PENYAKIT LEPTOSPIROSIS PADA ANJING

PETERNAKAN

jenis PENYAKIT LEPTOSPIROSIS PADA ANJING

PENYAKIT LEPTOSPIROSIS PADA ANJING

Jenis Penyakit Pada Anjing - Penyakit leptospirosis ini dikenal juga dengan sebutan penyakit tipus pada anjing. Penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira sp. yang menyerang mata, system syaraf, limfa, organ hati serta virus ini dapat bertahan lama di ginjal.
biasanya disebabkan oleh virus leptospira dari galur (serovar) canicola atau copenhageni yang merupakan kelompok sera ikterohemoragi. Baca juga : Penyakit non-infeksi pada ikan atau penyakit yang tidak menular pada ikan

Gejala Klinis Penyakit Leptospirosis Pada Anjing

Pada penyakit yang mendadak gejala yang terlihat adalah demam 39,5-40,5 °C, kelesuan, anoreksia, muntah,
PENYAKIT LEPTOSPIROSIS PADA ANJING
dan disertai konjungtivitis ringan. Masa inkubasi 5-15 hari dan anjing terserang Penyakit Leptospirosis ini bisa dari berbagai tingkatan umur. Dan biasanya dalam beberapa hari berikutnya suhu tubuh turun dengan tajam, anjing terlihat sulit bernafas, kehausan dan anjing menjadi depresi. Jika sudah sangat parah Anjing yang menderita penyakit ini akan terlihat depresi yang dalam dan tremor otot disertai suhu tubuh menurun secara perlahan, anjing terlihat muntah dan berak berdarah, pembuluh darah konjungtiva penuh terisi darah, nefritis akut, dan mata cekok. Pada kebanyakan anjing, ikterus (kekuningan) dengan berbagai tingkatan menjadi tanda awal dari penyakit Leptospirosis. Kematian anjing akibat dari penyakit Leptospirosis ini biasanya disebabkan oleh kegagalan ginjal dan biasanya terjadi 5-10 hari setelah kemunculan penyakit Leptospirosis. Mortalitas mencapai 10 %. Kasus kronis mengkibatkan nefritis interstitial dengan tingkatan yang berbeda-beda. 

Diagnosa Penyakit Leptospirosis Pada Anjing
PENYAKIT LEPTOSPIROSIS PADA ANJING

Diagnosa penyakit Leptospirosis Pada Anjing didasarkan pada gejala klinis dan temuan-temuan nekropsi, histologist dan pemeriksaan serologis. Baca Juga : Anda sebagai peternak harap mengenali Penyakit Hewan Menular Strategis

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Leptospirosis Pada Anjing
  1. Jika ada anjing yang positif terkena penyakit Leptospirosis harus segera dipisahkan dan jangan disatukan dengan anjing lain. Salah satu cara penularan Penyakit leptospirosis ini yaitu menular dari urinnya dan dapat menginfeksi manusia.
  2. Jangan biarkan anjing anda mendekati tempat sampah atau lingkungan yang kotor.
  3. Bersihkan selalu kandang anjing dan juga tempat bermain anjing. Untuk membersihkan lingkungan kandang anjing bisa anda gunakan larutan antiseptik berbahan dasar formalin. Penanganan anjing yang sakit harus hati-hati. dan yang terakhir Jangan lupa cuci tangan anda dengan menggunakan antiseptik setelah menangani anjing yang terkena penyakit Leptospirosis ini.
Baca juga mengenai:

Pengobatan Penyakit Leptospirosis Pada Anjing dengan antibiotik untuk infeksi akut seperti streptomisin, tetrasiklin, dan doxycyclin. Penyakit ini memerlukan waktu yang lama untuk sembuh dan mengembalikan fungsi liver kembali normal.


Demikianlah uraian singkat mengenai Penyakit Leptospirosis Pada Anjing dan Cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Leptospirosis Pada Anjing, Data ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "PENYAKIT LEPTOSPIROSIS PADA ANJING "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel