Ciri-ciri Domba Rambouillet dan asal usulnya

PETERNAKAN DOMBA RAMBOUILLET

Domba rambouillet jenis domba penghasil daging dan bulu

Jenis-Jenis Domba Pedaging / Domba Potong – Domba rambouillet merupakan salahsatu jenis domba pedaging atau jenis domba potong yang berasal dari Perancis, jenis domba rambouillet ini disebut juga sebagai domba merino Perancis. Domba rambouillet ini termasuk type domba dwiguna atau bisa dibilang bahwa jenis domba ini bisa dipelihara atau diternak sebagai domba pedaging dan domba penghasil woll. Jenis Domba rambouillet ini telah mengalami perubahan fisik dan sudah bisa beradaptasi dengan sangat baik di berbagai lingkungan atau iklim. Jenis Domba rambouillet memiliki ciri khas diantaranya yaitu ukuran badan yang sangat besar, lebar, dalam dan padat. Domba Rambouillet juga memiliki tulang yang sangat kuat dan berkepala tegak, dan domba rambouillet jantan dewasa memiliki tanduk yang berukuran besar, Namun domba rambouillet betina tidak memiliki tanduk.

Keunggulan Domba Rambouillet
Keunggulan atau keistimewaan yang dimiliki oleh jenis domba ini yaitu hasil bulu yang sangat berharga sebagai bahan dasar dalam pembuatan kain, Namun ada kalanya bulu domba rambouillet ini ditenun sebagai bahan campuran kain katun lungsin, atau yang lebih dikenal sebagai delaine. Jenis Domba rambouillet ini sangat terkenal dengan hasil wol yang berkualitas, selain itu jenis domba Rambouillet ini juga dikenal sebagai domba penghasil daging atau domba pedaging atau biasa disebut domba potong.

Ciri-ciri Umum Domba Rambouillet :
jenis domba rambouillet jantan

Domba rambouillet Jantan
jenis-jenis domba penghasil daging dan bulu
Domba Rambouillet Betina
  1. Bentuk Badan besar, lebar dan dalam, bentuk badan nampak padat dengan tulangan yang kuat.
  2. Kepala tegak.
  3. Domba Rambouillet jantan bertanduk besar sedangkan yang betina tidak bertanduk.
Asal Usul Domba Rambouillet
Domba rambouillet merupakan jenis domba penghasil daging yang juga dikenal sebagai domba Merino Perancis atau disebut juga Domba Rambouillet Merino. Dalam sejarah disebutkan bahwa pengembangan domba Rambouillet yang dilakukan oleh Raja Louis XVI berkembang dengan sangat biak, dimana dalam pengembangan domba Rambouillet ini dimulai pada tahun 1786-an. Berawal ketika Raja Louis ini membeli lebih dari 300 jenis Domba Merino dari saudaranya sendiri yaitu Raja Charles III. Yang kemudian domba-domba tersebut dikembangkan pada royal eksperimental farm, Bergerie royale yang dimiliki oleh Raja Louis XVI, Domba-domba tersebut dibesarkan secara eksklusif di Bergerie royale, dengan tidak ada domba yang dijual selama bertahun-tahun.

Baca juga mengenai : Domba Suffolk dan ciri-cirinya

Kemudian Pada tahun 1889-an, di negara Amerika serikat mulai dibentuk Rambouillet Association, dengan tujuan untuk melestarikan perkembangbiakan domba jenis Rambouillet. Dan diperkirakan sekitar kuranglebih 50% populasi domba yang terdapat pada rentang Barat AS merupakan darah turunan dari domba jenis Rambouillet. Sementara di Australia juga membuat pengembangan sendiri terhadap jenis domba pedaging ini. hingga akhirnya Rambouillet stud juga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pengembangan industri domba Merino Australia.

Itulah uraian singkat mengenai domba Rambouillet dan asal usul domba Rambouillet, data peternakan ini kami rangkum dari beberapa sumber, semoga penjelasan tentang domba rambouillet ini bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Domba Rambouillet dan asal usulnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel