perbedaan umum antara itik dan bebek

PETERNAKAN BEBEK

cara membedakan antara itik dan bebek


Perbedaan Bebek dan Itik - Unggas air memiliki berbagai ragam dan jenisnya, mulai dari unggas air yang hidup secara liar hingga unggas air yang diternakkan/dipelihara. Dari beragam jenis unggas air itu terdapat unggas air yang mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia, karena unggas tersebut mampu memenuhi salah satu kebutuhan pangan manusia. Jenis unggas air ini yaitu unggas air dengan bentuk tubuh yang kecil dan ramping dengan gerakannya yang lincah yang dikenal masyarakat atau sering disebut sebagai itik, serta unggas air yang tubuhnya lebih gemuk dan bergerak lebih lamban yang kemudian diberi nama atau sering disebut dengan sebutan bebek. Bagi masyarakat di pedesaan bebek dan itik dianggap sama saja dengan satu sebutan yaitu bebek. Akan tetapi banyak orang yang tidak bisa membedakan antara itik dengan bebek. Hal ini mungkin dapat dimaklumi karena belum ada bahasa Indonesia yang tepat untuk kedua unggas air yang mirip/menyerupai, tetapi berbeda fungsi itu.

Baca Juga:

Perbedaan Bebek dan itik

Bebek dan itik memang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan masyarakat khususnya di indonesia, karena kedua unggas (bebek - itik) ini sangat enak untuk dibuat berbagai macam masakan. Terutama lagi telurnya sangat enak untuk digoreng dan direbus. Tetapi sebenarnya samakah antara bebek dengan itik atau terdapat perbedaannya. Dibawah ini adalah uraian singkat mengenai perbedaan antara bebek dan itik.

Bebek dengan itik adalah sama-sama unggas, tapi ternyata kedua unggas ini berbeda, apa sajakah perbedaan antara bebek dan itik. kami akan memberikan sedikit informasi mengenai perbedaan antara bebek dengan itik.

Itik
itik unggas penghasil telur

Itik merupakan unggas air yang lebih mengarah pada unggas petelur atau Itik adalah unggas air yang lumrah dibudidayakan / diternak untuk diambil telurnya. Selain itu itik adalah unggas yang mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang relatif banyak. Ada 2 macam bibit itik yakni itik unggul dan itik sedang. Meskipun itik sedang lebih jarang memproduksi atau menghasilkan telur, tetapi ukuran telur-telurnya lebih besar. Sebenarnya itik sudah lama dipelihara atau diternakkan oleh masyarakat, karena itik yang ada sekarang atau Anas domesticus ini berasal dari itik liar (Mallard duck) belibis atau Anas boscha, Penyebarannya yang merata dan kini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat menunjukkan itik sudah diterima keberadaannya oleh masyarakat. Ciri-ciri atau karakteristik itik pada umumnya yaitu berbadan ramping, itik pada saat berdiri terlihat tegak, selain itu daging itik lebih keras daripada daging bebek sehingga daging itik tidak cocok untuk dibuat masakan, dan itik sangat lincah tidak seperti bebek yang cenderung lebih lamban dalam bergerak. Salah satu jenis itik petelur yaitu indian runner duck atau itik asli Indonesia. Itik petelur sedang umumnya mempunyai bentuk badan gemuk tapi telurnya lebih besar. 

Baca Juga Mengenai:

Bebek
jenis bebek angsa

Bebek merupakan unggas air yang dibudidayakan atau diternak untuk dimanfaatkan dagingnya. Contohnya bebek muscovy, bebek angsa dan bebek manila. Ciri-ciri atau karakteristik bebek secara umum yaitu memiliki badan gemuk sehingga bebek enak untuk dibuat olahan masakan, bebek berjalan horisontal, daging bebek lebih empuk jika dibandingkan dengan daging itik. Pada dasarnya, budidaya atau beternak bebek dilakukan untuk mengambil dagingnya, selain itu daging bebek lebih mahal dibanding dengan daging itik. Meski bebek juga mampu menproduksi telur, namun prioritas utamanya adalah daging yang sesuai dengan permintaan pasar. Selain bebek, unggas air yang juga dimanfaatkan dagingnya adalah angsa.

anak-anak bebek

Nah itulah uraian singkat mengenai perbedaan antara bebek dan itik, semoga informasi peternakan ini bermanfaat bagi kita semua, data peternakan bebek dan itik ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "perbedaan umum antara itik dan bebek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel