MENGENAL DOMBA ROMNEY DAN CIRI-CIRI UMUM DOMBA ROMNEY

PETERNAKAN DOMBA ROMNEY

jenis-jenis domba peliharaan

Jenis-Jenis Domba Peliharaan - Domba adalah salahsatu ternak kekayaan Bangsa Indonesia dan patut untuk dipertahankan keberadaan domba, walaupun demikian ada juga persilangan antara ternak domba impor dengan ternak domba asli yang kemudian ternak crossbred dan mampu untuk beradaptasi dengan sangat baik pada kondisi daerah setempat. Domba disetiap daerah mempunyai nama dan arti tersendiri, pada umumnya domba diternak atau dibudidayakan oleh para peternak kecil, karena beternak domba memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan diantara nya yaitu : hanya membutuhkan modal usaha yang relatif kecil, beternak domba juga mudah  dalam pemeliharanya, Domba juga banyak digunakan diberbagai acara baik untuk keperluan kekeluargaan, seperti kenduri atau acara syukuran, maupun acara yang berhubungan dengan keagamaan seperti hewan qurban pada hari raya, aqiqah dan lain sebagainya. 
Pada umumnya domba dipelihara atau dibudidayakan oleh para peternak kecil, karena domba memiliki keunggulan seperti modal usaha yang relatif lebih kecil dan sangat mudah cara memeliharanya, Domba banyak sekali digunakan diberbagai acara baik itu untuk keperluan kekeluargaan dan lainnya. Pemerintah saat ini terus berusaha untuk mewujudkan swasembada daging secara berkelanjutan tujuannya untuk mewujudkan kecukupan daging yg di dukung dengan teknologi inovatif tepat guna, memiliki daya saing yang tinggi.

DOMBA ROMNEY

Domba Romney berasal dari Kent, dahulunya Kent merupakan daerah rawa yang dilanda kekeringan berabad-abad lalu. Ciri-ciri Domba Romney yaitu berwarna putih, bentuk muka lebar dahi menonjol dan di bawah lutut terdapat sedikit woll atau tidak terdapat woll. Domba Romney ini sangat terkenal di New Zealand, negara yang telah melakukan perbaikan terbesar pada domba Romney. Negara Amerika mengimpor dari negara Inggris pada tahun 1904, sedangkan pada akhir-akhir ini mengimpor dari New Zealand. Jenis domba ini selain berukuran tubuh yang cukup besar, domba Romney ini juga sangat menonjol karena angka pertumbuhannya yang sangat cepat, bulu domba romney lebih pendek dan lebih bagus jika kita bandingkan dengan jenis domba-domba berbulu panjang lainnya. Selain itu domba Romney ini juga memiliki kualitas karkas yang sangat tinggi.


CIRI-CIRI UMUM DOMBA ROMNEY
Jenis-Jenis Domba Peliharaan

Domba Romney ini berasal dari Kent, yang dahulunya merupakan daerah rawa yang kekeringan berabad abad lalu. Berikut ciri-ciri umum dari Domba Romney :
  1. Bulu berwarna putih,  
  2. Domba Romney memiliki bentuk muka yang lebar dahi menonjol
  3. di bawah lutut terdapat sedikit woll atau tidak terdapat woll. 
Demikianlah sedikit informasi mengenai Domba Romney beserta ciri-cirinya, data peternakan ini kami olah dari beberapa sumber, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "MENGENAL DOMBA ROMNEY DAN CIRI-CIRI UMUM DOMBA ROMNEY"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel