Domba southdown sangat cocok di ternak untuk menghasilkan daging dan wol

PETERNAKAN DOMBA SOUTHDOWN

Domba southdown sangat cocok di ternak untuk menghasilkan daging dan wol

Jenis Domba Penghasil Daging Dan Woll – Domba Southdown ini pada awalnya dikembang biakkan di Sussex, Belanda tahun 1800-an. Domba Southdown di impor pertama kali dilakukan ke Pensylvania pada tahun 1824 hingga 1829-an oleh para peternak dari Inggris yang bernama John Ellman. yang kemudian di impor dari peternak Jonas Webb ke Pensylvania, Illinois dan New York Amerika(AS). Banyak orang menganggap kedua pria tersebut sebagai penyestandar dan perbaikan dalam perkembangbiakan domba shouthdown ini.

Domba southdown tergolong jenis domba dengan tingkat produksi daging yang cukup baik. Domba southdown juga terbilang unggul dalam menghasilkan karkas daging yang banyak meskipun diternak di rumah peternakan yang panas, namun jenis domba southdown ini juga mampu beradaptasi dengan berbagai iklim termasuk iklim yang basah.

Domba southdown ini sangat cocok di ternak untuk menghasilkan daging dan woll. Domba southdown juga termasuk salah satu jenis domba yang berukuran tubuh agak kecil dengan mempunyai warna bulu abu-abu dengan bagian wajah dan kaki dibagian bawahnya berwarna coklat dan dibagian kepala domba southdown ini tidak memiliki tanduk. Selain itu juga, domba southdown ini termasuk jenis domba dengan tingkat produksi daging yang sangat baik, Domba southdown termasuk juga jenis domba dengan tingkat produki susu rata-rata saja. Selain itu jenis Domba southdown ini terbilang unggul dalam kemampuannya untuk menghasilkan karkas daging yang banyak meskipun diternak atau dipelihara di rumah peternakan yang panas. Mungkin salahsatu kelebihan dari Domba southdown ini yaitu mampu beradaptasi dengan berbagai iklim termasuk iklim yang basah, berbeda halnya dengan jenis domba yang lain.

Belum banyak informai yang dapat kami rangkum mengenai Domba southdown ini, sedikit informasi tambahan untuk Domba ini, berupa ciri-ciri yang dimiliki oleh domba southdown sebagai panduan untuk mengenali domba jenis ini.


Ciri-Ciri Domba Southdown, yaitu sebagai berikut:
  1. Bentuk tubuh kecil, lebar, dalam dan bentuk tubuh Domba Southdown relatif bulat.
  2. Bergaris punggung lurus, dan Domba Southdown memiliki ukuran leher yang relatif pendek dan tebal.
  3. Berdaging padat dan memiliki kaki yang agak pendek.
  4. Telinga pendek dengan ujung telinga bulat
  5. Domba southdown jantan maupun Domba Soutdown betina tidak memiliki tanduk di kepalanya.
Bobot badan dewasa Domba southdown kuranglebih 86 - 104 kg, sedangkan Domba southdown betina agak lebih kecil dengan bobot tubuh antara 59 - 81 kg.

Keunggulan Atau Kelebihan Domba Southdown Sebagai Domba Pedanging Dan Penghasil Bulu Wol

Domba southdown sangat cocok di pelihara atau diternak sebagai domba pedaging dan domba penghasil wol. Bulu yg dihasilkan oleh Domba southdown betina dewasa yaitu antara 2,25 - 3,6 kg dengan hasil woll 40 - 55 %.

Sangat banyak jenis-jenis domba penghasil daging yang lain selain domba southdown diantaranya yaitu domba barbados blackbelly, domba suffolk, domba merino, domba dorset, Domba Ekor Gemuk dan domba priangan atau biasa disebut domba garut.

Demikianlah sedikit informasi mengenai jenis domba penghasil daging dan penghasil bulu yang baik, data tentang peternakan domba ini kami rangkum dari beberapa sumber, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "Domba southdown sangat cocok di ternak untuk menghasilkan daging dan wol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel