Mengenal Ayam Mutiara dan cara membedakan jantan dan betina

PETERNAKAN

 Mengenal Ayam Mutiara dan jenis-jenisnya

Informasi Peternakan Ayam - Salah satu jenis ayam hias yang saat ini banyak dibudidayakan adalah ayam mutiara. ayam mutiara termasuk ayam hias yang membutuhkan perlakuan istimewa. Selain itu cara ternak ayam mutiara sedikit berbeda dengan ayam-ayam jenis lainnya. Ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan dalam beternak ayam mutiara ini.

Keunggulan Ayam Mutiara
Ayam Mutiara mempunyai keindahan bulu dan bentuk tubuh yang cukup unik, Dari sebuah sumber yang kami dapatkan disebutkan bahwa Ayam mutiara ini hanya berproduksi telur di musim hujan. Secara perilaku Ayam mutiara memang mempunyai perbedaan dengan jenis-jenis ayam peliharaan yang lainnya. Diantaranya seperti cara ayam mutiara memilih tempat tidur juga ada keunikan tersendiri. Perbedaan perilaku antar satu dengan lainnya akan berbeda, ayam mutiara akan membentuk kelompok sendiri dengan ayam mutiara yang lainnya. Jadi ketika ayam mutiara sudah membuat sebuah kelompok lalu kita masukkan ayam mutiara yang baru ke dalam kelompok tersebut maka ayam mutiara yg lama akan langsung menyerang ayam mutiara yang baru tersebut.

Jenis-Jenis Ayam Mutiara
Sebenarnya jenis ayam mutiara sendiri ada beraneka ragam. Kemudian juga jenis ayam mutiara ini dapat dibedakan menurut warna-warna bulunya, ayam mutiara ini memang mempunyai bulu yang sangat indah. Jenis-jenis ayam mutiara antara lain yaitu Ayam Mutiara Purple (Royal Purple Guinea Fowl), Ayam Mutiara Abu-Abu (Gray Guinea Fowl),  Ayam Mutiara Lavender (Lavender Guinea Fowl) dan Ayam Mutiara Cokelat (Brown Guinea Fowl). Namun, hanya beberapa jenis ayam mutiara saja yang berhasil dikembangbiakkan di Indonesia, mungkin yang menjadi kendalanya adalah cara beternak ayam mutiara yang termasuk cukup sulit, berbeda dengan cara beternak ayam jenis lainnya.


Cara Membedakan Antara Ayam Mutiara Jantan Dan Betina
Mungkin hal yang cukup susah bagi orang awam adalah cara membedakan antara ayam mutiara jantan dan ayam mutiara betina. Hal ini dikarenakan ayam mutiara baik itu yang jantan dan betina mempunyai bentuk jengger atau jambul yang terlihat sangat mirip. Sangat berbeda dengan kebanyakan ayam peliharaan yang lainnya yang ketika kita lihat jenggernya akan langsung bisa tahu mana jantan dan mana yang betina. 

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara ayam mutiara jantan dan ayam mutiara betina :
 Mengenal Ayam Mutiara dan cara membedakan jantan dan betina

Ciri-ciri Ayam mutiara Jantan :
  1. Pial bagian bawah berwarna merah terang dan bentuknya lebar
  2. Pada bagian hidung seperti ada pembengkakan dan nampak sangat jelas
  3. Tanduk atas tegak, berisi, lebih gelap dan tumpul
Ciri-ciri ayam mutiara betina :
  1. Pial bagian bawah berwarna merah pudar dan bentuknya kecil
  2. Tanduk ujung bagian atas, sorong ke belakang, kurang berisi dan runcing
  3. Bengkakan yang terdapat diatas hidung tidak jelas
Nah itulah sedikit informasi tentang ayam mutiara yang kami olah dari beberapa sumber, semoga data tentang ayam mutiara ini bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk " Mengenal Ayam Mutiara dan cara membedakan jantan dan betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel