Ciri-ciri Domba Barbados Perut Hitam Yang Termasuk Jenis Domba Penghasil Bulu

PETERNAKAN DOMBA 

JENIS DOMBA BARBADOS ATAU Barbados Perut Hitam

Macam-Macam Trah Domba Penghasil Bulu / Woll - Keberhasilan perkembangan agroindustri domba ditentukan dari pemilihan bangsa domba atau jenis domba yang akan dikembangkan. Di indonesia sendiri terdapat beberapa bangsa domba hasil dari persilangan ataupun domba asli Indonesia yang mempunyai kualitas baik. Setiap bangsa domba atau jenis domba memiliki ciri khas tertentu dan itu menentukan terhadap pedoman perkembangannya.

DOMBA BARBADOS (Barbados Perut Hitam)

Di kalangan para peternak domba khusus nya diindonesia mulai dikenal galur domba jenis-jenis baru, diantaranya adalah jenis domba Barbados. Sebenarnya, istilah bagi domba Barbados ini kurang tepat karena pada dasar nya terdapat 2 jenis domba Barbados atau biasa disebut dengan nama Barbados Blackbelly atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Barbados Perut Hitam.

istilah domba Barbados masih dipertahankan, para peternak domba atau masyarakat umum yang belum begitu mengenal kedua jenis domba ini akan beranggapan yang bahwa domba Barbados Blackbelly atau disebut juga Domba Barbados Perut Hitam sama saja dengan jenis domba American Blackbelly atau domba Amerika Perut Hitam. Memang, kalau kita perhatikan kedua trah domba ini masih tetap memperlihatkan pola warna yang mirip dan sama-sama termasuk tipe domba bulu (hair sheep), yaitu jenis domba yang tidak membutuhkan pencukuran rambut sebagaimana pada bangsa domba woll karena bulu/rambut yang relatif lurus dan pendek.


Kenyataannya, ini adalah 2 galur domba yang berbeda. Jika kita perhatikan perbedaan yang paling nyata dari kedua galur domba ini yaitu domba Barbados atau Barbados Blackbelly tidak memiliki tanduk baik pada domba Barbados / Barbados Blackbelly jantan maupun pada domba Barbados atau Barbados Blackbelly betina. Sebaliknya, semua jenis domba American Blackbelly atau domba Barbado jantan memiliki tanduk, akan tetapi domba American Blackbelly atau domba Barbado betina sebagian nya ada yang mempunyai tanduk dan sebagiannya tidak memiliki tanduk.

Itulah sedikit informasi mengenai domba Barbados atau domba penghasil bulu atau Woll yang berkualitas yang kami rangkum dari beberapa sumber, mohon maaf jika banyak terdapat kesalahan dalam penyampaiannya.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Domba Barbados Perut Hitam Yang Termasuk Jenis Domba Penghasil Bulu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel