3 jenis domba penghasil susu atau domba perah yang terdapat dibeberapa negara

PETERNAKAN DOMBA PERAH / DOMBA PENGHASIL SUSU

3 jenis domba penghasil susu atau domba perah yang terdapat dibeberapa negara

Jenis-Jenis Domba Penghasil Susu - Domba telah dipelihara atau dibudidayakan untuk diambil susunya sejak dari zaman dahulu. Saat ini peternakan domba perah banyak terdapat di Eropa dan negara-negara di sekitar Laut Mediterania.
Sedangkan di Amerika Serikat peternakan domba perah masih relatif baru. Di amerika terdapat sekitar 100 peternakan domba perah atau domba penghasil susu. Peternakan domba perah ini banyak terdapat di Upper Midwest dan New England. Di Kalifornia dan New York terdapat beberapa peternakan besar domba perah ini.

Kandungan Gizi Susu Domba
3 jenis domba penghasil susu atau domba perah yang terdapat dibeberapa negara

Susu domba sangat bergizi, kaya akan vitamin A, B, dan E, potasium, magnesium  kalsium dan fosfor jika dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu susu domba juga mengandung lebih banyak asam lemak rantai pendek dan rantai sedang, yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.
Misalnya, asam lemak rantai pendek kurang berpengaruh terhadap kadar kolesterol pada tubuh manusia. Asam lemak rantai pendek membuat susu lebih mudah dicerna.
Susu domba juga mengandung lebih banyak asam linoleat terkonjugasi dibandingkan dengan susu dari kuda, sapi, kambing dan manusia.
Susu domba dapat menghasilkan 18 sampai 25 % keju, sedangkan susu sapi dan susu kambing hanya menghasilkan 9 - 10 %.
Butiran lemak yang terdapat dalam susu domba lebih kecil dari pada butiran lemak yang terdapat dalam susu sapi, sehingga menjadikan susu domba lebih mudah dicerna.
Kelebihan susu domba lainnya yaitu memiliki lebih banyak kandungan zat padat bila dibandingkan dengan susu sapi atau susu kambing. Oleh karena itu, akan lebih banyak keju yang bisa dibuat dari satu galon susu domba kalau dibandingkan dengan satu galon susu sapi atau susu kambing.


Di dunia ini terdapat kurang lebih 320 bangsa domba, dengan 116 diantaranya adalah bangsa domba yang dapat diperah / domba penghasil susu. Domba bisa kita bedakan berdasarkan dari kegunaannya diantaranya : tipe dual purpose, domba triple purpose dan bangsa domba perah. 3 jenis domba perah atau domba penghasil susu yang paling populer di dunia diantaranya yaitu:
  1. BANGSA DOMBA EAST FRIESIAN
  2. Domba East Friesian berasal dari Jerman. sebenarnya Bangsa domba east friesian ini sangat bagus juga untuk di jadikan domba penghasil woll. Domba East Friesian telah digunakan untuk persilangan dengan bangsa domba Awassi dengan maksud untuk mengurangi lemak ekor domba Awassi serta untuk meningkatkan produksi susu dan woll. Bangsa Domba east freisian ini menjadi pilihan domba penghasil susu yang cukup baik di eropa, jenis domba ini juga mulai dikembangkan di wilayah asia. 

  3. BANGSA DOMBA AWASSI
  4. Domba Awassi ini berasal dari Israel, penyebaran ternak domba Awassi selain di Israel sampai ke negara Libanon dan Yordania ( Asia Barat Daya). Domba Awassi ini termasuk domba ekor gemuk, akan tetapi setelah mengalami persilangan secara terus-menerus terjadi pengurangan ekor gemuknya dan meningkatkan produksi susu. Jenis domba Awassi mampu memproduksi susu sampai 1.000 - 2.000 kg per tahunnya. Ciri - ciri domba Awassi ini yaitu mempunyai bentuk kepala panjang, sempit dengan bentuk muka cembung, telinga panjang, lebar dan menggantung. Bobot badan yang jantan dewasa dapat mencapai 60 - 90 kg, sedangkan yang betina dewasa bobot badan mencapai 30 - 50 kg. Badan tinggi, tegap, dan tangguh/kuat. Kaki panjang, tidak nampak gemuk, ekornya gemuk dan terlihat lebar. 

  5. BANGSA DOMBA LOHI
  6. Domba perah jenis ini berasal dari Pakistan dan telah tersebar sampai ke India. Ciri-ciri domba Lohi ini berwarna coklat, putih dan hitam. Ekornya tipis, Telinga panjang dan menggantung. Jenis Domba ini termasuk domba yang sangat subur.
Demikianlah uraian singkat mengenai 3 jenis bangsa domba perah atau domba penghasil susu yang terdapat dibeberapa negara, data peternakan domba ini kami olah dari beberapa sumber mohon maaf jika banyak terdapat kesalahan dalam penyampaiannya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "3 jenis domba penghasil susu atau domba perah yang terdapat dibeberapa negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel