Mengenal jenis-jenis sapi pedaging Belgian blue, sapi murray grey, sapi droughtmaster, sapi pinzgauer

PETERNAKAN SAPI PEDAGING

jenis sapi pedaging Belgian blue, sapi murray grey, sapi droughtmaster, sapi pinzgauer

Mengenal Jenis-Jenis Sapi Pedaging
Sapi potong atau sapi pedaging adalah jenis sapi yang diternakkan atau yang dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya (berbeda hal nya dengan sapi perah yang dimanfaatkan atau yang diambil susunya). Biasanya ada tiga tahapan utama dalam kegiatan produksi daging sapi, yaitu tahap pengasuhan, tahap penggembalaan dan tahap pemberian pakan/ makanan. Sapi potong atau sapi pedaging yang masih berumur di bawah 1 tahun akan menghasilkan Daging sapi muda yang mempunyai kualitas berbeda dengan daging sapi biasa. Sapi potong/ sapi pedaging selain bisa dimanfaatkan dagingnya, sapi potong ini juga dapat menghasilkan kulit dan bahan-bahan untuk pembuatan shampo dan juga kosmetik. Berikut 4 jenis sapi pedaging atau sapi potong yang kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Sapi Belgian blue
jenis sapi pedaging Belgian blue

Sesuai dengan namanya sapi pedaging jenis ini berasal dari belgia, Sapi pedaging belgian blue sangat terkenal dengan struktur badannya yang berotot lebih menonjol dari pada jenis-jenis sapi pedaging yang lain, ada beberapa orang berpendapat bahwa otot yang dimiliki oleh sapi pedaging belgian blue adalah otot buatan bukan otot alamiah yang dimiliki sapi.

Mungkin sebagian orang akan bertanya kenapa nama sapi pedaging ini blue atau dalam bahasa indonesia disebut biru, sapi pedaging ini di beri nama Blue karena corak dari warna kulit sapi ini lebih banyak di dominasi oleh warna biru, selain itu warna yg familiar ada di sapi pedaging ini yaitu Belgian White and Blue Pied, Belgian Blue-White, Belgian White Blue, Blue, Blue Belgian. Dari segi bobot sapi belgian blue jantan dewasa bisa mencapai berat sekitar 1100 - 1250kg untuk ketinggian 1.45 meter - 1.50 meter. Dari beberapa pengalaman peternak sapi pedaging, dikabarkan bahwa sapi belgian blue ini juga bisa mencapai bobot badan sampai 1300 kg, sedangkan bobot badan untuk Sapi Belgian blue betina dewasa bisa mencapai berat badan 850 kg - 900kg dan tinggi badannya dapat melebihi 1,40 meter.

Baca Juga:

2. Sapi Murray Grey

Dari sebuah sumber menyebutkan bahwa sapi murray grey ini merupakan jenis sapi pedaging yang dikembangkan dari hasil persilangan antara sapi abedeen angus dan sapi shorthorn yang menciptakan sapi ini. Sapi pedaging Murray grey ini sangat terkenal dengan postur badan yang lebih cepat besar apa bila kita bandingkan dengan jenis sapi pedaging yang lain sehingga pemasaran sapi pedaging ini menarik konsumen dari luar negeri seperti Korea dan Jepang untuk penjualan sapi hidup atau daging mentah. Saat ini, oleh para peternak sapi Murray Grey di amerika mulai membuat varietas sapi pedaging dengan kulit berwarna hitam, supaya dapat merambah pasar sapi berkulit hitam juga.

3. Sapi Droughtmaster

Sapi pedaging jenis ini (Droughtmaster) juga merupakan jenis sapi pedaging yang diciptakan dari hasil persilangan antara varietas sapi Zebu melbourne ( sapi berpunuk ) and Bos taurus, zero melbourne yaitu varietas sapi pedaging yang berasal dari australia yang sangat kuat berada di cuaca tropis ekstrim dan bos taurus merupakan varietas sapi pedaging keturunan inggris yang cukup terkenal dengan bentuk tubuh yang sangat proposional. Saat ini sapi droughtmaster masuk dalam jenis sapi pedaging ukuran menengah dengan warna tan dan kemerahan.

4. Sapi Pinzgauer
Jenis sapi pedaging, Sapi Pinzgauer

Mungkin untuk saat ini produksi daging sapi pinzgauer banyak tersebar di Slovakia, Slovenia dan Rumania, ternak sapi Pinzgauer di daerah peternakan utama Austria pada saat ini dipromosikan untuk berkembang biak. Dari keragaman genetik membuat sapi pedaging ini fokus berkembang biak untuk dijadikan sebagai sapi pedaging dan sapi perah.

Baca Juga:

Sapi pedaging pinzgauer ini memiliki ciri-ciri dengan warna dasar cokelat gelap dan mempunyai tanda khas putih di belakang, panggul dan bagian, kaki depan dan betis, selain mempunyai warna putih pada tubuh sapi pedaging ini juga biasanya akan didominasi oleh warna coklat tan. bulu sapi Pinzgauer ini cukup halus dan kulit fleksibel yang dapat berguna untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh serangga. Bobot badan sapi pingzgauer jantan dewasa bisa mencapai hingga 2200 lbs dan untuk yang betina dewasa sekitar1000 lbs – 1600 lbs.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa jenis sapi pedaging yang berasal dari benua eropa, sapi-sapi ini juga merupakan tipe sapi pedaging yang memiliki kualitas daging terbaik, selain itu sapi-sapi yang disebutkan diatas sangat cocok untuk diternak karena memiliki harga yang sangat mahal sehingga akan sangat menguntungkan bila beternak sapi tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal jenis-jenis sapi pedaging Belgian blue, sapi murray grey, sapi droughtmaster, sapi pinzgauer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel