Klasifikasi Burung Unta dan Karakteristiknya

PETERNAKAN

jenis-jenis burung unta

Jenis Burung - Burung unta merupakan salah satu burung yang terbesar dimuka bumi. Tinggi burung unta dapat mencapai hingga 3 meter dan bobot tubuhnya mencapai 350 pounds. Burung unta bisa hidup dengan jumlah kelompok yang banyak dari 10 hingga 50 burung dalam satu kelompok, Burung unta juga bisa hidup bersama-sama dengan hewan lain dalam satu komunitas. Saat burung unta berpindah tempat, mereka juga bersama-sama dengan hewan lain seperti zebra. Burung ini pada awalnya banyak dijumpai di benua Afrika dan sebagian di Timur Tengah. Sebenarnya banyak sekali jenis burung unta namun kini jenis dan populasinya sudah semakin berkurang. Mungkin beberapa penyebab punahnya burung unta karena perburuan liar untuk diambil daging, telur dan bulunya, Burung unta termasuk hewan yang sangat social dimana burung unta bisa bersama-sama meletakkan telur dalam tempat yang sama. Namun burung-burung unta tersebut dapat membedakan telur mana saja yang mereka hasilkan, Burung unta kini dapat dikembangkan menjadi wisata dimana mereka bisa menjadi arena pacuan burung unta yang bisa menarik wisatawan.


Klasifikasi Burung Unta
ciri ciri burung unta

Burung unta berasal dari savana dan bagian gurung Afrika Utara dan Afrika Selatan. Saat ini burung unta tersebar luas di Eropa dan Asia Timur. Burung unta tergolong kelompok Palaeognaths dengan klasifikasinya sebagai berikut ini:
  • Kerajaan : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Aves
  • Famili : Struthionidae
  • Ordo : Struthioniformes
  • Genus : Struthio
  • Spesies : Struthio camelus
Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang burung unta:
  1. Burung unta termasuk salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang. Badan burung unta sangat besar menyebabkan burung ini tidak mampu untuk terbang layaknya burung jenis lainnya.
  2. Burung unta memiliki rentang sayap yang cukup lebar sekitar 2 meter yang dapat ia gunakan untuk mengubah arah ketika berlari.
  3. Burung unta memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat. Burung unta dapat berlari dengan kecepatan mencapai 70 km / jam dengan sekali melompat dapat mencapai 5 meter.
  4. Burung unta mempunyai kemampuan menyembunyikan kepalanya di dalam tanah untuk melindungi diri nya dari musuh.
  5. Bahkan terkadang terjadi pertarungan antar pejantan dalam memperebutkan betina. Dalam pertarungan itu akan mengakibatkan kematian dari salah satu pejantannya.
  6. Burung Unta hanya memiliki 2 kuku saja, itu yang menjadi perbedaan dengan jenis-jenis burung lain.
  7. Pada umumnya telur burung unta panjangnya sekitar kurang lebih 15 centimeter dengan bobot bisa mencapai 24 kali berat telur ayam biasa. Telur unta itu dilapisi cangkang yang sangat keras.
  8. Biasanya telur-telur burung unta tersebut dierami secara bergantian antara pejantan dan betina. Dan biasa nya pada siang hari, telur-telur tersebut akan dierami oleh betina kemudian pada waktu malam hari akan dierami oleh pejantan. Pengeraman telur bergantian itu dimaksudkan untuk melindungi telurnya dari predator.
  9. Pada umumnya telur burung unta akan menetas setelah 45 hari dierami. Kemudian setelah telur-telur tersebut menetas, induk burung unta tersebut akan bersama-sama mengasuh anak.
  10. Burung unta mampu bertahan hidup beberapa hari tanpa minum air. Akan tetapi setelah burung unta tersebut menemukan sumber air, mereka akan banyak minum air.
  11. Burung unta juga mempunyai bola mata yang besar ukurannya mencapai diameter 5 centimeter.
Demikianlah uraian singkat tentang burung unta, data tentang burung unta ini kami rangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi Burung Unta dan Karakteristiknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel