penyakit kembung dan mencret pada ternak kelinci

PETERNAKAN KELINCI

penyakit kembung dan mencret pada kelinci

Jenis-Jenis Penyakit Kelinci - Salah satu kendala dalam memelihara atau beternak kelinci adalah terserangnya suatu penyakit terhadap kelinci tersebut. Salah satu penyakit yang sering sekali menyerang kelinci peliharaan ialah kembung dan penyakit mencret. Banyak orang yang mengatakan bahwa jenis penyakit kembung dan penyakit mencret tidak termasuk penyakit yg berat namun perlu diperhatikan yang bahwa sering kali penyakit kembung dan mencret ini menyebabkan kematian pada kelinci peliharaan.
Jenis-Jenis Penyakit Kelinci

Penyakit kembung dan mencret sebenarnya adalah dua penyakit yang berbeda akan tetapi umum nya terjadinya saling berkaitan mencret dulu setelah itu baru kembung. Kemudian juga faktor yang paling utama penyebab kembung dan mencret ialah faktor dari makanan dan daya tahan tubuh kelinci itu sendiri.

Biasanya kelinci peliharaan yang menderita penyakit mencret dapat sembuh dengan mudah tetapi dapat juga mati, itu jika kita tidak melakukan tindakan pengobatan secepat mungkin. Agar pengobatannya tepat, kita sebagai peternak kelinci perlu mengetahui jenis diare yang menyerang kelinci peliharaan kita.

Untuk menekan kematian ternak kelinci yang disebabkan oleh penyakit kembung dan mencret ini ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan dan juga mengetahui lebih dini dan memberikan pengobatan,
Ciri-ciri kelinci terserang penyakit mencret yaitu : Kotoran kelinci cair atau lembek, Kelinci terlihat cenderung menyendiri jika berkoloni, dan kelinci lebih sering berdiam diri, porsi makan cenderung menurun, matanya terlihat sayu, suhu badan lebih dingin terutama bagian telinga dan perut, perut terlihat lebih gemuk dari biasanya. Jika terlihat ciri-ciri seperti tersebut kita harus waspada.

Baca Juga:

Berikut ini beberapa jenis penyakit daire yang sering menyerang ternak kelinci dan cara mengobatinya:

1. Diare Jenis Mucoid Enteropathy
Gejala diare jenis Mucoid Enteropathy yaitu sebagai berikut : diare dan lendir bercampur, tidak ada fases keras, tidak ada fases yang keluar pada tahap berikutnya.
Tanda-tanda kelinci terserang diare jenis Mucoid Enteropathy yaitu: perut kembung, badan kelinci tampak membungkuk, kelinci juga jadi pediam dan dari perutnya terdengar suara gemerutuk

Penyebab Diare Mucoid Enteropathy : Penyakit diare jenis Mucoid Enteropathy biasanya ditimbulkan karena kelinci stress bisa karena setelah perjalanan jauh, serangan binatang liar, suara gaduh, gangguan dari luar, dan lain sebagainya.

Pengobatan Diare Mucoid Enteropathy : Mencegah tentu lebih baik, di kasus semacam ini jika langkah pencegahan sudah kita lakukan tetapi masih kena juga. Maka sangat perlu kita lakukan penanganan seperti pengobatan kokidiasis.

2. Diare kotoran lembut, cair dan konsisten
Penyakit diare jenis ini dapat kita tandai dengan kotoran kelinci terlihat lembut,  kondisi butiran fases keras dan kondisi kelinci terlihat bagus, kelinci tidak lesu tapi makan berkurang agak sedikit dari biasanya.

Penyebab penyakit diare jenis ini biasanya karena  pergantian makanan/pakan, tidak ada serat makan, ataupun bisa juga karena makanan terlalu berair atau karena stress.

3. Diare Jenis Kokidiasis
Gejala diare Kokidiasis : penyakit diare jenis ini memiliki ciri-ciri yang cukup bervariasi dengan dari fases cair hingga fases lembut tetapi banyak. Ciri-cirinya Kelinci menjadi lebih kalem, makan lesu dan berat badan kelinci menurun.

Penyebab Diare Jenis Kokidiasis: Kokidiasis biasanya disebabkan oleh parasit eimera yg disebabkan karena tempat/kandang yang terlalu padat, tempat/kandang kurang bersih dan lembab. Parasit eimera ini menyerang usus dan sistem pencernaan kelinci.

Pencegahan Kokidiasis: Cara pencegahan dari kokidiasis yaitu upayakan agar kandang kelinci tetap bersih dari kotoran sekecil apapun, dan kandang bebas dari air dan lembab terutama di musim kemarau, dan jangan lupa beri vaksin secara teratur tetapi terlebih dahulu pindahkan semua ternak kelinci ke tempat steril lain.

Berikut cara pengobatan kelinci dari diare jenis Kokidiasis
Cara mengobati kelinci terkena diare kokidiasis:
  1. Beri obat trimethoprim atau sulfamethoxazole sesuai dosis yang tertera pada label.
  2. Jika ternak kelinci nafsu makannya bagus, cukup kita beri obat sulpha khussus hewan dan sebaiknya ditambahkan pakan kelinci yang kaya nutrisi.
  3. Cara mengobati ternak kelinci yang terserang penyakit diare dengan obat alami : 2 pupus daun pepaya, 3 daun pupus jambu klutuk, pupus daun pisang secukupnya, adu satu sendok teh, garam sepucuk sendok teh. kemudian haluskan bahan-bahan tersebut lalu ambil airnya, dan campur dengan garam dan madu dengan air hangat. Lalu cekokkan ke kelinci.
Demikianlah sedikit inforamasi mengenai ciri-ciri kelinci terserang penyakit kembung dan diare dan cara pengobatannya, data ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "penyakit kembung dan mencret pada ternak kelinci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel