harap anda kenali Virus Penyebab Penyakit Pada Hewan Ternak

PETERNAKAN

virus yang menyerang hewan ternak

Virus Penyebab Penyakit Pada Hewan Ternak - Hewan juga sama seperti manusia yaitu dapat terserang berbagai macam jenis penyakit. Penyakit-penyakit yang menyerang hewan ternak juga sangat beragam, ada yang sifat nya menular dan ada yang tidak menular. Pada umumnya penyakit-penyakit yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, babi, ayam dll disebabkan oleh virus dan bakteri. Perlu untuk kita ketahui bahwa antara penyakit satu dengan penyakit lain memiliki cara penularan yang berbeda-beda. Nah, salah satu penyebab penyakit pada hewan ternak yang paling banyak penyebarannya melalui yaitu virus. Berikut penjelasan singkat mengenai virus yang umum menyerang hewan ternak:

1. Virus Penyebab Penyakit Rinderpest
Virus Penyebab Penyakit Pada Hewan Ternak


Penyakit Rinderpest yang juga disebut pes sapi disebabkan oleh Rinderpest virus. Virus Rinderpest ini menyerang hewan ternak seperti kerbau, sapi dan beberapa spesies lain dari hewan ternak berkuku genap (ungulata) seperti rusa, kerbau liar, jerapah, babi hutan dan antelop. Virus rinderpest ini merupakan virus RNA dari jenis paramyxovirus. Baca Juga: penyakit kembung dan mencret pada ternak kelinci

Gejala Virus Rinderpest Pada Hewan Ternak
Gejala-gejala yang dialami oleh hewan ternak yang terinfeksi virus rinderpest ini antara lain yaitu
  • Tubuh hewan menjadi demam, 
  • erosi mulut, 
  • tenesmus dan nekrosis limfoid. 
Tingkat kematian pada hewan ternak akibat infeksi virus rinderpest ini bisa mencapai 100%. Penularan pes sapi dapat melalui kontak langsung, air yang terkontaminasi virus bahkan melalui udara.

Baca juga :

2. Virus Penyebab Penyakit Feline Panleukopenia (FPL)
Virus Penyebab Penyakit Pada Hewan Ternak


Penyakit Feline Panleukopenia disebabkan oleh virus Feline parvo. Virus Feline parvo ini termasuk ke dalam famili Parvoviridae. Virus Feline Panleukopenia pada umumnya menyerang hewan seperti kucing. Infeksi virus Feline Panleukopenia berpusat pada jaringan dengan sel yang aktif membelah seperti pada jaringan sumsum tulang belakang, epitel dan limfa. Akibat dari infeksi virus Feline parvo (FPL) adalah menurunnya produksi sel darah merah pada hewan ternak yang terjangkit penyakit. 

Gejala Virus Feline Panleukopenia Pada Hewan Ternak
Gejala-gejala yang ditunjukkan pada kucing yang terinfeksi oleh virus Feline parvo adalah tubuh hewan nampak demam, anoreksia atau hilangnya nafsu makan 2-7 hari, radang usus dan muntah, tingkat kematian pada kucing yang terinfeksi virus Feline parvo bisa mencapai 75%.

Demikianlah sedikit informasi tentang macam-macam virus penyebab penyakit pada hewan ternak beserta gejala yang ditimbulkannya, beserta cara penularan dan pencegahannya.

Belum ada Komentar untuk "harap anda kenali Virus Penyebab Penyakit Pada Hewan Ternak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel