Cara Mengobati Penyakit kembung perut Pada Kambing

PETERNAKAN

Cara Mengobati Penyakit kembung perut Pada Kambing

Penyakit Kembung Perut - Kembung (bloat) perut pada hewan ternak dikarenakan oleh penimbunan gas dalam perut dampak proses fermentasi berlangsung cepat. Akibat dari tingginya akumulasi gas menekan organ dalan tubuh sehingga mengakibatkan pernapasan dengan mulut terbuka atau frekuensi pernapasan tinggi dan hewan akan terlihat kesakitan, selain itu juga frekuensi buang air besar dan kencing meningkat. Baca juga : Penyakit non-infeksi pada ikan atau penyakit yang tidak menular pada ikan

Agar hewan ternak kambing peliharaan anda tidak mengalami perut kembung, maka anda perlu menghindari pemberian pakan kambing sebagai berikut :
  1. Pakan dari bahan yang mudah dan cepat mengalami pembusukan seperti wortel, kol, dan lobak secara berlebihan.
  2. Pakan hijauan yang terlalu muda, banyak mengandung air atau terlalu basah, baik terkena air hujan atau embun. untuk menghindari sebaiknya kambing diberi pakan hijauan yang telah kering dari embun.
  3. Pakan leguminosa (daun kacang-kacangan) terlalu berlebihan. Pakan hijauan seperti ini sebaiknya diberi percikan minyak kelapa.
  4. Pakan biji-bijian yang tergiling halus terlalu banyak, tetapi kurang mendapat hijauan berserat.
Baca juga mengenai: 
Tanda-tanda hewan ternak Mengalami Perut Kembung antara lain:
Cara Mengobati Penyakit kembung perut Pada Kambing
  1. Hewan ternak / Kambing terlihat gelisah, sakit, dan susah bernapas.
  2. Punggung kambing terlihat membungkuk, denyut jantung melemah, dan selaput lendir mulut kebiruan.
  3. Perut sebelah kiri mengalami pembesaran yang jika ditepuk akan berbunyi seperti bedug/gendang.
  4. Kambing roboh dan sangat susah untuk bangun lagi, bila dibiarkan kambing bisa mati mendadak.
Baca juga:

Pengobatan Herbal yang bisa kita berikan untuk Kambing Perut Kembung antara lain, yaitu sbb:
  1. Minyak nabati (minyak kelapa, minyak sawit atau minyak kedelai) kurang lebih  100-200 ml dengan cara dicekok.
  2. Kambing dicekok 200 cc “soda”, lalu perut kambing yang kembung sebelah kiri dibalur dengan bawang merah yang sudah dihaluskan yang telah dicampur dengan minyak angin. Jika angin sudah keluar melewati anus, kedua kaki depan diangkat ke atas sambil sisi perut dijepit dengan kaki kita, saat dijepit harus secara perlahan. Mulut ternak harus dalam kondisi terbuka, caranya mulut kambing tersebut disumbat dengan kayu dengan cara melintang dan anda usahakan supaya kambing tetap berdiri. Dengan cara tersebut semua timbunan gas dalam perut kambing bakal keluar semua.
  3. Atau bisa juga anda berikan Mylanta cair untuk kambing yang kembung dengan dosis 1 ml / 1 kg berat badan, bila kambing yang kembung perut sudah sangat parah dosis bisa di tingkatkan 2 kali lipat. mylanta di campur dengan air matang 1:10
  4. Cara terakhir yang dapat anda lakukan terhadap kambing yang kembung perut yaitu : Bagian anus kambing ditusuk dengan menggunakan tangkai daun papaya yang ujungnya telah diolesi minyak goreng supaya tidak melukai dinding anus. Setelah itu kedua sisi perut kambing dijepit jadi gas akan keluar melewati tangkai daun papaya, jika menggunakan cara ini anda harus sangat hati-hati.
Demikianlah cara menyembuhkan penyakit kembung perut pada kambing dengan cara tradisional, data ini kami rangkum dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Penyakit kembung perut Pada Kambing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel