Perbedaan daging kambing dengan daging domba

PETERNAKAN KAMBING

cara membedakan Daging Kambing Dengan Daging Domba

Perbedaan kambing dan domba - Sebagai orang awam, kita biasanya mengemukakan dua perbedaan utama antara kambing dan domba. Perbedaan utama antara kambing dan domba yaitu pada bulu dan tanduknya. Karena memang, 2 perbedaan inilah yang cukup mudah untuk dikenali dengan pengamatan langsung. Bila kita perhatikan bulu kambing lurus, sedangkan bulu domba sangat keriting. Kemudian bentuk tanduk kambing agak lurus ataupun tanduk nya sedikit melengkung ke belakang, sedangkan tanduk domba terlihat melengkung ke belakang dan berpilin.

Perbedaan Daging Kambing Dengan Daging Domba
cara membedakan antara daging kambing dengan daging domba


Secara fisik, daging kambing dan daging domba sama saja. Karena itu, mungkin ada sebagian orang tidak tahu mana daging kambing dan mana daging domba. jika kita perhatikan daging kambing mempunyai warna lebih merah dan aroma daging kambing lebih tajam dari pada daging domba. Selain itu daging kambing juga mempunyai rasa yang lebih enak dan juga lebih gurih dari pada daging domba berkat perbandingan antara protein dan lemak yang tinggi, yaitu 1 banding 8. Coba kita bandingkan dengan daging sapi yang hanya 1 : 3. Kemudian juga Lemak daging kambing lebih keras dan lemak nya berwarna putih dibandingkan dengan lemak daging domba. 
Banyak orang yang mengatakan bahwa daging kambing lebih lezat daripada daging domba, itu mungkin karena kandungan berat dagingnya mempunyai komposisi khusus yg membuat rasa gurihnya lebih dominan pada saat dimasak, terutama bila dibakar. hal ini dapat terjadi karena rasio protein lemak daging kambing sangat tinggi yaitu 1 banding 8. akibatnya saat daging kambing dibakar rasa gurih protein akan ikut menyokong rasa gurih yg ditimbulkan oleh lemak.


Perbedaan daging domba dan daging Kambing, Yaitu sebagai berikut :
  1. Warna daging domba nampak lebih muda dari pada warna daging kambing, daging kambing mempunyai warna lebih merah 
  2. Lemak daging kambing lebih keras daripada lemak pada daging domba
  3. Kandungan lemak pada daging kambing lebih tinggi dari daging domba
  4. Kalori yang terkandung pada daging kambing lebih rendah daripada kalori yang terkandung dalam daging domba meskipun lemak dagingnya banyak
  5. Bau daging kambing agak lebih menyengat dari pada daging domba
  6. Rasa daging kambing lebih gurih daripada daging domba,
Di Indonesia, daging kambing pada umumnya diperoleh dari kambing yang masih muda atau kambing yang berumur 1 - 2 tahun. Kambing yang berumur 1 - 2 tahun merupakan penghasil daging yang sangat potensial karena bobot tubuhnya sudah ideal. Pada umum nya bobot hidup kambing di Indonesia pada usia 1 tahun berkisar antara 12,9 sampai 24,7 kg (untuk yang jantan) dan 11,2 sampai 19,7 kg (untuk yang betina). Daging kambing yg berasal dari kambing yang sudah berusia tua (umur 2 sampai 6 tahun) sudah melewati puncak produksi dan umumnya berasal dari kambing tipe perah dan tipe bulu. daging kambing ini agak liat, tapi masih tetap disukai orang.

Itulah uraian singkat mengenai perbedaan antara daging kambing dengan daging domba, data ini kami olah dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan daging kambing dengan daging domba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel