Mengenal sapi pedaging, Sapi Brahman dan ciri-ciri sapi brahman

PETERNAKAN SAPI

Mengenal sapi pedaging, Sapi Brahman dan ciri-ciri sapi brahman

Tipe Sapi Pedaging Atau Sapi Potong - Sapi Brahman, kedua jenis sapi ini merupakan tipe sapi potong atau disebut juga sapi pedaging yang paling unggul dalam bidang pertumbuhan bobot badan sehingga tipe sapi ini sering digunakan untuk bisnis penggemukan sapi. Para peternak sapi seringkali mengumpulkan gambar sapi peliharaan mereka untuk dijadikan sebagai koleksi atau sebagai kebanggaan atas jerih payah mereka dalam memelihara hewan ternak.

Sapi Brahman

Sapi Brahman yaitu salah satu dari bangsa sapi zebu yg berasal dari negara India. Tipe Sapi Pedaging atau sapi potong ini kemudian mengalami suatu pengembangan yg lebih baik di peternakan negara Amerika. Pada mula-mulanya sapi yg sangat terkenal dengan sapi pedaging besar sendiri mempunyai bentuk tubuh yang sangat gemuk, namun setelah melalui perkembangan dan penelitian yg dilakukan di Amerika ini yang kemudian menghasilkan jenis sapi brahman yang cukup besar dan juga gemuk. Selanjutnya setelah mendapatkan postur tubuh yg ideal, maka kegiatan pengiriman sapi pedaging ini (sapi brahman) di pasar komoditas seluruh dunia menjadi ramai dan sangat laku keras, termasuk juga di negara Indonesia sendiri.

Ciri-Ciri Sapi Brahma
Sapi Brahman memiliki punuk yang cukup besar dan mempunyai kulit yang menjuntai lebar khas sapi zebu dari asia. bobot tubuh sapi Brahman itu sendiri memiliki ukuran yg cukup besar diatas rata rata sapi jenis lainnya, Bahkan bisa menandingi ukuran tubuh dari sapi limosin dari segi bobot tubuh dan juga karkasnya. Apalagi kalau kita bandingkan dengan sapi pedaging atau sapi potong lokal seperti sapi Madura atau Sapi Bali, akan terlihat sangat jauh perbedaannya dari segi beratnya. Sapi Brahman ini mampu mencapai ukuran bobot tubuh diatas 1 ton. Jadi karena bobot tubuh sapi pedaging ini yang sangat besar inilah bisa dikatakan bahwa Sapi Brahman adalah salah satu sapi pedaging terbaik dalam bisnis ternak sapi khususnya sapi potong.

Keuntungan dari beternak sapi pedaging ini (Sapi Brahman) sendiri yaitu sapi pedaging ini memiliki kualitas sistem imunitas atau daya tahan tubuhnya yg sangat baik. Kita mungkin akan berpikir kalau sapi brahman ini memiliki daya ketahanan tubuh yang kurang baik jika dibandingkan dengan sapi lokal seperti sapi bali atau sapi madura, tapi ternyata tidak, sapi pedaging ini memiliki daya tahan tubuh yg sama baiknya kalau di bandingkan dengan sapi jenis lokal. 

Baca Juga :

Ketahanan tubuh yg cukup baik dari jenis Sapi yg cocok untuk usaha penggemukan sapi ini yaitu sapi brahman, karena sapi pedaging ini memiliki ketahanan tubuh yang sangat baik dari penyakit berbagai macam seperti 'caplak' yg biasa menyerang sapi impor di Indonesia. Keuntungan lainnya yaitu, kita berbisnis penggemukan sapi dengan menggemukkan sapi Brahman ini dengan kualitas pakan atau makanan yg biasa saja atau bahkan rendah.

Sapi brahman yg paling terkenal yaitu sapi brahman amerika dan sapi brahman cross yang sangat banyak diimpor ke negara indonesia dari australia. Sapi Brahman Amerika merupakan salahsatu jenis sapi Brahman yg paling unggul dan menjadi favorit para peternak sapi pedaging didunia saat ini. Negara-negara pembudidaya dan pengimpor terbanyak sapi brahma ini yaitu negara dari benua Eropa dan Australia. Sapi brahma menurut dari beberapa para peternak di benua eropa layak untuk dijadikan persilangan dengan jenis sapi lokal atau sapi cross di berbagai negara-negara di dunia. Para peternak sapi pedaging yakin akan kualitas dan daya tahan tubuh dari Sapi Brahman Amerika ini terutama dari segi kualitas daging yg sangat baik bila di bandingkan dengan sapi jenis lainnya. Kepopuleran dari sapi pedaging ini atau sapi Brahman dari negara Amerika ini pertama kali ditelusuri pada sekitaran tahun 1850-an dimana ada seorang peternak sapi dari Amerika yg telah berhasil mencoba melahirkan sapi brahman dari proses seleksi dengan kualitas unggul, sehingga bisa dibilang itu ialah keberhasilan membudidayakan sapi Brahman yang paling sukses sepanjang sejarah di dunia.

Baca Juga:

Mengenal sapi pedaging, Sapi Brahman dan ciri-ciri sapi brahman


SAPI BRAHMAN CROSS (SAPI BX)
Tipe sapi pedaging ini yaitu Sapi Brahman Cross berasal dari Sapi Brahman Amerika yg sudah menuai kesuksesan besar, sapi brahman saat ini berkembang banyak di australia sehingga dapat di ekspor ke negara-negara lain seperti indonesia. Sapi Brahman Cross yaitu hasil dari persilangan Sapi Brahman dari negara Amerika dengan sapi dari Australia seperti Shorthorn dan Hereford. Selain dari kedua jenis sapi tersebut, Ada beberapa peternak lain di negara australia yg mencoba untuk menyilangkan antara sapi brahman dengan Sapi Droughmaster. Oleh para peternak di negara Australia mencoba untuk menyilangkan antara sapi brahman dengan varietas sapi lainnya supaya nantinya bisa mendapatkan manfaat dari keunggulan sapi Brahman yg sangat baik sehingga anak sapi hasilnya bisa mencapai tingkat 75% dengan sapi brahman Amerika itu. Adapun proses ini terdiri dari penyeleksian sapi brahman unggul yg di ternakkan dengan tujuan agar pedet nantinya bisa mempunyai karakter baik yg mirip sapi Brahman dan memiliki daya tahan yg baik terhadap segala kondisi alam, selain itu juga dapat mempunyai daya tahan tubuh terhadap penyakit yang menyerang sapi pedaging.

Sapi brahma ini memiliki harga yang sangat fantastis, sahingga akan sangat menguntungkan bagi anda yang ingin memulai beternak sapi brahman ini, demikianlah informasi mengenai peternakan sapi brahman yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal sapi pedaging, Sapi Brahman dan ciri-ciri sapi brahman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel