Langkah atau cara awal budidaya Atau beternak itik pedaging yang harus di perhatikan

PETERNAKAN ITIK PEDAGING

cara awal budidaya Atau beternak itik pedaging

Beternak Itik Pedaging - Itik adalah hewan ternak yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Disamping itu itik dapat menghasilkan telur, daging itik memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Pada umumnya daging itik dipanen sesudah habis masa produktivitas bertelurnya. Sekarang ini cukup banyak budidaya atau pemeliharaan itik yang tujuannya pada daging.

Pemilihan Jenis Itik Pedaging
Tidak bisa kita pungkiri bahwa ketersediaan bibit itik pedaging/itik potong dari jenis itik jantan, peking, entok, tiktok, atau jenis itik pedaging yang lainnya pada saat ini masih sangat terbatas. Begitu juga dengan pasokan/suplai daging itik yg berasal dari itik petelur yg sudah afkir juga semakin terbatas.

Sekarang ini permintaan akan daging itik potong baik itu itik jantan yang masih muda ataupun itik petelur afkir semakin meningkat tajam dan belum bisa terpenuhi secara optimal.

Sehingga alternatif pilihan jatuh pada itik jantan atau jenis itik pedaging/itik potong lainnya yang dibesarkan sekitar 35 sampai 40 hari. Mungkin dulunya itik jantan tidak memiliki nilai ekonomis karena kurang berperannya dalam sektor perunggasan, akan tetapi saat ini itik jantan menjadi bahan rebutan para konsumen.

Langkah-Langkah Penggemukan Itik Pedaging / Cara beternak atau budidaya itik pedaging khusus nya untuk pemula sebetulnya sangatlah mudah bila kita memahami cara melakukannya yang tepat. Untuk lebih jelas berikut ini penjelasannya bagi Anda sebagai pemula.

Baca juga

Langkah-Langkah Penggemukan Itik Pedaging

Sebelum memulai beternak/budidaya itik pedaging sebaiknya anda memperhatikan atau mempelajari beberapa teknik dasar penggemukan adalah sangat penting !, Karena faktor sukses dan tidaknya dalam beternak atau budidaya itik pedaging sangat bergantung dari teknis yang dikuasai oleh seorang peternak itik itu sendiri. Langkah-langkah atau cara awal beternak/budidaya itik pedaging yang harus di perhatikan yaitu sebagai berikut ini:

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai beternak/budidaya itik pedaging
  1. Pemilihan bibit yang baik / Bibit Unggul
  2. Sistem kandang yang nyaman bagi ternak itik
  3. Komposisi pakan yang seimbang
  4. Pengendalian penyakit itik
  5. Penanganan pasca panen itik
Cara Memilih Bibit Itik Pedaging Yang Baik

Proses pemilihan bibit Itik unggul memiliki peran yang sangat penting bagi peternak itik pedaging, untuk mendapatkan keuntungan budidaya/beternak itik pedaging sebaiknya pemilihan bibit itik jantan. Salah satu kunci sukses dalam beternak atau budidaya itik pedaging adalah memilih bibit, sebaiknya anda pilih bibit itik jantan( Anak itik jantan ) karena faktor kecepatan pertumbuhan itik jantan jauh lebih unggul atau lebih cepat jika dibandingkan dengan itik betina. kemudian juga harga bibit itik jantan juga lebih murah kalau kita bandingkan dengan itik betina.

Kandang Itik Pedaging Yang Baik
model dan tipe kandang itik pedaging yang baik
Model Kandang Itik / Model Panggung

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang itik yang baik adalah berdasarkan besar dan kecilnya modal yang kita miliki, untuk sistem kandang itik pedaging atau itik potong sebaiknya menggunakan kandang panggung, dalam pembuatan kandang itik ini sebaiknya arah kandang tersebut menghadap arah matahari terbit. Keunggulan atau Kelebihan kandang itik pedaging model panggung adalah sangat mudah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan itik pedaging itu sendiri. Namun bila kita menggunakan kandang lantai non panggung atau lantai tanah , sebaiknya penggunaan lapisan pasir, kapur dan sekam padi sangatlah penting, fungsi kapur pada lantai itik pedaging adalah untuk menjaga PH tanah dan mengendalikan bibit penyakit serta proses penyerapan kotoran itik lebih baik. Selain itu juga menambahkan kapur serta sekam padi yg sudah bercampur dengan kotoran itik, setelah masa 3 - 5 tahun mempunyai manfaat yang sangat besar untuk digunakan sebagai bahan pembuatan Pupuk Organik.

Baca Juga Mengenai:
Komposisi Pakan Itik Yang Seimbang
Langkah-Langkah Pemberian Ransum pada Itik Pedaging
Table: Pemberian Ransum Itik Pedaging

Kecukupan pakan yang berkualitas dari segi nilai gizi akan mempercepat pertumbuhan unggas, itik lebih bongsor dan ternak itik pedaging ini menjadi sehat dan tahan terhadap serangan penyakit dan virus. Pemberian makanan untuk jenis itik potong racikan sendiri non pabrikan (dedak, bekicot, tepung jagung, tepung ikan, tepung bulu unggas, tepung cangkang) penggunaan dan penambahan batang pisang, daun mengkudu, daun pepaya serta sayur-sayuran sebagai penunjang serat organik lebih unggul dan lebih murah jika dibandingkan dengan pakan buatan pabrikan. Kemudian juga faktor cuaca dan suhu tempat beternak atau budidaya itik pedaging ini sangat berpengaruh akan keseimbangan komposisi, baik itu dari segi nilai serat, karbohidrat dan proteinnya. Disamping itu pemberian suplemen sangatlah di perlukan itu untuk menjaga kesehatan dan untuk mempercepat pertumbuhan Itik.

Pengendalian Penyakit Itik
penyakit berbahaya yang menyerang itik pedaging

Beberapa Hal Yang Menghambat Pertumbuhan Itik Pedaging/Penyakit pada itik Pedaging, antara lain yaitu :
  1. Kurangnya pengetahuan tentang cara beternak itik pedaging.
  2. Penyakit dan gangguan kesehatan pada itik.
  3. DOD/Bibit itik pedaging yang kita beli adalah palsu, bisa jadi bibit tersebut betina ataupun kualitasnya kurang bagus sehingga tingkat pertumbuhannya kurang.
  4. Limbah yang yang bau ( bisa diatasi dengan tehnologi dan pola pakan fermentasi dengan “probiotik SOC HCS” sehingga bau dapat diminalkan ).
  5. Bencana alam yang tidak diduga
  6. Keamanan kurang
  7. Tidak mendapat dukungan dari masyarakat sekitar.
  8. Hasil panen yang melimpah sehingga harga jual turun.
Meskipun tidak berakibat fatal, penyakit atau gangguan kesehatan pada itik pedaging harus tetap diwaspadai. Berikut ini adalah tanda – tanda itik sakit. tidak nafsu makan, gerakannya lamban, tidak bersuara, antara lain yaitu :
  1. Itik lumpuh
  2. Penyebab Itik menjadi lumpuh salah satunya karena makanan basi atau pakan kadaluwarga, Itik makan bangkai ataupun bisa juga itik terlalu banyak berada di tanah becek. Cara Penanganan lumpuh pada itik pedaging yaitu telankan butiran es batu. Sebaiknya anda tidak memberikan pakan nabati yang berjamur untuk ternak itik. Seperti jagung dan bungkil yang sudah lama. Selain itu pakan kadaluwarsa ini mengandung Aspergillasis flavur yg bisa meracuni sehingga menyebabkan kelumpuhan pada ternak itik. 

  3. Penyakit Berak Kapur Pada Itik Pedaging
  4. ditandai kotoran itik berwarna hijau dengan bercak-bercak putih, penyakit itik ini di duga karena bakteri Salmonella typhimurium. Cara Pengobatan berak kapur pada itik yang dianjurkan yaitu memberikan Nitrofuran, Sulfa ataupun bisa juga memberikan anti biotik lainnya, salah satunya dengan mencampur pakan dengan Furasodidon 0,0011 %. 

  5. Gangguan Tenggorokan Pada Ternak Itik Pedaging
  6. Penyebabnya adalah karena adanya cacing yang menempel di tenggorokan, Untuk cara mengatasinya yaitu dengan mencabut cacing yang menempel dengan menggunakan pinset, setelah itu kita berikan obat Tetrachlor. 

  7. Itik Tidak Nafsu Makan
  8. Cara menanggulanginya yaitu Campurkan di air minum 1 liter dengan prebotik SOC 2.5 ml gr atau trace elemen lainnya dan vitamin.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara budidaya/beternak itik / Langkah atau cara awal beternak itik yang perlu di perhatikan, Data peternakan itik ini kami rangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Langkah atau cara awal budidaya Atau beternak itik pedaging yang harus di perhatikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel