Tips atau Cara Merawat Ayam Hutan

PETERNAKAN AYAM HUTAN

Tips atau Cara Merawat Ayam Hutan

Tips atau Cara Beternak Ayam Hutan - Budidaya atau beternak ayam hutan adalah salahsatu hobi pemeliharaan unggas yang memiliki daya tarik tersendiri, ayam hutan memiliki ciri khas. Pada budidaya atau beternak ayam hutan, ada sejumlah tips yang dapat kita lakukan agar ayam hutan yang diternak selalu berada dalam kondisi yang sehat.

BETERNAK AYAM HUTAN
Tips beternak ayam hutan yang akan kami uraikan dalam artikel ini seputar cara atau tips bagaimana mempersiapkan ayam hutan untuk dibawa ke tempat yang jauh, agar ayam hutan dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini sangat perlu untuk diketahui oleh para peternak ayam hutan khususnya untuk para pemula, yang perlu untuk diketahui bahwa ayam hutan karena sifat ayam hutan yang mudah stress jika mereka merasa tidak nyaman atau merasa terancam di lingkungan yang baru.

Baca juga tentang:
Pada kesempatan ini juga kami ingin memberikan beberapa tips mempersiapkan kandang beternak ayam hutan yang tepat, menjaga kesehatan ayam hutan, cara menghilangkan bau pada kandang ayam hutan, cara mengatasi kanibal sesama ayam hutan dan memandikan indukan ayam hutan.

Tips atau Cara Memindahkan Ayam Hutan Ke Lokasi Baru
Tips atau Cara Merawat Ayam Hutan

Apabila ayam hutan yang akan dibawa hanya berjumlah sekitar 1 atau 2 ekor saja, maka tempat yang akan kita gunakan untuk mengangkut ayam hutan tersebut cukup berupa keranjang bambu untuk menjaga supaya jengger ayam hutan tersebut tetap kokoh berdiri karena ayam hutan keindahahan terletak pada jenggernya.

Namun, apabila ayam hutan yang akan kita bawa berjumlah banyak, maka tempat yang akan kita gunakan untuk mengangkut ayam hutan ini dapat berupa kotak kemasan yang terbuat dari kayu ataupun berbahan kardus. Akan tetapi yang harus kita ingat adalah bahwa kotak kayu ataupun kardus tersebut haruslah dilengkapi dengan lubang ventilasi supaya ayam-ayam hutan ini dapat bernafas dengan baik.

Sebaiknya juga kotak kayu atau kardus yang kita gunakan untuk membawa ayam-ayam hutan ini ditutup dengan kain berwarna hitam ataupun kain lain yang berwarna gelap. Lebih baik lagi jika pemindahan ayam-ayam hutan ini dilakukan pada saat malam hari tujuannya adalah untuk menghindari resiko ayam hutan mengalami stress.

Baca Juga Mengenai :
TIPS MEMBUAT AYAM HUTAN BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN YANG BARU
  1. Kondisi lingkungan hidup Ayam hutan yang baru pada awalnya kita buat semirip mungkin dengan keadaan atau kondisi lingkungan hidup yang lama. Perlu untuk kita perhatikan bahwa penyesuaian ini dilakukan secara perlahan – lahan, jangan terburu-buru untuk kita ubah kondisinya.
  2. Pakan untuk ayam hutan yang kita berikan sebaiknya kita samakan juga dengan pakan ayam hutan yang biasa mereka makan dilingkungan hidup yang lama. Dalam hal ini juga penyesuaian dilakukan secara perlahan – lahan, jangan dipaksakan.
  3. Setibanya ayam hutan tersebut dilingkungan hidup yang baru, ayam-ayam hutan ini dapat diberi obat anti stres dalam bentuk multivitamin seperti B kompleks dan B 12. Atau pun bisa juga kita beri jangkrik dan kroto.
Demikianlah hal-hal yang perlu kita lakukan sebelum beternak ayam hutan, tips atau cara beternak ayam hutan ini kami olah dari beberapa sumber, semoga data peternakan ayam ini bermanfaat bagi kita semua. 

Belum ada Komentar untuk "Tips atau Cara Merawat Ayam Hutan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel