Beternak Ayam Kampung Organik Dan Keunggulannya

PETERNAKAN AYAM KAMPUNG ORGANIK

Ayam Kampung Organik Dan Kelebihan atau Keunggulannya

Ayam organik adalah ayam kampung atau ayam jenis lainnya yang dipelihara secara khusus. Selama pemeliharaan ayam kampung ini mesti bebas dari bahan-bahan kimia sintetis. Pakan untuk ayam kampung organik berupa campuran dedak, tepung singkong, tepung ikan dan jagung. Vitamin dan hormon pemacu tumbuh tidak diberikan untuk ayam kampung yang dipelihara atau yang dibudidayakan secara organik ini. “ Namun pada prinsipnya beternak atau budidaya ayam kampung organik sama dengan cara beternak ayam kampung pada umumnya, bedanya adalah cara memeliharanya saja guna menghasilkan daging ayam yang rendah lemak. Mulai dari awal telur menetas hingga pada proses pemasaran semua proses dan cara beternaknya adalah organik. Jadi semua proses beternak ayam kampung ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia, vaksin dan antibiotik atau obat-obatan yang berbahaya lainnya,” 

Beternak ayam kampung organik lebih menguntungkan dari pada beternak/budidaya ayam kampung dengan cara biasa, Beternak ayam kampung dengan cara organik masa/waktu panennya menjadi lebih singkat, keuntungan finansial yang kita peroleh dari beternak/budidaya ayam jenis pedaging ini sangat mengiurkan. Apalagi pemeliharaan ayam organik paling cepat bisa berlangsung selama 25 hari.

Perbedaan Beternak Ayam Kampung Organik Dengan Ayam Kampung Biasa
Perbedaan lainnya, budidaya ayam kampung organik tidak dengan cara diumbar seperti pada pemeliharaan ayam pada umumnya. Tapi pemeliharaan ayam kampung organik secara semi intensif. Ayam ini tetap diumbar namun di area yang terbatas supaya ayam-ayam tersebut tetap sehat karena jika ayam ini dikurung di dalam kandang saja maka mereka tidak bisa tumbuh berkembang dengan baik.

Baca Juga Mengenai:
Lokasi Kandang Ayam Kampung Organik
model kandang ayam kampung organik


Lokasi kandang ayam kampung organik sebaiknya tidak terlalu dekat dengan rumah penduduk tujuannya adalah untuk menghindarkan dari gangguan stres atau pun penyebaran virus, karena ayam kampung yang dipelihara secara organik mudah terserang penyakit. Kandang yang digunakan untuk memelihara ayam kampung organik sebaiknya mendapat sinar matahari yang cukup, selain itu kotorannya harus sering dibersihkan.

Keunggulan / Kelebihan Ayam Organik
Ayam organik atau ayam kampung organik mempunyai banyak sekali keunggulan seperti dagingnya berwarna kemerahan, seratnya halus, dan keunggulan lainnya dari ayam organik yaitu rasa dagingnya yang sangat gurih. Ayam kampung organik juga memiliki jumlah protein dapat mencapai 2 kali lipat lebih tinggi dari ayam kampung biasa, sekitar 15,15 g/100 gram. ‘Mengkonsumsi daging ayam organik sangat menyehatkan karena bebas residu, Dengan keunggulan / kelebihan-kelebihan itu wajar permintaan ayam organik mengalir deras.
Mungkin salah satu yang mendorong besarnya permintaan terhadap daging ayam kampung organik adalah karena ayam organik cocok dikonsumsi oleh mereka penderita autis,

Baca juga :
Hal-Hal Yang Ditemui Dalam Beternak Ayam Kampung Organik
Pada saat ini, barangkali untuk menghasilkan ayam kampung organik tidaklah mudah itu dikarenakan oleh beberapa masalah, Masalah-masalah yang dimaksud yaitu: 
  1. Bibit ayam yang dijual di pasar masih menggunakan sistem pemeliharaan/budidaya konvensional, misalnya bibit ayam broiler/pedaging dan ayam petelur. Untuk bibit, barangkali mungkin hanya ayam kampung yang bisa untuk menjadi bibit organik, sebab bisa dibuat sendiri.
  2. Ayam Kampung Organik Dan Keunggulan atau kelebihan beternak ayam kampung organik
  3. Bahan pakan yang digunakan atau yang diberikan untuk ayam kampung organik. Dewasa ini cukup sulit dicari di pasaran, bahan-bahan pakan yang dihasilkan dari pertanian organik, misalnya seperti dedak, jagung, tepung ikan dan lain sebagainya. 
  4. Peternakan ayam saat ini masih bergantung pada penggunaan obat-obat antibiotik dalam pakannya. Sebab, dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian antibiotik dengan pribiotik, herbal atau produk organik lainnya akan menurunkan produksi ayam dan bisa meningkatkan angka kematian terhadap ayam tersebut. Ini berarti akan menurunkan tingkat keuntungan yang diperoleh oleh para peternak ayam. 
  5. Ketergantungan ayam terhadap vaksinasi masih sangat tinggi, dan belum tergantikan.
Demikianlah sedikit informasi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam beternak ayam kampung organik, semoga uraian singkat tentang peternakan ayam organik ini bermanfaat bagi kita semua, data ini kami olah dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Beternak Ayam Kampung Organik Dan Keunggulannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel