Tipe Sapi Pedaging Atau Sapi Potong, Sapi Limousin dan Sapi Simental

PETERNAKAN SAPI

Tipe Sapi Pedaging Atau Sapi Potong, Sapi Limousin dan Sapi Simental

Tipe Sapi Pedaging Atau Sapi Potong - Sapi limosin dan sapi simental, kedua jenis sapi ini merupakan tipe sapi potong atau disebut juga sapi pedaging yang paling unggul dalam bidang pertumbuhan bobot badan sehingga tipe sapi ini sering digunakan untuk bisnis penggemukan sapi. Para peternak sapi seringkali mengumpulkan gambar sapi peliharaan mereka untuk dijadikan sebagai koleksi atau sebagai kebanggaan atas jerih payah mereka dalam memelihara hewan ternak.

Sapi Limosin (Limousin)
Tipe Sapi Pedaging Atau Sapi Potong, Sapi Limousin dan Sapi Simental

Sapi limosin yaitu sapi yang berasal dari Perancis yang merupakan sapi tipe sapi pedaging. sapi limousin ini merupakan bangsa bos taurus yg memiliki bentuk tubuh atau perawakan yang sangat besar dengan perototan yg sama baik dengan jenis sapi simental. Sapi Limousin ini mempunyai warna bulu coklat tua kecuali pada sekitaran ambing yg berwarna putih dan pada area sekitaran mata yg bewarna coklat muda, Tipe sapi pedaging ini memang memiliki bentuk tubuh yang sangat besar sehingga jika disembelih bisa menghasilkan daging yang sangat banyak.

Sapi pedaging ini memiliki perawakan yang sangat besar oleh karena itu sapi limosin ini sangat disukai oleh para peternak sapi karena mempunyai bentuk yang sangat besar, panjang dan kompak serta sapi pedaging ini mempunyai pertumbuhan bobot badan yang cukup cepat. secara genetik sapi Limousin ini ialah jenis sapi pedaging yang berasal dari daerah yg mempunyai iklim dingin dengan volume rumen yg besar, metabolic rate yg tinggi serta sangat menuntut tata cara pemeliharaan yg baik.

Sekarang ini jenis sapi pedaging Limosin sebagai primadona sapi pedaging di Indonesia, Mungkin jenis sapi pedaging ini yang paling sering dibicarakan oleh para peternak sapi maupun masyarakat umum terutama bagi mereka yang ingin berqurban menggunakan sapi, Maka tak mengherankan bila harga sapi limosin cenderung lebih tinggi jika di bandingkan dengan sapi jenis lain.

Baca Juga:
TIPE-TIPE SAPI PERAH YANG BERASAL DARI DAERAH SUBTROPIS
TIPE-TIPE SAPI PERAH YANG BERASAL DARI DAERAH TROPIS

Sapi Simental (Metal)
Tipe Sapi Pedaging Atau Sapi Potong, Sapi Limousin dan Sapi Simental

Sapi simmental atau disebut juga dengan sapi simental merupakan jenis sapi potong atau sapi pedaging yang berasal dari negara swiss. di indonesia sapi potong atau sapi pedaging ini disebut dengan nama sapi metal, yaitu salah satu primadona bisnis sapi pedaging maupun untuk penggemukan sapi. sapi simental sekarang ini cukup banyak dikembangkan oleh para peternak sapi di amerika maupun eropa. Sedangkan di asia khususnya indonesia banyak dikawin silangkan dengan sapi lokal gunanya supaya bobot tubuh sapi ikut naik. persilangan sapi ini biasanya dengan sapi jenis ongole ataupun dengan peranakan ongole menjadi simpo (simental PO).

Bobot tubuh sapi pedaging ini (sapi simental) tergolong cukup besar, lebih unggul apabila dibandingkan dengan sapi lokal indonesia. Sapi Simental pejantan bisa mencapai bobot tubuh 1200kg dan sapi simental betina bisa mencapai bobot tubuh hingga 800kg. dari segi harga sapi simental tergolong sangat tinggi, jenis sapi pedaging ini masih sangat sulit ditemui dipasaran itu yang membuat harga sapi simental mahal, dengan kawin suntik atau inseminasi buatan diharapkan dapat memperbanyak sapi simental diindonesia.

Baca Juga:
CARA BETERNAK SAPI PERAH YANG PALING SEDERHANA

Itulah dua jenis sapi pedaging yang memiliki kualitas bagus sehingga dua jenis sapi pedaging ini sangat cocok untuk dibudidayakan, Selain itu Sapi Limousin dan Sapi Simental sangat bagus untuk orang yang ingin berqurban karena sapi ini mempunyai daging yang sangat banyak. 

Belum ada Komentar untuk "Tipe Sapi Pedaging Atau Sapi Potong, Sapi Limousin dan Sapi Simental"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel