jenis-jenis itik petelur unggulan dan ciri-cirinya

PETERNAKAN ITIK PETELUR

TIPE ITIK PETELUR

Jenis-Jenis Itik Petelur - Itik petelur dikenal juga dengan istilah Bebek. Nenek moyangnya berasal dari Amerika Utara merupakan itik liar ( Anas moscha). Yang secara terus menerus dijinakkan oleh manusia hingga jadilah itik yang diperlihara seperti sekarang ini yang disebut Anas domesticus (ternak itik). Ternak itik merupakan suatu kegiatan yang sangat menguntungkan. berternak itik memiliki potensi keuntungan materi yang cukup menjanjikan. Selain dari banyaknya sumber daya itik yang dapat kita manfaatkan, itik juga merupakan hewan penurut yang tergolong mudah sekali untuk diternak.

Sumber daya itik yang umum dimanfaatkan ketika diternak atau dipelihara berasal dari telur, daging bahkan kotorannya juga bisa digunakan sebagai pupuk kompos. Selain itu, ada juga yang memelihara itik hias untuk keindahan namun ini hanya sebagian kecil saja. Tetapi yang paling umum dan banyak dalam ternak itik adalah untuk dimanfaatkan telur ataupun dagingnya. Dalam berternak itik ada 2 jenis itik, yaitu itik tipe petelur dan itik tipe pedaging.

Secara internasional ternak itik terpusat di negara-negara Asia, Filipina, Malaysia, Amerika utara, Amerika Selatan, Inggris, Perancis dan negara-negara yang mempunyai musim tropis dan subtropis. Sedangkan di Indonesia sendiri ternak itik terpusatkan di pulau Jawa (Tegal, Mojosari dan Brebes), Kalimantan (Kabupaten Amuntai, Kecamatan Alabio) dan Bali serta Lombok.

Jenis ternak itik unggulan dan berkualitas sangat berbeda dengan jenis itik pada umumnya. Namun, sangat jarang untuk menemukan bibit itik yang berkualitas terutamanya adalah bibit itik petelur.

Untuk menghasilkan telur itik yang banyak dan produksi telur yang tinggi, maka sebelum melakukan pembudidayaan atau beternak itik para petani peternakan itik harus memilih bibit tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini ada beberapa golongan indukan itik petelur maupun anakan itik petelur yang sangat baik untuk menghasilkan produktivitas dengan maksimal sebagai berikut.

Baca juga:

Jenis – jenis itik petelur unggulan
a. indian runner
indian runner adalah salah satu itik petelur yang cukup banyak di budidayakan atau diternak di indonesia terutamanya di pulau jawa, penghasil petelur tertinggi. Akan tetapi, dari jenis ini ada beberapa varietes yaitu sebagai berikut.
  1. Itik petelur  magelang
  2. Itik magelang adalah itik unggulan yang sangat berkualitas, jenis itik petelur ini mampu menghasilkan telur 200 - 230 butir/ekor/pertahunya. Namun harus memelihara itik ini secara intensif itu untuk menghasilkan produksi telur yang maksimal 

  3. Itik petelur karawang
  4. Itik karawang adalah jenis itik yang berasal dari bekasi dan juga jenis itik ini banyak di temukan di karawang. Sehingga memiliki nama itik karawang. Jenis itik ini mampu menghasilkan telur terbanyak di daerah karawang dan bekasi sekitarnya. 

  5. Itik petelur tegal
  6. Itik tegal adalah jenis itik petelur unggulan karena jenis itik ini mampu menghasilkan telur yang tidak kalah dengan itik jenis lainnya, itik tegal mampu menghasilkan telur sekitar 150-200 butir/ekor/pertahunnya. Itik tegal mempunyai sedikit perbedaan seperti bentuk, bulu dan warna bulunya sangat berbeda. 

  7. Itik petelur mojosari
  8. Itik mojosari adalah itik petelur yang juga mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak, jenis itik ini dapat menghasilkan telur hingga 200 butir perekor/tahunnya bahkan bisa saja lebih itu akan tergantung dengan manajemen pemeliharaan ternak itik itu sendiri.
Baca juga:

b. Itik alabio ( Anas platurynchos borneo )
jenis-jenis itik petelur
Itik alabio merupakan salah satu jenis itik petelur unggulan, itik alabio ini berasal dari kalimantan selatan, kecamatan alabio. Jenis Itik petelur ini merupakan hasil dari persilangan dari itik peking, yang berwarna kecoklatan abu-abuan, memiliki kaki yang berwarna kuning dan itik petelur ini mampu menghasilkan telur yang relatif banyak berkisar 150-200 butir/ekor/pertahunanya.

c. Itik bali/itik pingguin
itik bali jenis itik petelur unggul
Itik bali adalah itik unggulan yang memiliki bentuk tubuh hampir menyerupain seperti penguin. Itik bali berwarna putih, coklat dan lainnya. Selain itu, jenis itik petelur ini memiliki jambul diatas kepalanya dan ukuran badan itik petelur ini sangat kecil jika dibandingkan dengan itik petelur jenis lainnya. Tetapi produksi telur yang di hasilkan oleh jenis itik ini sangat banyak yaitu berkisar antara150 - 220 butir/Ekor/pertahunnya.

d. Itik kaki camphell
itik petelur jenis chambel
Jenis itik petelur ini adalah itik petelur unggulan, itik petelur ini berasal dari pulau jawa, itik kaki camphell ini merupakan hasil dari persilangan antara jenis itik roven dan prancis. selain itu penemu dari itik ini adalah Mr, champell. Sehingga nama itik ini di sebut itik champell. jenis Itik petelur ini memiliki bentuk pendek, ukuran badan besar, warna kecoklatan dan menghasilkan telur 150 – 200 butir/ekor/pertahunnya.

Demikianlah sedikit informasi mengenai jenis-jenis itik petelur yang mudah dijumpai diindonesia, semoga informasi mengenai peternakan ini bermanfaat bagi kita semua. data ini kami olah dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "jenis-jenis itik petelur unggulan dan ciri-cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel