Domba Dorper Termasuk Jenis Domba Penghasil Daging Bermutu

PETERNAKAN DOMBA DORPER

Domba Dorper Termasuk Jenis Domba Penghasil Daging Bermutu

Jenis Domba Pedaging – Domba Dorper merupakan salahsatu domba pedaging unggul yang berasal dari Afrika Selatan. Domba Dorper adalah domba hasil dari persilangan antara jenis domba Dorset dengan jenis domba Persia berkepala hitam. Persilangan domba ini dilakukan oleh Departemen Pertanian negara Afrika Selatan. Nama domba Dorper sendiri berasal dari suku kata ‘Dor’ dan ‘Per’, yang mana kata Dor ini berasal dari kata Dorset (Domba Dorset) dan kata Per berasal dari kata Persia (Domba Persia). Domba Dorper ini juga merupakan trah domba yg paling banyak dikembangkan oleh para peternak domba di Afrika sebagai domba pedaging, Domba Dorper mempunyai keunggulan sebagai domba penghasil daging yang sangat baik. Selain itu Domba Dorper juga memiliki kelebihan yaitu kemampuannya dalam bertahan hidup dan juga mampu berkembangbiak dengan sangat baik di daerah yang gersang dan beriklim tropis seperti di Afrika. Dan Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis, maka domba Dorper ini sangat cocok diternakkan di Indonesia.
Saat ini, domba Dorper yaitu jenis domba dengan tingkat populasi terbanyak kedua di Afrika Selatan dan jenis domba pedaging ini sudah menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia.

Domba Dorper pada umumnya diternakkan atau dibudidayakan sebagai domba pedaging. Musim kawin domba Dorper ini sangat panjang dan tidak dibatasi musim. Para peternak domba dapat mengatur program perkawinan domba dorper miliknya sehingga induk domba Dorper bisa melahirkan kapan saja setiap tahun. Selain itu jenis Domba pedaging ini sangat subur dan persentase domba Dorper betina yg bunting dalam satu musim kawin relatif tinggi. Kemudian juga Jarak beranak domba Dorper betina bisa delapan bulan. Oleh karenanya, dengan pemberian pakan yang baik dan tercukupi serta dengan pengelolaan yang baik, domba Dorper betina ini mampu beranak tiga kali dalam dua tahun.
Domba Dorper Termasuk Jenis Domba Penghasil Daging Bermutu

Dapat kita lihat dari tampilan gambar Domba dorper diatas, yang bahwa domba dorper ini merupakan salahsatu galur domba pedaging unggul, gambar diatas dengan jelas sekali memperlihatkan tampilan fisik dari domba dorper ini dengan karakteristik nyata sebagai domba pedaging, sebagaimana domba pedaging yang lain dari jenis unggul seperti Domba texel, Domba suffolk, Domba merino, Domba batur dan beberapa jenis domba lain tipe pedaging unggul.

KELEBIHAN DOMBA DORPER
Domba dorper ini mampu berkembangbiak dengan sangat baik di negara yang bersuhu dingin seperti negara Tasmania. Selain di negara asalnya sendiri yaitu Afrika, Jenis domba pedaging ini juga sudah cukup banyak dikembangkan di Australia. Domba Dorper ini banyak di ternakkan atau dibudidayakan di kawasan negara Australia yang bercurah hujan tinggi, serta dikawasan benua Australia dengan daerah gurun pasir yang beriklim tropis.

Sebagian besar dari domba Dorper ini kepalanya berwarna hitam tapi ada juga yg keseluruhan badannya berwarna putih. Jenis Domba pedaging ini memiliki Postur tubuh yang lebar, dalam dan panjang, serta padat berisi. Domba Dorper jantan mampu mencapai bobot tubuh sekitar 110 - 130 kg, sedangkan domba dorper betina bisa mencapai bobot tubuh sekitar 80 - 110 kg. Baik domba dorper berkepala putih maupun domba dorper berkepala hitam, kedua jenis domba dorper ini mempunyai kualitas yang sama dalam hal mutu. Jadi soal warna tidak berpengaruh. Sehingga jenis domba dorper berkepala hitam atau domba dorper berkepala putih, keduanya sangat disukai oleh para peternak domba di Negara Australia tersebut untuk dipelihara atau diternakkan.

Baca juga mengenai : Ciri-Ciri Domba Rambouillet

Persentase beranak Domba Dorper 150% bisa dicapai dalam kondisi pemeliharaan yang sangat baik, bahkan pernah terjadi pada sebagian kasus luar biasa bisa dicapai hingga 180%. Jika dalam kondisi pemeliharaan secara ekstensif, persentase beranak dari jenis domba Dorper betina ini dapat mencapai hingga 100%. Dalam kawanannya atau kelompok jenis domba Dorper dengan jumlah domba Dorper betina dara yg besar, maka persentase beranak berkisar antara 120% karena domba Dorper betina ini biasanya akan melahirkan seekor anak. jika diasumsikan persentase beranaknya yaitu berkisar 150% dan pemeliharaannya membuat domba Dorper betina mampu beranak sekitar tiga kali dalam dua tahun, jadi seekor domba Dorper betina akan melahirkan 2,25 anak setiap tahun.

Anak-anak domba Dorper ini dapat tumbuh dengan cepat dan mampu mencapai bobot sapih yang cukup tinggi. dan ini adalah karakteristik yang sangat penting dari segi ekonomis dalam pembiakan domba jenis penghasil daging. Bobot tubuh sekitar 36 kg sudah dapat dicapai anak domba Dorper pada umur 3-4 bulan. dan ini menjamin karkas yang bermutu tinggi sekitar 16 kg. Hal ini sangat terkait dengan potensi pertumbuhan alami anak domba Dorper dan juga tingkat kemampuannya makan rumput pada usia dini.

Karakteristik Domba Dorper
Domba dorper ini memiliki karakteristik yang khas, dimana pada saat domba dorper ini berada di negara yang memiliki empat iklim, dan ketika musim gugur dan musim dingin maka bulu-bulu domba dorper ini akan tumbuh dengan sangat lebat. Tetapi pada saat datang musim semi dan musim panas, maka bulu-bulu domba dorper ini akan rontok atau luruh dengan sendirinya, dan yg tinggal hanya bulu-bulu halus yg mirip seperti bulu kambing biasa. karena memang jenis domba pedaging ini termasuk sebagai hair sheep(domba bulu), adalah jenis domba dengan jumlah bulu yang lebih besar dari pada jumlah wollnya. Dan berbeda halnya dengan jenis domba penghasil woll, dimana woll akan tumbuh dengan lebat dan bisa dilakukan pencukuran bulu secara rutin, sehingga woll yang dihasilkannya bisa dimanfaatkan sebagai bahan kain yg mahal harganya. Sebagai domba penghasil bulu. Di negara yang beriklim empat musim, bulu-bulu domba Dorper ini tumbuh dengan sangat lebat di musim gugur dan musim dingin. Namun demikian, pada saat memasuki musim semi dan panas, bulu-bulu yang lebat tadi akan luruh dengan sendirinya sehingga yg tertinggal hanya bulunya yang mirip dengan bulu kambing.

Demikianlah sedikit informasi mengenai jenis domba Dorper yang merupakan Jenis domba penghasil daging yang sangat baik, data peternakan domba ini kami olah dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "Domba Dorper Termasuk Jenis Domba Penghasil Daging Bermutu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel