Cara Mudah Dalam Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

PETERNAKAN

Informasi tentang peternakan sapi

Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi - Selama ini daging sapi menjadi daging yang sangat digemari oleh banyak orang. Apalagi di negara Indonesia sendiri banyak penduduknya yang beragama muslim, sehingga otomatis tidak mengkonsumsi daging babi. maka kita harus paham apa saja Perbedaan Karakteristik Daging Sapi dan Daging Babi.

Ada beberapa perbedaan yang sangat jelas terlihat antara daging sapi dan daging babi. secara kasat mata ada 5 aspek yang terlihat berbeda antara daging Sapi dan daging babi, Perbedaannya yaitu sebagai berikut:
  1. tekstur
  2. serat daging
  3. warna
  4. tipe lemak
  5. aroma, dan
Perbedaan Tekstur Daging Sapi dan Daging Babi

mengetahui ciri-ciri dan Perbedaan Tekstur Daging babi dan Daging sapi

Dari segi tekstur, daging sapi memiliki tekstur yang lebih kaku dan padat jika kita bandingkan dengan daging babi yang tekstur dagingnya yang lembek dan mudah diregangkan.
Tekstur daging babi sangat kenyal. Sedangkan daging sapi terasa solid dan keras ketika kita pegang sehingga cukup sulit untuk diregangkan.

Perbedaan Serat Daging Sapi dan Daging Babi
Mengetahui ciri-ciri serat daging babi dan daging sapi
Selain dari tekstur daging kita juga bisa membedakan antara daging sapi dan babi berdasarkan dari seratnya. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, daging sapi memiliki serat yang terlihat padat dan garis seratnya nampak jelas.
Hal ini sangat berbeda dengan daging babi, daging babi sifat seratnya terlihat agak samar dan renggang. Perbedaan antara daging sapi dengan daging babi ini akan semakin jelas terlihat ketika kedua daging ini diregangkan secara bersamaan.


Perbedaan Warna Daging Sapi dan Daging Babi
Perbedaan antara Warna Daging Babi dan Daging Sapi
Daging babi warnanya lebih pucat bila kita bandingkan dengan warna daging sapi. Selain itu warna daging babi agak mendekati seperti warna daging ayam. Akan tetapi perbedaan ini tidak boleh dijadikan pegangan, karena oleh para pedagang nakal melakukan kecurangan misalnya warna pada daging babi oplosan dikamuflase dengan pelumuran darah sapi tujuannya agar daging babi menyerupai seperti daging sapi.
Selain itu, ada juga bagian-bagian tertentu dari daging babi yg warnanya sangat mirip dengan daging sapi sehingga bagi orang awam akan sangat sulit untuk membedakannya.

Perbedaan Penampakan Lemak Pada Daging Sapi dan Babi
Perbedaan Berdasarkan dari Penampakan Lemak Pada Daging babi dan daging sapi
Perbedaan lemak antara daging babi dan daging sapi terdapat pada tingkat keelastisan-nya. Daging babi mempunyai tekstur lemak yang lebih elastis sedangkan lemak yang terdapat pada daging sapi lebih kaku dan berbentuk. lemak yang terdapat pada daging babi sangat basah dan agak sulit untuk dilepas dari dagingnya sementara lemak yang terdapat pada daging sapi agak kering dan terlihat berserat. Namun kita juga harus sedikit berhati-hati karena pada bagian-bagian tertentu seperti pada ginjal, penampakan lemak babi agak mirip dengan lemak sapi.


Perbedaan Aroma Daging Sapi dan Daging Babi
Daging babi mempunyai aroma yang sangat khas, sementara aroma yang terdapat pada daging sapi anyir. Segi bau inilah yang menjadi senjata yang paling ampuh untuk membedakan antara daging babi dan daging sapi.
Berbeda dengan warna yang dapat dikamuflase oleh para pedagang nakal dan dicampur, aroma kedua daging hewan ini tetap dapat dibedakan. Akan tetapi kemampuan dalam membedakan melalui aromanya ini mungkin membutuhkan latihan yg berulang-ulang karena perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Itulah sedikit tips dan cara dalam membedakan antara daging sapi dengan daging babi yang bisa kita gunakan agar nantinya tidak salah pada saat membeli daging. Karena ini sangat penting bagi kita yang beragama Islam demi menjaga kualitas makanan kita supaya terhindar dari hal-hal yang diharamkan oleh agama.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Dalam Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel