Jenis-jenis itik unggul yang termasuk tipe pedaging

PETERNAKAN ITIK PEDAGING

Jenis-jenis itik unggul yang termasuk tipe pedaging

Jenis-Jenis Itik Pedaging - Itik pedaging merupakan itik yang dipelihara atau diternak secara khusus untuk menghasilkan daging. Hal ini tidak terlepas dari kemampuannya untuk memproduksi daging yang tinggi. Daging itik juga merupakan salah satu komuditi unggulan karena didalam daging itik mengandung berbagai zat dan gizi yang cukup tinggi serta daging itik memiliki citra rasa yang unik. Jenis Itik pedaging menampakkan ciri fisik dan karakteristik yang berbeda dari jenis itik petelur. Jenis itik ada yang lokal maupun itik impor yang mempunyai kualitas yang baik maupun persilangan antara itik lokal dan itik impor. Itik lokal pada umumnya memiliki produktivitas telur maupun daging yang lebih rendah. Namun tidak semua jenis itik lokal memiliki kualitas yang rendah. Ada beberapa diantaranya memiliki kualitas dan kelebihan sehingga disilangkan dengan jenis itik impor agar nantinya menghasilkan itik unggulan.

Baca juga:
Adapun ciri-ciri itik pedaging unggul adalah seperti berikut ini :
  1. Itik Paging Unggul Pertumbuhan tubuh Pesat 
  2. Itik pedaging harus mempunyai pertumbuhan tubuh yang relatif cepat. Karena masa panen akan dilakukan pada usia muda atau pada saat dagingnya masih lunak. Pada umumnya usia pemanen itik pedaging biasanya di bawah 12 minggu. Pada saat panen, harus diupayakan bobot badan itik sudah memenuhi persyaratan panen dan memiliki daging yang banyak.

  3. Itik Pedaging Unggul Memiliki Kerangka tubuh yang besar 
  4. Itik pedaging harus memiliki tulang dada yang lebar dan panjang serta tulang paha dan kaki yang lebar pula. Karena pada bagian inilah yang paling banyak dagingnya.

  5. Hemat Pakan 
  6. Kebutuhan pakan konsumsi itik pedaging lebih tinggi jika di bandingkan dengan pakan yang dikonsumsi oleh jenis itik petelur. Tetapi sebagian besar dari pakan tersebut digunakan untuk proses pertumbuhan dan disimpan dalam daging. Dengan kata lain, itik pedaging lebih efisien dalam merubah pakan menjadi badan/daging.

  7. Itik Pedaging Unggul Pertumbuhan Bulunya Cepat 
  8. Pada usia siap panen, bulu-bulu itik tersebut sudah harus tumbuh dengan sempurna, artinya tidak ada lagi bulu-bulu kecil yang tumbuh. Apabila masih banyak bulu yang baru tumbuh, bulu-bulu tersebut cukup sulit untuk di cabut sehingga penampilan kulitnya menjadi kurang menarik.
Baca juga:
Jenis-jenis itik unggul yang termasuk tipe pedaging yaitu sebagai berikut:
  1. Itik Serati
  2. Itik serati Jenis itik unggul yang termasuk tipe pedaging
    Itik serati adalah hasil dari persilangan antara entok jantan dengan itik lokal sehingga menghasilkan itik pedaging yang berkualitas tinggi. Di pedesaan banyak itik serati namun menggunakan entok betina dan pejantan itik lokal namun hasilnya kurang memuaskan. Jadi kalau akan menyilangkan sebaiknya jangan terbalik antara entok dan itik yang digunakan. Itik serati banyak digunakan pada kuliner nusantara seperti itik betutu, rica-rica itik, itik panggang, itik goreng dan masih banyak menu lainnya. 

  3. Entok 
  4. Entok jenis itik unggul yang termasuk tipe pedaging
    Dari segi pertumbuhan dan besarnya badan, sebenarnya entok lebih banyak menghasilkan daging jika kita bandingkan dengan jenis itik lokal. Bobot badan entok pejantan dapat mencapai 1.5 sampai 2 kali dari bobot entok betina. Namun, bila diperhatikan tingkat pertumbuhan entok agak sedikit lambat karena telur yang dihasilkannya sedikit serta proses penetasan yang lebih lama bila dibandingkan dengan itik (35 hari). 

  5. Itik Peking
  6. Itik peking jenis itik unggul yang termasuk tipe pedaging
    Itik Peking merupakan jenis itik pedaging yang berasal dari Tiongkok (China). Jenis itik Peking termasuk yang paling banyak dipelihara atau diternak sebagai itik pedaging. Ciri-ciri itik Peking antara lain yaitu : Ekornya tegak lurus, posisi punggungnya agak miring ke belakang, lehernya tegak, memiliki kaki pendek, perut itik peking sering sampai menempel ke tanah, warna bulunya dominan putih bersih dan halus. Bobot itik peking dewasa cukup tinggi, berkisar antara 3,5 sampai 5 kg dengan tekstur daging yang lembut dan berwarna kekuningan. Sangat banyak keunggulan dari jenis itik pedaging ini.

  7. Itik Tiktok
  8. Itik tiktok merupakan jenis itik pedaging unggul hasil dari persilangan antara entok jantan dari Taiwan dan itik Alabio betina. Pada umumnya cara menyilangkannya dengan inseminasi buatan, bukan dengan perkawinan alami karena jenis itik ini termasuk sulit dikawinkan secara alami.
Demikianlah sedikit informasi mengenai jenis-jenis itik pedaging unggul yang sangat cocok untuk dipelihara atau diternak, data peternakan ini kami olah dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis itik unggul yang termasuk tipe pedaging "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel