jenis-jenis hamster beserta ciri-cirinya

PETERNAKAN

Jenis-Jenis Hamster dan karakteristiknya

Jenis-Jenis Hamster - Hamster adalah salah satu hewan mamalia yang berukuran kecil dengan bentuk tubuh yang gemuk serta lucu dan menggemaskan, hamster juga mudah untuk kita pelihara.
Pada umumnya ukuran hamster kira-kira kisaran 5-17 centimeter dan hamster yang jenis besar bisa mencapai 34 centimeter. Ciri-ciri Hamster diantaranya yaitu memiliki bentuk badan yang gemuk dan pendek. Keunikan lainnya dari Hamster yaitu memiliki telingan yang berbulu, ini untuk membantu hamster dalam menghangatkan tubuh dan juga untuk membantu dalam meningkatkan pendengarannya.

Makanan hamster tidaklah sulit, hamster termasuk hewan omnivora. Makanan hamster biasanya akar-akaran, butir padi, buah-buahan, dedaunan, serangga dan beberapa binatang kecil lainnya. Hamster termasuk hewan yang rakus. hamster bisa membawa makanan di pipi nya sampai penuh sesak.

Selain itu Hamster adalah salah satu kerabat dari tikus, sehingga bentuk dan rupa hamster sangat mirip dengan tikus, tetapi berbeda didalam prilakunya. Hamster pada umumnya menyukai tempat yang bersih, hangat, dan kering.
Seperti yang kita ketahui bahwa hamster banyak sekali jenisnya dan memiliki karakter maupun sifat masing-masing. Hamster termasuk hewan pengerat yang sangat ramah dengan manusia.
Hamster juga banyak ditemukan dengan berbagai corak warna yang menarik, ada yang berwarna putih, hitam, coklat, abu-abu dan lain-lain. Dengan beragam warna yang menarik tersebut tentunya hewan hamster pun mempunyai beragam jenis yang lucu dan menggemaskan.

Baca Juga Mengenai:

HABITAT HIDUP HAMSTER
Hamster banyak dijumpai dan hidup di seluruh belahan dunia, hamster hampir ada disetiap negara. Pada umumnya hamster hidup di daerah-daerah yg kering dan memiliki semak belukar. Hamster biasa hidup di perbatasan padang pasir, atau daerah bukit yang berpasir, dan bukit di kaki gunung selain itu hamster banyak juga ditemukan didataran rendah yang bersemak-semak dan berbatu, padang rumput yang luas.

MASA HIDUP HAMSTER
Umur atau masa hidup hamster tidaklah lama. Biasanya paling lama hamster berumur 3-4 tahun itupun bila dipelihara dengan benar. Setiap jenis hamster berbeda-beda lama masa hidupnya itu tergantung dengan jenis dan tempat tinggalnya. 

MASA REPRODUKSI HAMSTER
Reproduksi hamster berjalan dengan sangat cepat. Umumnya hanya membutuhkan waktu hitungan minggu hamster sudah dapat mulai bereproduksi. Hamster cina dapat melakukan reproduksi ketika sudah berumur 2-3 bulan, hamster jenis siria dapat memulai bereproduksi ketika sudah berumur 4-5 minggu, dan jenis hamster roborvski bereproduksi pada umur 3-4 bulan.

JENIS-JENIS HAMSTER DAN CIRI-CIRINYA

Sebelum anda memelihara hamster sebaiknya anda mengetahui jenis-jenisnya terlebih dulu karena beda jenis beda pula sifatnya. Jenis-jenis Hamster terdiri dari Hamster Syrian dan Hamster Mini yang biasa disebut juga dengan Dwarf Hamster yaitu jenis Hamster Campbel,Hibrid dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah jenis-jenis haster beserta ciri-cirinya

JENIS-JENIS HAMSTER DAN CIRI-CIRINYA

1. Jenis Hamster Syriah
Ciri-ciri Hamster Syriah

Hamster Syriah Ditemukan pertama kali pada tahun 1930-an oleh I.aharoni. Hamster Syriah pertama kali ditemukan dalam sebuah lubang sepanjang delapan kaki di daerah Padang Pasir Aleppo,Siriah. Maka Oleh sebab itulah jenis hamster ini disebut dengan nama hamster siria atau dikenal juga syrian hamster. Umur Hamster syiriah bisa sampai 2 – 2,5 tahun, dengan syarat bila dirawat dengan sangat baik. Panjang hamster Syiriah bisa mencapai 15 – 20 centimeter jika sudah dewasa.

Keunggulan atau Kelebihan Hamster Syrian
  1. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan.
  2. Hamster Syriah berukuran besar dan gerakannya relatif lambat bila dibanding dengan jenis hamster yang lain.
  3. Keunggulan Hamster Syrian memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak warna.
  4. Hamster Syrian bersifat soliter atau bersifat penyendiri, jadi bagi anda yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, anda bisa memelihara hamster Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.
  5. Kelebihan lainnya yaitu hamster Syrian merupakan satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang.
2. Jenis Hamster Roborovski
ciri-ciri hamster roboroski
Hamster Roborovski merupakan jenis hamster yang paling terkecil dan jenis hamster tercepat dibandingkan dengan jenis hamster lainnya. Hamster Roborovski ini biasanya hidup digurun padang pasir Mongolia dan Tiongkok Utara. Jenis Hamster Roborovski ini biasanya akan menggali lubang ditanah antara 60-200 centimeter didalam tanah sebagai tempat tinggalnya.

Hamster jenis Roborovski ini juga mempunyai gerakan yg sangat lincah seperti melompat dan sangat suka berlari-lari. hamster jenis ini hanya mempunyai 2 jenis warna normal dan white face. Jenis Hamster Roborovski biasanya juga cenderung lebih takut kepada manusia.

Kelebihan Hamster Roborovski

Nama latin dari Hamster Roborovski ialah Cricetinae Phodopus Robovski yang mempunyai karakter lincah dan suka melompat akan tetapi penakut.
Kelebihan jenis hamster Roborovski biasanya banyak dipelihara orang karena mukanya yang sangat lucu dan ukuran tubuhnya yang relatif kecil. Sedangkan kekurangan hamster roborovski yaitu hamster jenis ini susah untuk dipegang karena kebiasannya yang suka melompat dan jenis hamster ini juga tergolong penakut.

Ukuran dewasa Hamster Roborovski ini mencapai 4-5 centimeter. Umur siap kawin tergolong lama yaitu antara 7-8 bulan. Untuk masa kehamilan 20-30 hari. Sedangkan batas hidupnya rata-rata berumur 3 sampai 4 tahun.

3. Jenis hamster Campbell
ciri-ciri hamster campbell

Hamster Campbell ini di temukan oleh W.C. Campbell di daerah Tuva, Mongolia Pada bulan juli tahun 1902. Hamster jenis ini di sebut juga djungarian, karena pada umumnya Hamster campbell daerah aslinya ialah di Mongolia yang di kenal sebagai daerah Djungarian. Hamster jenis ini terdapat juga di daerah Asia Tengah dan Tiongkok. Hamster Campbell dewasanya berukuran 9-12 centimeter Jenis Hamster Campbell termasuk hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu. 

Kelebihan Hamster Campbell
Salah satu Keunggulan atau Kelebihan hamster Campbell yaitu hamster jenis ini memiliki banyak sekali variasi warna dan tipe bulu. Mungkin keunikan lainnya dari Jenis Hamster Campbell ini yaitu kelincahanya untuk ukuran seekor hamster dan menjadi sedikit tantangan bagi kita dalam menjinakkan jenis hamster Campbell yg selama ini dikenal sangat galak.

Baca juga:

4. JENIS WHITE WINTER
Nama winter white yang diberikan pada hamster jenis ini didasarkan oleh perubahan warna bulu jika terjadi perubahan suhu, Jenis hamster ini ditemukan pertama kali dijadikan sebagai bahan tulisan pada tahun 1770-an. Biasanya ketika musim dingin, bulu-bulu hamster white winter ini akan berubah menjadi warna putih dan kembali lagi ke warna asalnya pada musim panas.
Jenis hamster winter white ini berasal dari bagian timur Kazakhastan dan tenggara Siberia.

Karakteristik Hamster White Winter
  1. umur Hamster White Winter 1,5 – 2 tahun itu bila dirawat dengan baik.
  2. panjang Hamster White Winter 7 – 9 centimeter jika sudah dewasa.
macam – macam hamster winter white :
  • normal
  • golden
  • blue argente
  • sapphire
  • pearl
  • violet
Hamster Winter White memiliki penampilan yang agak mirip dengan jenis hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik.
Jenis Hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil jika kita bandingkan dengan hamster campbell, yaitu berukuran 7 – 9 centimeter. Umumnya mempunyai 3 jenis variasi warna : Normal, Pearl dan Sapphire.

Karakteristik Hamster Winter White 
Karakter hamster Winter White sangat tenang, tapi ada juga yang penakut dan jika yang sudah jinak biasanya senang memanjat ke tangan manusia.

Kelebihan Hamster Winter White
jenis-jenis hamster beserta ciri-cirinya

Kelebihan dari hamster jenis ini yaitu Persentase hamster winter white yg jinak lebih banyak jika kita bandingkan dengan jenis-jenis hamster mini yang lainnya. Hamster jenis Winter White ini bisa berubah warna menjadi warna putih bila ditempatkan di ruangan yang bersuhu dingin dan nantinya akan kembali menjadi warna aslinya bila ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.

Itulah beberapa jenis hamster beserta ciri-cirinya, semoga informasi tentang binatang hamster ini bermanfaat bagi kita semua, data ini kami rangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "jenis-jenis hamster beserta ciri-cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel