ciri-ciri daging sapi gelonggongan dan bahaya mengonsumsi daging sapi gelonggongan

PETERNAKAN SAPI

CIRI-CIRI DAGING SAPI GELONGGONGAN

Informasi Peternakan - Daging sapi gelonggongan adalah daging yang sebelum disembelih atau dipotong terlebih dahulu diminumi air secara berlebihan, salah satu cara yang biasa dilakukan oleh oknum pedagang nakal yaitu dengan memasukkan selang air kedalam mulut sapi. Bahkan tak jarang sapi pingsan karena kelebihan minum air, setelah diberi minum air yang berlebihan baru sapi tersebut disembelih. Tujuan sapi di gelonggongkan yaitu untuk mendapatkan timbangan lebih berat. Sehingga nantinya harga jual daging menjadi lebih mahal.
Daging sapi Gelonggongan ini sangat merugikan konsumen atau pembeli daging sapi, karena mutu dari daging sapi gelonggongan ini sangat buruk akibat kadar air yang sangat tinggi pada daging. Pembeli daging sapi tanpa disadari telah membayar lebih tinggi untuk harga daging karena bobot dari daging sapi tersebut yang semakin berat akibat dari kadar air yang berlebihan. Selain itu kadar air yang terlalu tinggi di dalam daging sapi tersebut juga rentan terinfeksi bakteri penyakit.


Oleh karenanya masyarakat atau konsumen daging sapi harus lebih teliti lagi dalam mengenali ciri-ciri daging sapi yang berkualitas sehingga tidak tertipu dalam membeli daging sapi. Sebelum membeli daging sapi, yang perlu kita perhatikan adalah ciri daging sapi segar antara lain yaitu, warnanya merah terang, tekstur dagingnya kenyal, lemak pada daging berwarna kekuningan dan biasanya, daging sapi asli dijual dengan cara digantung.
bahaya konsumsi daging sapi gelonggongan

CIRI-CIRI DAGING SAPI GELONGGONGAN
Daging jenis “glonggongan” (yang sering disebut daging basah) biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dari daging biasa (daging kering). Selisih harganya bisa mencapai Rp. 5000,- tetapi jika dihitung dari segi ekonomis sebetulnya daging sapi gelonggongan ini lebih mahal karena 30 % dari beratnya adalah air.

Ciri-ciri Daging sapi gelonggongan, yaitu sebagai berikut :
1. Berwarna pucat
2. Konsistensi daging lembek
3. Permukaan daging sapi gelonggongan terlihat basah
4. Biasanya penjual tidak menggantung daging gelonggongan tersebut karena apabila digantung air akan banyak menetes dari daging tersebut

Itulah sedikit informasi yang kami rangkum dari beberapa sumber mengenai daging sapi gelonggongan dan ciri-ciri daging sapi golonggongan.

Belum ada Komentar untuk "ciri-ciri daging sapi gelonggongan dan bahaya mengonsumsi daging sapi gelonggongan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel