Domba Katahdin termasuk jenis domba pedaging atau domba potong

PETERNAKAN DOMBA KATAHDIN 

DOMBA KATAHDIN TERMASUK TIPE DOMBA PEDAGING

Jenis Domba Penghasil Daging - Perdagangan ternak Kambing, Sapi dan Domba merupakan salah satu kegiatan perniagaan yang tertua di Indonesia, kegiatan perniagaan ini sudah berlangsung sejak dari zaman kerajaan dulu dan bisa kita lihat dari hal-hal yang ditinggalkan oleh pemerintah kolonial belanda yaitu berkembangnya peternakan domba di Jawa Barat, Jenis domba dari peninggalan yang masih tersisa hingga saat ini salah satunya yaitu Domba Garut, Jenis domba ini diduga merupakan hasil dari kawin silang antara jenis domba priangan ( Domba lokal) dengan domba merino (Domba Import), Namun ada juga yang menyebutkan bahwa domba garut ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara domba ekor tipis (Domba lokal) dengan domba merino (Domba Import) dan setelah itu f1 nya di kawin silangkan lagi dengan jenis domba ekor gemuk yang berasal dari Afrika secara berulang-ulang kali.

Jenis Domba Penghasil Daging
Trah domba pedaging menghasilkan woll sedang, yaitu woll yang berdiameter 20 - 30 mikron. Woll yang berkualitas sedang yang dihasilkan oleh domba jenis ini seringkali digunakan untuk membuat kain selimut. Namun demikian, para peternak domba biasanya memelihara jenis domba ini untuk menghasilkan daging atau untuk dijadikan sebagai domba potong. Dari sebuah sumber yang kami dapatkan bahwa jenis Domba woll sedang berjumlah kurang lebih sekitar 15 % dari populasi ternak domba dunia. Trah domba woll sedang yg paling terkenal di Amerika (AS) yaitu domba Dorset, domba Hampshire, domba Suffolk.


1. Domba Katahdin
Jenis Domba ini merupakan salah satu domba penghasil daging yang bermutu, Domba jenis ini berasal dari Eropa dan dikembangkan di Amerika (AS).Domba Katahdin ini merupakan hasil dari persilangan dari 3 jenis domba yaitu domba St.Croix, Domba Shire dan Domba Sufollk. 

Ciri-ciri domba Katahdin yaitu : 
Ciri-ciri atau bentuk domba katahdin

  1. Warna bulu Domba Katahdin sangat bervariasi, ada yang putih tetapi ada juga yang berwarna coklat. 
  2. Domba Katahdin jantan dan betina tidak memiliki tanduk, walaupun terkadang ada juga domba katahdin pejantan yang memiliki tanduk.
  3. Bobot badan jantan dewasa jika dibudidayakan atau dipelihara dengan baik dapat mencapai 90 kg – 125 kg. Sedangkan bobot badan Domba Katahdin betina dewasa apabila dipelihara dengan baik bisa mencapai 60 -80 kg. 
Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis Domba Katahdin, yang merupakan jenis domba penghasil daging yang sangat baik, data peternakan Domba ini kami rangkum dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "Domba Katahdin termasuk jenis domba pedaging atau domba potong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel