Mengenal jenis Domba Finnsheep dan asal usulnya

PETERNAKAN DOMBA FINSHEEP

Mengenal jenis Domba Finnsheep dan asal usulnya

Jenis-Jenis Domba Di Dunia - Jenis atau bangsa domba dapat dikelompokkan menjadi dua,yaitu bangsa domba tropis dan domba subtropis. Ada beberapa jenis domba yang tergolong ke dalam kedua kelompok tersebut beserta dengan ciri-cirinya, Namun yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini yaitu mengenai jenis Domba Finnsheep

Domba Finnsheep, atau ada yang menyebutnya Landrace Finlandia, seperti yang diketahui domba jenis ini berasal dari Finlandia, Domba Finnsheep pertama kali diimpor ke Amerika Utara oleh University of Manitoba, Kanada sekitar tahun 1966. kemudian dibawa dari negara Kanada oleh para peternak di Amerika Serikat.

Jenis domba ini diperkirakan sudah mulai diternak sejak ratus tahun lalu, Domba Finnsheep hidup di alam liar di Sardinia dan Corsica. Domba Finnsheep ini juga dikatakan terkait dengan jenis domba berkepala pendek Skandinavia lainnya. Ketahanan Domba Finnsheep sebagai landrace utara adalah bukti kemampuan Domba Finnsheep dalam beradaptasi dengan iklim di Finlandia dan menyediakan makanan ternak kasar.

KARAKTERISTIK DOMBA FINNSHEEP

Daging Domba Finnsheep

Domba Finnsheep bukanlah jenis domba yang berukuran besar tapi domba jenis ini dapat menghasilkan daging yang baik dan lezat dengan rasa ringan dan lembut. Selain itu domba jenis ini mempunyai kemampuan berkembang biak yang sangat baik.

Woll atau Bulu Domba Finnsheep

Sebagian besar Domba Finnsheep yang terdapat di negara Amerika (AS) berwarna putih bersih. Namun, Domba Finnsheep juga ada yang berwarna solid hitam dan hitam atau putih piebald dan jarang ditemukan Domba Finnsheep yang berwarna abu-abu, coklat dan warna coklat muda. Woll Domba Finnsheep memiliki kelembutan yang jelas dan tidak bernoda dalam semua warna. Selain itu bulu domba ringan sangat disukai oleh para pengrajin tangan karena mudah dicampur dengan serat lainnya, dan panjang woll (3-6 ").


Tingkat Kelahiran Domba Finnsheep
Mengenal jenis Domba Finnsheep dan asal usul serta ciri-cirinya

Domba Finnsheep terkenal sebagai ternak produktif yang menghasilkan banyak kelahiran anak, Dalam sekali kelahiran Domba Finnsheep dapat memiliki kembar tiga. Domba Finnsheep adalah induk yang sangat baik dalam menyusui, susu berlimpah.

Tidak seperti banyak keturunan lainnya, Domba Finnsheep sangat matang dewasa pada empat sampai delapan bulan dan Domba Finnsheep betina pada umur 12 bulan.

Kemampuan beradaptasi Domba Finnsheep

Berkembang biak secara keseluruhan memiliki kemampuan yang sangat baik. Domba Finnsheep cenderung memiliki tingkat ketahanan yang lebih besar terhadap panas dan cuaca dingin dari pada kebanyakan bangsa domba yang ada. Domba Finnsheep menunjukkan kemampuan mencari makanan yang lebih besar, menyukai dedaunan dan mencari makan di padang rumput.

Bobot badan Domba Finnsheep ini dapat mencapai kurang lebih 45 kg sebelum kawin dan minimal 55 kg setelah melahirkan. Bangsa Domba Finnsheep murni sebagian besar memiliki anak bewarna hitam.

Demikianlah informasi singkat mengenai jenis Domba Finnsheep, Data peternakan domba ini kami olah dari beberapa sumber, semoga artikel peternakan ini bermanfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "Mengenal jenis Domba Finnsheep dan asal usulnya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel