Kumpulan jenis-jenis domba yang terdapat dibelahan bumi

PETERNAKAN DOMBA

jenis-jenis domba yang ada dibelahan bumi

Macam-Macam Jenis Domba - Pada umumnya domba diklasifikasikan oleh para peternak domba berdasarkan dari jenis woll yang dihasilkannya. Selain itu ada faktor-faktor lain yang menjadi perhitungan klasifikasi, diantara nya yaitu jenis daging, warna bulu, dan ada tidaknya tanduk pada domba tersebut. Pada domba penghasil woll, dilihat klasifikasinya itu berdasarkan tingkatan. Ada yang golongan woll halus, woll medium, woll persilangan, wool fur dan woll permadani.

2.1 Jenis- Jenis Domba Berbulu Halus
  1. Domba Remboillet
  2. Jenis domba ini merupakan hasil dari persilangan dari Domba Rambouillet dengan Domba Delaine Merino. Jenis domba ini berwarna putih, memiliki tanduk, tangguh/kuat, dan domba jenis ini dapat beradaptasi pada daerah yang kurang rumput sekalipun.
  3. Domba Delaine Merino
  4. Jenis domba ini merupakan Strain dari Domba Merino Spanyol yang memiliki karekteristik berdaging dibandingkan dengan domba Merino Amerika. Domba jenis ini memiliki warna putih, memiliki tanduk, bulunya berbentuk keriting dan hidup berkelompok.
  5. Domba Merino Amerika
  6. Jenis Domba ini di impor oleh orang dari Spanyol ke Amerika (AS) pada tahun 1800-an. Warna putih merupakan warna karakteristik dari domba Merino Amerika ini, Domba jenis ini pada umumnya bertanduk. Masa hidup dari domba jenis ini panjang dan suka hidup berkelompok. Ada dua jenis domba Merino Amerika yaitu kelompok A dan B, dilihat berdasarkan dari tingkat kekeritingan rambut/bulunya
  7. Domba Rambouillet
  8. Jenis Domba ini dikembangkan dari stok Domba Merino dari negara Spanyol. Domba Rambouillet berwarna putih, memiliki tanduk , Selain itu jenis domba ini juga sangat menonjol karena woll nya yang berkualitas tinggi, Domba Rambouillet ini juga sangat mudah beradaptasi pada kondisi iklim yang berat, dan jenis domba ini juga memiliki ukuran tubuh yang tergolong besar diantara golongan domba berambut halus.
Baca Juga Mengenai : CARA PENGGEMUKAN DOMBA SECARA ALAMI

2.2. Jenis-Jenis Domba Berbulu Medium
  1. Domba Dorset
  2. Domba jenis ini berasal dari negara Inggris dengan mempunyai muka berwarna putih, dan juga Jenis domba ini sangat subur, dan domba ini beranak lebih awal, Domba dorset ini juga merupakan penghasil susu yang baik. Domba Dorset ini sangat dikenal dengan karakteristiknya yang suka beranak pada musim panas.
  3. Domba Cheviot
  4. Jenis Domba ini berasal dari Skotlandia yang diimport ke Amerika bagian Utara. Ciri domba ini yaitu muka dan kaki bagian bawah berwarna putih dan tidak memiliki bulu. Hidung berwarna hitam dan kepala terangkat ke atas serta bentuk telinga tegak.
  5. Domba Finsheep
  6. Domba jenis ini berasal dari negara Finlandia dan domba ini banyak digunakan untuk proses kawin silang. Karena Domba Finsheep ini mempunyai tingkat kesuburan yang istimewa, Domba jenis ini sering disebut dengan anak sekelahiran banyak. Sebagian besar anak domba finsheep ini mempunyai anak yang berwarna hitam. ciri lain dari jenis domba ini yaitu memiliki ekor yang pendek
  7. Domba North Country Cheviot
  8. Jenis domba ini berasal dari negara Skotlandia, domba ini pada umumnya berwarna putih, dan biasanya tidak bertanduk dan memiliki karakteristik woll yang tinggi.
  9. Domba Hampshire
  10. Jenis domba ini memiliki perbedaan dari jenis domba yang lainnya. Domba jenis ini memiliki telinga dan hidung yang berwarna hitam, dan juga tidak memiliki bulu, serta tidak bertanduk. Badan dari domba Hampshire ini nampak tegak dan tangguh/kuat serta memiliki kekuatan yang sangat besar.
  11. Domba Oxford
  12. Domba oxford ini berasal dari negara Inggris dan diimport ke Amerika (AS) pada tahun 1850-an. Domba Oxford tidak bertanduk dan warnanya bervariasi. Jenis Domba ini berbadan besar, dan dapat menghasilkan daging dan anak domba yang berkualitas bagus.
  13. Domba Suffolk
  14. Domba jenis ini berasal dari Inggris, dengan bentuk tubuh yang besar, tahan terhadap cuaca panas, dan sangat tangguh/kuat. Dari segi penghasil susu, jenis domba ini tergolong yang terbaik dalam produksinya. Tetapi domba Suffolk ini memiliki karakteristik yang sangat agresif dan cenderung kasar.
  15. Domba Shropshire
  16. Muka dari domba jenis ini berwarna hitam dan tidak bertanduk, Domba ini sangat menonjol karena wollnya yang menutupi hampir seluruh tubuh mulai dari ujung hidung sampai kukunya. 
  17. Domba Montadale
  18. Domba jenis ini merupakan domba hasil dari penyilangan darah dari 40% Domba Cheviot dan 60% Columbia. Domba jenis ini memiliki karakteristik muka dan kakinya gundul, tidak memiliki tanduk, dan ukuran tubuh yang medium, Domba jenis ini merupakan tipe domba pedaging atau domba potong dan berkualitas baik.
  19. Domba Southdown
  20. Domba jenis ini memiliki penampilan yang hampir mirip dengan penampilan Domba Shropshire, domba ini berasal dari Inggris. Hidung Domba Southdown berwana putih atau warna cerah, bagian kaki ditumbuhi bulu yang jarang. Dari segi karkas, jenis domba ini tidak diragukan lagi, karena memiliki kualitas daging yang sangat baik.
2.3. Jenis-Jenis Domba Berbulu Panjang
  1. Domba Romney
  2. Domba jenis ini berasal dari Inggris, dengan wajah berwarna putih, bentuk muka lebar dan dahi terlihat menonjol. Selain tubuh yang berukuran besar , domba jenis ini juga menonjol karena angka pertumbuhan yang relatif cepat.
  3. Domba Leicester
  4. Asal domba Leicester yaitu dari Inggris. Domba ini memiliki kualitas daging dan bulu yang sangat baik dengan woll yang panjang.
  5. Domba Custwold
  6. Domba jenis ini berasal dari Inggris dan pertama kali diimpor ke Amerika. Domba Custwold memiliki kualitas daging yang sangat baik dan bulu yang panjang
  7. Domba Lincoin
  8. Domba jenis ini lebih banyak diternak di New Zaeland. Domba ini tidak memiliki tanduk, dengan bentuk muka berwarna putih. Dan bulu menutupi sebagian muka dan kakinya. Jenis domba ini memiliki dua keunggulan atau kelebihan, diantaranya yaitu merupakan jenis domba terbesar dan termasuk domba tipe pedaging yang berbulu paling tebal
2.4. Jenis-Jenis Domba Persilangan Penghasil Wol
  1. Domba Corriedale
  2. Jenis Domba ini merupakan domba penghasil daging dan woll. Domba jenis ini tidak memiliki tanduk, bulu berwarna putih, dan bentuk muka lebar. Ukuran tubuhnya medium, kuat, cepat dewasa kelamin. Dan jenis domba ini termasuk domba tipe dwiguna ( penghasil daging dan woll).
  3. Domba Targhee
  4. Domba Targhee ini berasal dari ¾ Domba Rambouillet dan ¼ domba berbulu panjang, terutama sering menggunakan Domba Lincoln. Domba jenis ini merupakan hasil dari pengembangan oleh pusat penelitian Domba di Amerika. Karakteristik dari domba ini yang paling menonjol yaitu hasil wollnya yang berat dan panjang.
  5. Domba Columbia
  6. Jenis domba ini merupakan hasil dari persilangan antara domba yang berbulu panjang dengan jenis domba yang berbulu halus yang berasal dari Idaho, domba ini berwarna putih, bentuk mukanya lebar, dan mempunyai kualitas bulu yang berkualitas tinggi.
  7. Domba Panama
  8. Negara bagian Idaho menjadi asal dari domba jenis ini. Penampilan dan karakteristik dari jenis domba ini hampir sama dengan Columbia.
2.5. Jenis domba penghasil Fur
  1. Domba Karakul
Domba karakul berasal dari asia tengah. Domba ini berwarna hitam atau cokelat, dan hanya yang jantan saja yang memiliki tanduk. Ekor dari domba karakul ini pendek dan lebar. Selain itu produksi utama dari jenis domba ini yaitu bulu dan kulitnya, namun dagingnya agak kurang. Untuk kulitnya dklasifikasikan menjadi “broadtail”, “Persian Lamb”, dan “Caracul”.

2.6. Jenis Domba penghasil Karpet
  1. Domba Highland
Hanya ada satu jenis domba yaitu Domba Highland bermuka hitam yang berasal dari Scotlandia yang menjadi produsen besar industry karpet. Jenis Domba ini memiliki tanduk, dan kaki berbulu, serta berwarna hitam atau belang.

Demikianlah sedikit informasi mengenai jenis-jenis domba yang ada dibelahan bumi, data peternakan domba ini kami rangkum dari beberapa sumber, mohon maaf jika banyak terdapat kesalahan dalam penyampaiannya. 

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan jenis-jenis domba yang terdapat dibelahan bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel