Domba Suffolk Jenis Domba Pedaging atau Domba Potong

PETERNAKAN DOMBA SUFFOLK

Domba Suffolk jantan merupakan Jenis Domba Pedaging atau Domba Potong

Jenis Domba Pedaging / Domba Potong – Domba Suffolk ini sangat mudah dikenali secara fisik, domba Suffolk mempunyai ciri khas diantaranya yaitu warna muka dan keempat kakinya berwarna kehitaman, sehingga itu lah yang membedakan domba Suffolk dengan beberapa jenis domba yang lain. Selain itu Jenis Domba suffolk jantan dewasa bisa mencapai bobot tubuh sekitar 100 kg. Jenis Domba ini pertama kali dibawa ke indonesia sekitar tahun 1975-an dari Australia. Tujuan didatangkan jenis domba ini ke indonesia adalah untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas unggul dan bobot badan domba yang tinggi serta untuk menghasilkan tanduk yang lebih bagus, maka jenis domba lokal yaitu domba garut di kawin silangkan dengan domba suffolk.

Bila diperhatikan antara domba merino dengan domba suffolk yang ada di indonesia bentuk nya beda tipis karena kedua jenis domba ini sama-sama telah mengalami persilangan dengan jenis Domba lokal, hanya bisa dibedakan dari warna muka, bulu yang lebih halus dari pada domba merino dan warna bulu pada kaki. Peredaran domba suffolk di Indonesia khususnya di pulau jawa cenderung bermuka hitam belang.
Dengan hadirnya Domba Suffolk dan Domba Merino, sangat menguntungkan bagi para peternak domba, dari hasil perkawinan silang Domba-domba ini maka akan didapatkan jenis domba yang berbobot badan berat.

Asal Usul Domba Suffolk Di Indonesia
Sebenarnya domba suffolk berasal dari Inggris, domba suffolk mempunyai keunggulan sebagai domba penghasil daging yang baik sehingga domba Suffolk ini sangat cocok dijadikan sebagai domba potong. Untuk bobot badan domba suffolk ini bisa mencapai antara 135 kg sampai 200 kg sementara untuk yang betina mencapai antara 100 kg sampai 150 kg, Akan tetapi pada saat di kembangkan di negara Indoneia bobot domba ini hanya mencapai antara 60 kg sampai 80 kg.

Domba Suffolk Dan Domba Merino
Domba Suffolk betina Jenis Domba Pedaging atau Domba Potong

Baik domba suffolk maupun domba merino, kedua jenis domba ini sama-sama sudah mengalami persilangan dengan jenis domba lokal asli Indonesia. Antara domba suffolk dengan domba merino ini jika kedua jenis domba ini disandingkan bersama, maka akan terlihat ukurannya tidak terlalu terpaut jauh. Hanya saja jenis domba suffolk ini mempunyai warna pada bagian kaki dan bulu yang lebih halus kalau kita bandingkan dengan jenis domba merino. Domba suffolk ini banyak terdapat di pulau Jawa. Domba Suffolk cenderung mempunyai warna muka hitam belang.


Kehadiran Domba Suffolk ini sangat menguntungkan bagi para peternak domba di Indonesia, dari domba inilah sudah banyak sekali didapat hasil keturunan domba jenis baru yg berbobot tubuh berat, yaitu dengan cara persilangan. Keunggulan lainnya dari Domba suffolk ini yaitu memiliki tingkat persentase daging yang cukup tinggi yaitu antara 55 sampai 65 % dari bobot tubuhnya. Sehingga domba suffolk ini sangat cocok jika diternakkan sebagai domba pedaging atau domba potong.

Demikianlah sedikit informasi tentang domba suffolk. Data peternakan ini kami olah dari beberapa sumber, Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Domba Suffolk Jenis Domba Pedaging atau Domba Potong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel