karakteristik dari domba dorset beserta ciri-cirinya domba yang termasuk tipe pedaging

PETERNAKAN DOMBA PEDAGING

karakteristik dari domba dorset beserta ciri-cirinya domba yang termasuk tipe pedaging

Bangsa / Tipe Domba Pedaging – Domba Dorset merupakan salah satu jenis domba yang berasal dari daratan Inggris dan Jenis domba pedaging ini masuk ke Indonesia yaitu melalui Australia, Keunggulan Domba dorset sendiri yaitu jenis domba yang dapat diternak sebagai domba pedaging atau domba potong yang mempunyai kualitas bagus, selain itu domba pedaging ini juga diternak atau dipelihara sebagai domba penghasil woll, akan tetapi domba dorset ini kemampuannya dalam memproduksi woll tergolong sedang saja, sehingga domba dorset ini lebih banyak di budidayakan sebagai usaha ternak domba pedaging / domba potong. Di negara asalnya yaitu Inggris, domba dorset ini dapat memiliki bobot tubuh antara 100 - 125 kg untuk domba dorset jantan sedangkan untuk domba dorset betina dapat mencapat bobot tubuh 70 kg - 90 kg.  Pada umumnya domba Dorset ini baik jantan maupun yang betina semuanya mempunyai sepasang tanduk yang melingkar. Domba dorset ini mempunyai persentase daging antara 50 % - 65 % dari bobot badan hidup.

Karakteristik Domba Dorset
Domba dorset jantan dikenal sebagai domba jantan yang memiliki tingkat aktif dalam mengawini betinanya pada musim panas. Jika dilihat dari karakteristik tersebut domba dorset ini digunakan sebagai jenis domba penghasil anak pada musim panas. Akan tetapi domba dorset ini melahirkan anak pada waktu sebagian besar domba tidak bereproduksi.

Baca Juga Mengenai : Domba Finnsheep Dan Asal Usulnya

Ciri-Ciri Domba Dorset
karakteristik dari domba dorset beserta ciri-cirinya domba yang termasuk tipe pedaging

Jenis Domba penghasil daging (Domba Dorset) ini dapat dikenali berdasarkan dari beberapa ciri-ciri seperti dibawah ini:
  1. Mempunyai karakteristik sebagai domba tipe dwiguna, Penghasil daging, Woll, Susu
  2. Domba Dorset memiliki bentuk tubuh yang panjang, lebar dan dalam, lebih berbentuk balok.
  3. Domba Dorset jantan dewasa dapat mencapai bobot badan antara 100 kg sementara Domba Dorset betina dewasa sekitar 80 kg.
  4. Domba dorset terdapat 2 kelompok, yaitu kelompok domba dorset jantan dan domba Dorset betina yang mempunyai tanduk dan kelompok yang kedua yaitu kelompok domba Dorset jantan dan Domba Dorset betina yang tidak mempunyai tanduk.
Domba Dorset ini dikenal oleh para peternak sebagai domba unggul atau domba yang mempunyai kualitas daging terbaik, dan domba dorset merupakan salahsatu bangsa domba yang digunakan para peternak domba sebagai bibit domba pedaging / domba potong.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai karakteristik dari domba dorset beserta ciri-cirinya, data peternakan domba ini kami rangkum dari beberapa sumber, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "karakteristik dari domba dorset beserta ciri-cirinya domba yang termasuk tipe pedaging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel