, Kelebihan atau keunggulan ayam arbain yaitu produktivitas telur nya hampir mendekati ayam Arab, hen day-nya mencapai 50% (ayam arab 60-65%), itu artinya ayam arbain ini mampu bertelur 150 sampai 200 butir per tahunnya. Ayam arbain mempunyai pertumbuhan yang cukup cepat dan efisien pakan, dalam usia 6 minggu beratnya bisa mencapai 0,5 hingga 0,7 kg dan menghabiskan pakan rata-rata 0,7 sampai 1 kilogram sampai usia 45 hari. Pada usia 6 bulan ayam arbain sudah mencapai bobot jual sekitar 1 sampai 1,8 kg per ekor. Kemudian juga tekstur daging ayam arbain ini lebih lunak di banding dengan daging ayam kampung tapi sedikit lebih keras dari ayam broiler.

Bukan hanya itu saja, ada kelebihan atau keunggulan lain dari ayam arbain ini, yaitu jenis ayam yang satu ini dapat dijadikan sebagai ayam pedaging ataupun sebagai ayam petelur. Dengan kelebihan itu otomatis bagi yang tertarik mengembangkan usaha beternak ayam arbain ini bisa mengembangkan usaha daging ayam sekaligus usaha telurnya juga.

CIRI-CIRI AYAM ARBAIN
Seperti disebutkan diatas bahwa Ayam Arbain ini yaitu jenis ayam hasil dari persilangan antara beberapa jenis ayam (ayam arab, ayam bangkok, ayam kampung, ayam ras petelur). Karena persilangan dari beberapa jenis ayam sehingga bentuk atau postur tubuh ayam arbain ini berbeda dengan ayam tetuanya. Sedangkan kata ARBAIN merupakan singkatan dari Ayam Racikan BAhrul aIN. Itu adalah nama yang menyilangkan ayam tersebut (ayam arbain).

CIRI MORFOLOGIS DAN KEUNGGULAN / KELEBIHAN AYAM ARBAIN

Ciri morfologis adalah ciri-ciri ayam yang terlihat dari luar, yaitu sosok bawaannya. Ayam Arbain adalah jenis ayam hasil dari persilangan yang memiliki ciri-ciri cukup khas yaitu warna bulunya relatif seragam dan ayam arbain ini memiliki pertumbuhan yang sangat baik.

Apabila dilihat dari bentuk badannya, Ayam Arbain ini memiliki ciri-ciri seperti berikut :

Bentuk Badan        : besar, bobot lebih besar dari ayam kampung atau ayam jenis biasa

Warna bulu         : belum memiliki warna khas tetapi dominan warna lurik hitam dan kuning.

Bentuk Jengger    : Ayam Arbain pedaging bentuk jengger menyerupai Ayam Bangkok. Sedangkan ayam arbain petelur bentuk jengger besar, tegak berbentuk tunggal.

Kaki atau Cakar     : kuning, putih dan lurik-luruk

Telur                : Telur ayam arbain lebih besar dari ayam kampung dan ayam Bangkok. Dengan warna telur dominan warna putih sampai putih kecoklatan.

Bentuk Tubuh Ayam Arbain
Ayam Arbain betina maupun ayam arbain jantan memiliki penampilan tubuh yang sangat menarik, yaitu tubuhnya yang besar dan tegap, dengan warna bulunya lurik hitam atau warna lurik kuning keemasan.

Ayam Arbain ini akan bertelur pada umur 6 -7 bulan . Dari sebuah penelitian menyebutkan yang bahwa Ayam Arbain ini mampu bertelur  sampai  180 butir per tahun.

Berat ayam Arbain pada saat baru menetas lebih besar kalau di bandingkan dengan ayam Bangkok maupun ayam kampung. Selain itu, berat ayam Arbain yang jantan lebih besar dibandingkan dengan ayam betina. Pertambahan berat ayam Arbain  juga lebih besar dibanding dengan ayam buras lainnya.

Pertambahan bobot perminggu ayam Arbain

Baca Juga:

Sebagaimana tujuan awal dalam penyilangan beberapa jenis ayam ini yakni untuk mengambil kelebihan atau keunggulan dari masing-masing jenis ayam, dan terpadu menjadi jenis ayam yg berbeda. Di bawah ini adalah keunggulan atau kelebihan Ayam Arbain :
  1. Kepadatan daging ayam arbain menyerupai dengan daging Ayam Bangkok
  2. Pertumbuhan ayam arbain Relatif lebih cepat dari ayam buras.
  3. Produksi telur ayam arbain lebih tinggi dari ayam buras.
  4. Warna telur menyerupai Ayam Kampung dan Bangkok.
  5. Bentuk tubuh dan Warna bulu ayam arbain seperti ayam buras
  6. Ayam arbain relatif tahan cuaca dingin dibanding Ayam Bangkok.
  7. Rasa daging ayam arbain seperti Ayam Kampung
Demikianlah uraian singkat mengenai asal usul ayam arbain dan keunggulan ayam arbain, data peternakan ayam ini kami rangkum dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Ayam arbain dan keunggulan ayam arbain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel