Ciri-ciri penyakit cacingan pada ternak sapi peliharaan

PETERNAKAN SAPI

Ciri-ciri penyakit cacingan pada ternak sapi

JENIS PENYAKIT SAPI - Penyakit cacing hati (fasciolasis) adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh cacing, penyakit cacing hati (fasciolasis) seringkali menyerang hewan ternak seperti sapi. Sesuai dengan namanya, penyakit cacing hati sering menyerang bagian hati ternak sapi. Memang secara kasat mata, tidak semua ternak sapi yang menderita penyakit cacingan terlihat sakit, akan tetapi rata-rata tubuh dari sapi tersebut menunjukkan gejala kekurusan bahkan terlihat tulang rusuk. Sedangkan tingkat keparahan yg dapat ditimbulkan oleh serangan cacing pun akan tergantung pada jenis cacing, dan jumlah cacing yang menyerang, usia ternak sapi yang terserang dan kondisi pakan.

Penyebab dari penyakit cacing hati yaitu cacing yang disebut dengan Fasciola Gigantica. Penyakit Cacing hati sapi memiliki ciri-ciri bentuk segitiga dan pipih, berwarna abu-abu kehijauan sampai warna kecoklatan dengan panjang tubuh cacing tersebut dapat mencapai sekitar 2-3 centimeter.

Terdapat nya cacing di hati ternak sapi salah satu nya diakibatkan oleh pemberian pakan rumput-rumput persawahan atau pun sapi memakan rumput yg menempel di tanah, serta rumput/dedaunan yang mengandung larva setelah dihinggapi oleh siput. Karena itulah cacing-cacing ini akan tumbuh dan berkembang di hati sapi.
Ciri-ciri penyakit cacingan pada ternak sapi peliharaan

Tanda atau ciri dari hati sapi yang mengandung cacing hati (fasciolasis) diantaranya yaitu hati sapi berwarna merah ataupun berwarna coklat terang dan adanya lubang-lubang kecil tempat bersarangnya cacing tersebut. Sedangkan untuk mengetahui apakah sapi tersebut terjangkit penyakit cacing hati atau tidak, ini dapat kita ketahui dengan memperhatikan ciri-ciri fisiknya. Perubahan fisik luar sapi yang terkena penyakit cacing hati baru akan nampak pada saat kerusakan hati sapi sudah mencapai 70 %. 
Dibawah ini adalah ciri-ciri sapi yang telah terkena penyakit cacing hati:
Ciri-ciri penyakit cacingan pada ternak sapi
  1. Tubuh sapi terlihat kurus dan lemah
  2. Nafsu makan dan minum ternak sapi berkurang
  3. Sapi sering mencret
  4. Mulut dan hidung sapi kering
  5. Telinga sapi terlihat terkulai
  6. Mata terlihat suram, cekung dan selalu mengantuk
  7. Temperatur atau suhu tubuh sapi naik turun
  8. Detak jantung dan pernapasan sapi tidak normal
  9. Sapi ketika berjalan sempoyongan
  10. Bulu tampak kusut dan kulit tidak elastis

Meskipun cacing ini akan mati jika kita panaskan pada suhu tinggi atau suhu sekitar 70 derajat celsius. Akan tetapi jika tetap dikonsumsi atau kita makan, bisa menimbulkan rasa mual bahkan akan terjadi muntah-muntah yang mengonsumsinya. Jika kita ingin membeli daging sapi, ada baiknya membeli hati sapi di tempat daging khusus ataupun bisa juga di pasar swalayan yang sudah mempunyai jaminan kebersihan dan kesehatan sapi potong.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang penyakit cacingan yang menyerang hati sapi, data peternakan ini kami rangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri penyakit cacingan pada ternak sapi peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel