penyakit kudis menyerang ternak domba dan cara pengobatannya

PETERNAKAN DOMBA

penyakit kudis menyerang ternak domba dan cara pengobatannya

Jenis Penyakit Domba - Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para peternak domba yaitu gangguan penyakit kudis. Penyakit Kudis ini menyerang kulit domba pada semua tingkatan usia, sehingga mengakibatkan produksi domba menjadi merosot, kulit ternak domba menjadi jelek dan dapat mengurangi nilai jual ternak domba tersebut. Penyakit kudis pada ternak domba juga disebabkan karena adanya parasit yang berupa kutu Psoroptes ciniculi, Chorioptes bovis dan Psoroptes ovis. Gejala - gejala penyakit kudis ini akan menyebabkan tubuh domba menjadi lemah, badan domba menjadi kurus, nafsu makan menurun dan domba seringkali menggaruk - garuk tubuhnya. Penyakit Kudis ini dapat menyerang bagian muka, perut, telinga, kaki dan pangkal ekor.

Macam - Macam Penyakit Kudis
Macam - Macam Penyakit Kudis, Gejala Klinis Penyakit Kudis Pada Ternak Domba, Cara Mengobati Penyakit Kudis Pada Ternak Domba dan Cara Pencegahan Penyakit Kudis Pada Domba.
  1. Kudis ringan, bisa di tandai dengan muncul nya bintik-bintik kecil dan keras
  2. Kudis nanah, bisa di tandai dengan muncul nya bintik-bintik besar yang didalamnya mengantung nanah. Kudis semacam ini biasa menyerang ambing domba.
  3. Kudis tebal, Kudis ini menyerang telinga dan kaki. Kudis ini agak sulit untuk disembuhkan.
Gejala Klinis Penyakit Kudis Pada Ternak Domba
  1. Bulu domba menjadi rontok dan patah-patah akibat domba seringkali menggaruk-garuk pada bagian tubuh nya yang gatal. Terjadi nya kerusakan kulit dengan tepi yg tidak merata dan disertai penebalan kulit, kulit domba tersebut terlihat seperti bersisik dan diikuti terjadinya reruntuhan jaringan kulit.
  2. Domba terlihat tidak tenang selalu dalam keadaan bergerak akibat rasa gatal dengan menggaruk-garuk atau pun menggosok-gosok tubuh nya pada benda keras. Rasa gatal timbul dari adanya allergen yg merupakan hasil metabolisme Sarcoptes scabiei.
  3. Nafsu makan ternak domba menjadi turun, dan pada akhirnya akan diikuti dengan penurunan bobot badan domba sehingga ternak domba akan terlihat kurus.
Baca juga mengenai : Tanda-Tanda Domba Birahi Dan Ciri-Ciri Domba Yang Telah Bunting

Cara Mengobati Penyakit Kudis Pada Ternak Domba
Selain pengobatan medis komersial, pengobatan tradisional juga bisa kita lakukan. Berikut ini beberapa pengobatan tradisional yang mungkin bisa anda lakukan
  1. Untuk kasus ringan kita dapat menggunakan oli bekas ditambah belerang dan ditambah minyak kelapa (minyak goreng), kemudian dimasak lalu didinginkan.
  2. Untuk kasus yang cukup parah kita bisa menggunakan 2 liter minyak goreng di tambah Decis (obat serangga untuk tanaman atau insektisida) 50 ml dan ditambah oli bekas 50 ml. Pada kasus yang sudah cukup parah dimana penyakit kudis ini sudah menyerang seluruh tubuh domba, ramuan yang telah di racik ini diberikan 2 minggu (14 hari sekali). Biasa nya dalam kurun waktu satu bulan domba tersebut akan sembuh total dari penyakit kudisnya.
Sebaik nya sebelum diobati domba tersebut dimandikan dengan sabun sampai bersih. Kemudian sesudah dimandikan domba dijemur hingga tubuhnya kering. Ramuan seperti disebutkan diatas dioleskan pada bagian yang terinfeksi oleh penyakit kudis. Hindari kontak dengan mata domba. Sesudah diobati ada baiknya domba diisolasi atau di tempatkan di kandang tersendiri.

Tentu saja pengobatan dengan menggunakan Obat Ivomec akan lebih cepat sembuh dari pada menggunakan cara tradisional. Setidaknya pengobatan dengan cara tradisional akan memberikan alternatif untuk menggantikan ketiadaan obat Ivomec. selain itu biaya pengobatan tradisional lebih murah bila dibandingkan dengan obat Ivomec yang sangat mahal.

Cara Pencegahan Penyakit Kudis Pada Domba
Macam - Macam Penyakit Kudis, Gejala Klinis Penyakit Kudis Pada Ternak Domba, Cara Mengobati Penyakit Kudis Pada Ternak Domba dan Cara Pencegahan Penyakit Kudis Pada Domba.
Sekalipun terdapat berbagai macam obat - obatan untuk mengatasi penyakit kudis pada ternak domba, akan tetapi mencegah lebih baik dari pada mengobati. Berikut ini ada beberapa langkah pencegahan penyakit kudis yang bisa kita lakukan :
  1. Menjaga kebersihan kandang dan peralatan. Rutin membersihkan kandang domba dari sisa-sisa makanan yang jatuh.
  2. Menjaga kebersihan domba dengan sesekali memandikan ternak domba.
  3. Hindari memasukkan ternak terinfeksi penyakit kudis.
  4. Hindari domba dari air hujan. dan jaga agar kandang ternak domba tidak lembab.
  5. Isolasi dan observasi (karantina) ternak domba yang baru masuk.
  6. Segera isolasi atau pisahkan dan  obati domba yang terinfeksi penyakit kudis.
  7. Menjaga kebutuhan pakan domba supaya tetap terpenuhi.
Itulah sedikit informasi yang kami rangkum dari beberapa sumber mengenai : Macam - Macam Penyakit Kudis, Gejala Klinis Penyakit Kudis Pada Ternak Domba, Cara Mengobati Penyakit Kudis Pada Ternak Domba dan Cara Pencegahan Penyakit Kudis Pada Domba.

Belum ada Komentar untuk "penyakit kudis menyerang ternak domba dan cara pengobatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel