JENIS DAN CIRI-CIRI KERBAU YANG BERASAL DARI TORAJA

PETERNAKAN

ciri-ciri kerbau toraja

Jenis-Jenis Kerbau Toraja Kerbau atau sering disebut tedong dalam bahasa Toraja, pada upacara adat Rambu Solo atau pesta kematian, bagi masyarakat Toraja sering dikaitkan dengan status sosial.

Pada sebuah acara pemakaman besar yg biasanya dilakukan oleh para keluarga bangsawan, jumlah kerbau yang disembelih bisa mencapai puluhan bahkan bisa sampai ratusan ekor.
Kemudian juga kerbau-kerbau yang akan dipotong nantinya juga memiliki jenis tertentu yg menentukan kasta masing-masing kerbau, untuk cirinya dilihat pada ukuran kerbau, bentuk kerbau, dan tanduk, serta perpaduan warnanya.

Baca Juga:

Berikut ini beberapa jenis tedong dengan keunikan khusus yang ada di Toraja.

  1. TEDONG TODI
  2. CIRI-CIRI KERBAU TORAJA
    Tedong Todi adalah jenis kerbau Toraja yang memiliki ciri warna hitam dan belang putih di kepalanya, kerbau toraja jenis ini juga sangat unik yaitu memiliki tanduk yang berbentuk U dimana memiliki panjang tanduk nya dapat mencapai 1 meter. Dalam jenisnya, Tedong Todi memiliki dua varian berbeda yaitu Todi dan Todi Gara dimana letak perbedaan kedua jenis kerbau ini hanya pada kedua bola matanya. Tedong Todi mempunyai bola mata yang berwarna hitam seperti warna kulitnya sedangkan jenis Tedong Todi Gara mempunyai bola mata yang berwarna putih.

  3. TEDONG SALEKO
  4. JENIS KERBAU DARI TORAJA
    Kerbau yang satu ini merupakan salah satu jenis kerbau yang paling mahal dari semua jenis kerbau yang ada di Toraja. Harga seekor kerbau saleko bisa mencapai hingga Rp 1 miliar. Ciri-ciri tedong saleko yaitu warna kulitnya, perpaduan antara warna dasar putih dan belang hitam, tanduk berwarna kuning gading serta bola mata berwarna putih. 

  5. TEDONG BONGA
  6. JENIS-JENIS KERBAU TORAJA
    Jenis tedong bonga ini menduduki peringkat kedua setelah kerbau Saleko, jenis kerbau yang satu ini memiliki nilai jual yang hampir sama dengan Tedong Saleko. Kemudian juga ciri fisik dari kerbau Bonga ini tidak jauh berbada dengan Jenis kerbau Saleko. Perbedaannya hanya terletak pada warna dasar kerbau, Tedong Bonga berwarna dasar hitam dengan belang putih. 

  7. TEDONG TEKKEN LANGI
  8. KERBAU TORAJA
    Jenis kerbau toraja ini merupakan jenis kerbau yang sangat langka maka harga kerbau Toraja ini berkisar diatas 100 juta rupiah.
    Jenis kerbau toraja yang satu ini memiliki bentuk tanduk yang tidak simetris karena ada yang menjulang ke atas dan ada juga tanduknya yg menunduk ke bawah. Jenis kerbau Tekken Langi biasanya hanya ditampilkan dalam upacara Rambu Solo’ dengan tingkatan tertentu. 

  9. TEDONG PUDU'
  10. JENIS JENIS KERBAU DARI TORAJA
    Tedong Pudu' merupakan jenis kerbau yang umum kita lihat dengan ciri khas dari kerbau pudu ini adalah bentuk tubuh yang kekar dan kuat serta kulit yang dominasi warna hitam. 
    Kerbau pudu ini selain sebagai kerbau sembelihan/potong, karena bentuk tubuhnya yang sangat kekar dan kuat tersebut jenis kerbau ini biasanya dijadikan sebagai kerbau petarung(adu kerbau). Seringkali kemampuan bertarung kerbau jenis ini digunakan dalam acara Ma’palisaga Tedong (adu kerbau) yang merupakan salah satu rangkaian upacara Rambu Solo'. 

  11. TEDONG SOKKO
  12. JENIS DAN CIRI-CIRI KERBAU TORAJA
    Kalau umumnya tanduk kerbau selalu menghadap keatas, berbeda hal nya dengan kerbau yang satu ini, Tedong Sokko memiliki tanduk yang mengarah ke bawah melengkung menghadap ke depan wajahnya persis seperti tanduk domba. Jenis kerbau yang berasal dari toraja ini memiliki warna badan belang campuran hitam dan putih, kerbau yang satu ini juga sangat unik yaitu kaki yang pendek. 

  13. TEDONG BULAN
  14. JENIS-JENIS KERBAU TORAJA
    Albino adalah hewan yang memiliki kelainan genetika dalam kelahiran dan salah satu cirinya adalah berwarna putih. jika kita melihat jenis kerbau yang satu ini sekilas kita akan terpikirkan bahwa kerbau jenis ini adalah hewan albino tapi nyatanya adalah salah. Jenis kerbau ini memang memiliki kulit putih mulus dan terlihat agak kemerah-merahan kerbau jenis ini tanduk nya berwarna kuning besar. 

  15. TEDONG SAMBAO
  16. Secara fisik Tedong Sambao memiliki warna yang keabu-abuan dengan tanduknya berwarna kuning runcing keatas, selain itu postur tubuh kerbau jenis ini juga pendek. Kerbau Sambao dapat kita jumpai dengan mudah di Toraja karena kerbau jenis ini merupakan hewan yang umum dijumpai.

Demikianlah informasi singkat mengenai 8 jenis kerbau yang berasal dari toraja, informasi peternakan kerbau ini kami dapatkan dari beberapa sumber, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "JENIS DAN CIRI-CIRI KERBAU YANG BERASAL DARI TORAJA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel