Keunggulan Domba Texel dan ciri-cirinya

PETERNAKAN DOMBA TEXEL

Domba texel ras penghasil daging yang berkualitas

Jenis Domba Pedaging Unggul – Di Indonesia pada saat ini terdapat berbagai macam jenis domba dengan ciri dan kualitasnya masing-masing, salah satunya yaitu jenis domba texel, Saat ini domba Texel banyak terdapat di wonosobo tapi sebenarnya domba texel tersebut bukan asli dari daerah Wonosobo melainkan diperkembangbiakkan di wonosobo, Pada awalnya Pemerintah indonesia mendatangkan kuranglebih sekitar 500 ekor domba texel dari negara Belanda pada tahun 1950-an dan domba texel tersebut dialokasikan di beberapa wilayah diantaranya yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat. namun wilayah-wilayah yang menampung domba texel tersebut tidak bisa menjadi tempat adaptasi yang baik lalu pada tahun 1957 domba penghasil daging unggul tersebut coba dipindahkan ke daerah Wonosobo dan ternyata diwonosobo domba pedaging tersebut mampu berkembangbiak dengan sangat baik sehingga pada tahun 2006 jumlah domba texel tersebut telah mencapai kurang lebih sekitar 8.753 ekor.

Domba texel pada umumnya memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar bila kita bandingkan dengan jenis domba lokal pada umumnya. Selain itu Domba Texel ini juga termasuk kedalam tipe domba jinak. Kalau pun ada orang yang mendekati nya maka domba texel ini biasanya tidak bereaksi atau tidak akan lari menjauh, bahkan ketika di sentuh sekalipun jenis domba ini akan tetap nampak tenang dan akan tetap meneruskan memakan rumput yang ada dihadapannya.

Baca Juga Mengenai Jenis Domba Merino

ASAL-USUL DOMBA TEXEL

Texel sebenarnya merupakan sebuah nama pulau di Belanda, yang menjadi habitat asli dari jenis domba pedaging tersebut. Karena awal perkembangbiakan domba jenis ini di pulau texel maka nama pulau tersebut diabadikan pada ras domba penghasil daging tersebut. Dengan bobot badan yang jantan dewasa mencapai 100 kg  dan berat badan domba texel betina mencapai 80 kg bahkan ada yang lebih. Maka domba texel ini semakin diminati di berbagai negara didunia, termasuk negara indonesia telah membudidayakan domba pedaging ini.

CIRI-CIRI DOMBA TEXEL
ciri-ciri umum dari domba texel

Ciri-ciri dari domba texel yaitu memiliki wajah lebar dengan hidung berwarna hitam, daun telinga pendek dengan arah bentuk hampir horisontal. Selain itu Domba Texel ini juga memiliki ciri-ciri seperti berwajah putih tanpa woll di bagian kepala dan kakinya, domba texel juga memiliki perkembangbiakan yang sangat cepat serta mempunyai pertumbuhan yang sangat bagus.
Ciri yang paling umum dari Ras Texel jenis domba pedaging unggul ini yaitu memiliki kuku hitam, serta dengan bulu woll yang tidak terlalu tebal (medium) tanpa serat hitam, Domba texel dewasa memiliki bobot bulu woll 3,5 kg - 5,5 kg per ekor, daging ras domba jenis ini juga sangat rendah lemak

Karena faktor tersebut banyak peternak luar negeri memilih domba texel sebagai domba unggulan penghasil daging dan woll terbaik.  sejak 10 tahun yang lalu sampai sekarang domba texel tersebut sangat populer di Australia, New zealand, Amerika Serikat, Uruguay dan negara-negara lain di benua Eropa. Texel domba pedaging unggul dengan ciri khas berotot, dan menghasilkan karkas daging tanpa lemak dan hingga saat ini terus dikembangkan kualitasnya untuk mencari keturunan terbaik dengan metode blasteran.

Itulah penjelasan singkat mengenai asal-usul dari domba texel beserta ciri-cirinya, data peternakan domba ini kami rangkum dari beberapa sumber mohon maaf jika banyak terdapat kesalahan, semoga info ini bermanfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan Domba Texel dan ciri-cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel