5 Jenis Penyakit Yang Menyerang Ternak Domba Peliharaan

PETERNAKAN DOMBA

5 macam Penyakit yang menyerang Ternak Domba Peliharaan

Penyakit Pada Ternak Domba Peliharaan - Memang sudah menjadi kewajiban bagi seorang peternak domba untuk selalu menjaga supaya kondisi ternak domba nya sehat dan terus mengusahakan supaya bagaimana ternak domba peliharaan tidak mudah terserang oleh penyakit dan Virus. Dan walaupun nanti nya juga terserang penyakit dan virus, maka kita sebagai seorang peternak domba sudah memiliki langkah-langkah untuk mengobatinya.

Terdapat dua jenis penyakit pada domba, yaitu:
  1. Jenis penyakit menular : disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, parasit darah, kutu dan cacing.
  2. Jenis penyakit tidak menular : penyakit ini biasanya disebabkan karena ternak domba kurang gizi, dan kurang mineral, atau pun karena ternak domba memakan tanaman yang beracun, atau pun bisa juga disebabkan oleh tanaman nya sendiri yang kena racun misalnya sebelum di arit atau di makan domba, ternyata tanaman tersebut tersemprot dengan bahan kimia yang beracun oleh petani.
Penyakit pada domba itu sendiri - dapat menular melalui berbagai cara, diantaranya seperti:
  1. Kontak langsung antara domba sehat dengan domba yang sakit, tanaman yang beracun atau pun bisa juga ada racun pada tanaman atau rumput tersebut.
  2. Kontak dengan bahan-bahan yang tercemar penyakit atau racun
  3. Penyakit-penyakit tersebut dibawa atau pun terbawa oleh serangga, dan bisa juga terbawa oleh pekerja kandang atau pun bisa juga terbawa oleh angin.
Baca Juga Tentang : 5 macam jenis penyakit yang biasa menyerang ternak kerbau

Berikut 5 jenis penyakit yang biasa menyerang ternak domba peliharaan.
  1. Penyakit Kelenjar Susu
  2. Penyakit domba jenis ini disebabkan oleh domba induk yang sedang menyusui namun tidak secara rutin dibersihkan. Gejala penyakit Kelenjar Susu ini akan menyebabkan ambing domba menjadi bengkak, dan apa bila kita raba terasa panas, Domba yang terkena penyakit ini akan terjadi demam dan suhu tubuh domba tersebut akan tinggi, produksi air susu induk berkurang dan nafsu makan kurang. Cara pengobatan domba yang terkena penyakit Kelenjar Susu yaitu dengan memberikan obat-obatan antibiotika melalui air minumnya.
  3. Penyakit Ngorok
  4. Penyakit domba jenis ini disebabkan oleh bakteri Pasteurella multocida. Ternak Domba yang terkena penyakit Ngorok akan menunjukkan gejala-gejala seperti nafsu makan domba berkurang, menimbulkan bengkak pada leher dan dada, domba yang terserang penyakit ngorok juga terlihat lidahnya bengkak dan lidah nampak menjulur keluar, mulut menganga, dan keluar lendir berbuih. Cara mengobati Ternak Domba yang terserang penyakit ngorok yaitu dengan menggunakan antibiotika melalui air minum atau lewat suntikan.
  5. Penyakit Titani
  6. Penyakit domba jenis ini terjadi karena defisiensi kalsium dan Mangan, ternak domba yang terserang penyakit ini biasanya berumur 3-4 bulan. Ternak domba yang terserang penyakit Titani ini akan menunjukkan tanda-tanda seperti domba yang terlihat gelisah, timbul kejang-kejang pada beberapa ototnya bahkan bisa sampai keseluruh badan nya. Cara mengobati penyakit Titani pada domba yaitu dengan melakukan penyuntikan larutan Genconos calcicus dan Magnesium.
  7. Penyakit Dermatitis
  8. Penyakit domba ini yaitu penyakit kulit menular pada domba, penyakit Dermatitis menyerang kulit bibit domba. Penyebab penyakit Dermatitis adalah: virus dari sub-group Pox virus dan pada umumnya menyerang semua usia ternak domba. Gejala - gejala nya yaitu, terjadi nya peradangan kulit di sekitar kelopak mata, mulut dan alat genital. Pada induk domba yang sedang menyusui anak terlihat radang kelenjar susu. Berikut cara mengobati penyakit domba jenis ini yaitu dengan menggunakan salep atau pun Jodium tinctur pada luka.
  9. Penyakit Radang Limoah
  10. Penyakit domba semacam ini disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Ternak domba yang terserang penyakit Radang Limoah akan menunjukkan gejala-gejala seperti suhu tubuh meningkat, dari lubang hidung dan dubur akan terlihat keluar cairan yg bercampur dengan darah, tubuh gemetar, nadi berjalan cepat dan nafsu makan menurun. Cara mengobati penyakit Radang Limoah pada ternak domba yaitu dengan menyuntikan antibiotika Pracain penncillin G. penggunaan obat harus sesuai dosis
Nah itulah 5 macam penyakit yang biasa menyerang ternak domba peliharaan, data ini kami rangkum dari beberapa sumber semoga bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Penyakit Yang Menyerang Ternak Domba Peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel