cara yang paling mudah membedakan jenis kelamin hamster

PETERNAKAN HAMSTER

CIRI-CIRI HAMSTER JANTAN DAN HAMSTER BETINA

Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina - Hamster adalah binatang sejenis hewan pengerat, terdapat berbagai jenis Hamster di dunia dan Hamster hampir ada di tiap negara. Dengan bentuk tubuhnya yang kecil membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana selain itu dalam beternak hamster tidak memerlukan kandang yang terlalu besar untuk merawatnya.

HAMSTER
  • Nama ilmiah Cricetinae
  • Periode gestasi : Hamster Roborovski: 22 hari
  • Klasifikasi lebih tinggi Cricetidae
  • Masa/Lama hidupnya Hamster Tiongkok: 2 – 3 tahun, Hamster Roborovski: 3 tahun
  • Bobot/Massa Hamster Tiongkok: 30 – 45 g, Hamster Roborovski: 20 – 25 g, Hamster kerdil bergaris: 17 – 31 g
  • Panjang Hamster Tiongkok: 8,2 – 13 cm, Hamster Roborovski: 4,5 – 5 cm, Hamster kerdil bergaris: 7,4 – 10 cm
Hamster juga salah satu binatang peliharaan yang banyak digemari oleh masyarakat di semua kalangan, baik itu orang dewasa sampai anak-anak sekalipun. Hamster memiliki beberapa daya tarik tersendiri seperti warnanya yang indah, bulu-bulunya yang lembut seperti kapas dan tingkah lakunya yang lucu. Hamster juga tergolong binatang peliharaan yang aman dan mudah dalam hal perawatannya sehingga anak kecil pun bisa memelihara hamster ini.

Perkembangbiakan Hamster
Seperti halnya binatang pengerat lainnya hamster termasuk mudah untuk dikembangbiakan bahkan terkadang bila kita memelihara hamster di dalam kandang tahu-tahu hamster tersebut sudah mempunyai anak dipojokan kandang.

Syarat utama agar hamster peliharaan kita bisa berkembangbiak dengan baik didalam kandang adalah kita harus memiliki minimal sepasang hamster jantan dan hamster betina. Namun kandang kala bagi mereka yang baru pertama kali atau baru memelihara hamster tentu akan ada sedikit kesulitan  dalam membedakan antara hamster jantan dan betina. Tapi anda tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan antara hamster jantan dan betina agar nantinya anda bisa membedakan dengan cepat dan tepat.

Baca Juga:

Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina

ciri-ciri hamster jantan dan ciri-ciri hamster betina
Ada beberapa ciri-ciri hamster jantan dan ciri-ciri hamster betina dalam artikel ini kami akan menguraikan beberapa ciri-cirinya yang dapat anda gunakan untuk membedakan apakah itu hamster berjenis kelamin jantan atau hamster berjenis kelamin betina tentu hasilnya pun akurat. Berikut ini uraian mengenai perbedaan antara hamster jantan dan hamster betina:

Perbedaan hamster jantan dan Hamster betina
  1. Pegang hamster secara perlahan dan balikkan hamster tersebut di telapak tangan anda dan biarkan hamster tersebut telentang di tangan anda.
  2. Perbedaan hamster jantan dan Hamster betina

  3. Pastikan umur hamster 3-4 minggu karena bila kita mengamati hamster sebelum umur tersebut kita akan sedikit kesulitan dalam membedakan jenis kelamin hamster.

  4. Pada bagian pantat hamster jantan lebih nampak panjang dan bulat jika dibandingkan dengan hamster betina, terutama sekali untuk jenis hamster Cina. Selain itu biasanya hamster betina akan nampak ekornya yang lebih memanjang.

  5. Pada hamster jantan tidak akan nampak adanya bintik seperti pada hamster betina yang mana di maksudkan yaitu puting susu di sekitar bulu di perutnya.
  6. cara mudah dalam membedakan jenis kelamin hamster

  7. Ketika hamster sudah berumur sekitar 4 minggu, bisa kita lihat bahwa hamster jantan mempunyai skrotum dengan testis. Biasa nya Testis cukup besar.

  8. Perhatikan juga daerah kelamin hamster peliharaan kita dengan cara:
    cara membedakan jenis kelamin antara hamster jantan dan hamster betina
    • Hamster Jantan : Mempunyai 2 lubang yang terpisah kira- kira 1_2^1 centimeter. Lubang yang dekat dengan bagian ekor adalah anus, sedangkan lubang yang berada diatasnya adalah lubang penile atau kelamin jantan. 
    • Hamster Betina : Mempunyai 2 lubang yang sangat dekat bahkan lubang tersebut seperti menempel. Lubang dekat bagian ekor ialah anus, sedangkan lubang yang berada di atasnya adalah lubang liang peranakan. Selain itu Hamster betina juga tampak memiliki 4 sampai 6 buah puting susu di setiap sisi perutnya. 

  9. Hamster yang berjenis kelamin jantan memiliki masa reproduksi yang sangat panjang lebih dari hamster betina, yaitu sekitar 18 bulan. Sedangkan pada hamster betina hanya 14 bulan.

  10. Hamster jantan akan tampak lebih besar dari pada hamster betina. Bobot badan hamster jantan dewasa biasanya 85 gr – 140 gr sedangkan untuk hamster berjenis kelamin betina 90 g sampai 120 gr.

  11. Hamster yang berjenis kelamin jantan memiliki kelenjar aroma bau yang lebih besar dari hamster betina sehingga mengeluarkan bau yang lebih pekat. Namun, ada beberapa jenis hamster memiliki dua kelenjar aroma dan sisanya hanya memiliki satu kelenjar aroma.

  12. Hamster betina akan lebih aktif dan agresif ketika umurnya sudah 2 tahun ke atas

  13. Bulu hamster yang berjenis kelamin jantan akan terlihat lebih kotor seperti tidak terawat.

  14. Biasanya Bulu hamster yang berjenis kelamin betina akan nampak lebih bersih dan terawat.
Itulah beberapa tips dalam membedakan antara hamster yang berjenis kelamin jantan dan betina. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda yang tertarik untuk memelihara ataupun beternak hamster.

Deskripsi: Cara membedakan hamster jantan dan hamster betina memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, untuk para peternak hamster harus lebih jeli agar dapat membedakannya. Data ini kami olah dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "cara yang paling mudah membedakan jenis kelamin hamster"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel