Cara budidaya Atau Beternak Sapi limousin

PETERNAKAN

sapi limousin jenis sapi pedaging

Cara budidaya Atau Beternak Sapi limousin - Sapi limousin merupakan sapi yang pertama kali dikembangkan di Prancis. Sapi limosin memiliki ciri-ciri, diantaranya yaitu memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dan panjang, bulu berwarna coklat tua, warna sekeliling mata dan lutut ke bawah berwarna agak terang, sapi limousin jantan memiliki sepasang tanduk yang tumbuh ke luar yang sedikit melengkung. Selain itu sapi limousin juga termasuk jenis sapi pedaging yang mempunyai nilai jual tinggi. Maka tidak heran sekarang ini sangat banyak orang yang sudah mulai mengembangbiakkan sapi limousin.

Keunggulan sapi limousin, diantaranya yaitu :
Cara budidaya Atau Beternak Sapi limousin
  1. Sapi limosin ini ukuran bobot badannya lebih dari jenis sapi lain sehingga sapi limosin ini mempunyai daging yang lebih banyak.
  2. Sapi limousin mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat jika di bandingkan dengan jenis sapi yang lain sehingga sapi limosin sangat cocok untuk di jadikan sebagai usaha budidaya.
  3. Sapi limosin mempunyai daging dengan kualitas yang baik
  4. Sapi limousin lebih tahan terhadap serangan penyakit terutama penyakit antraks.
  5. Waktu untuk penggemukan jenis sapi limousin lebih cepat
Baca juga:

Budidaya Sapi Limousin

Budidaya atau beternak sapi limosin memang menjanjikan keuntungan yang sangat besar, karena sapi limousin ini adalah jenis sapi pedaging. Jika anda tertarik untuk membudidaya Sapi Limosin, berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda ketahui, agar nantinya pada saat anda sudah menjalankan usaha ini tidak terdapat kendala apapun :

Menyiapkan kandang sapi limosin
Cara budidaya Atau Beternak Sapi limousin

Untuk membudidayakan Sapi Limousin tentunya membutuhkan kandang khusus. Kenapa membutuhkan kandang khusus ?? Karena sapi jenis ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, per ekor sapi limousin setidaknya harus memiliki kandang dengan luasnya kurang lebih 2,5×1,5 meter persegi.

Dalam pembuatan kandang setiap ekornya harus dipisahkan, karena kalau kita biarkan menjadi satu akan terjadi perebutan makanan antar sapi limousin yang akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan satu atau beberapa sapi. hal lainnya yang juga harus diperhatikan adalah kebersihan dari kandang sapi itu sendiri, karena kandang sapi yang kotor akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit pada ternak sapi.

Baca juga mengenai:

Memberi pakan untuk sapi limosin
Pakan atau makanan sapi adalah faktor utama tumbuh kembangnya sapi limousin. Pemberian pakan untuk sapi limousin harus dilakukan secara rutin, berupa pakan hijauan yang dicampur dengan konsentrat. Pakan Konsentrat bisa berupa biji-bijian yang berprotein tinggi, umbi-umbian, dan pemberian vitamin khusus hewan yang dapat dibeli di toko hewan.

Perawatan sapi limousin
Tujuan dari perawatan yaitu agar sapi limousin yang kita pelihara terhindar dari berbagai penyakit dan virus berbahaya, cara untuk merawat sapi limousin supaya terhindar dari penyakit dan virus adalah dengan cara memberikan antibiotik, vaksin, dan obat cacing. Dan jangan lupa membersihkan kandang dan memandikan sapi secara rutin agar tidak timbul virus penyebab penyakit.

Sapi Limousin pada umumnya sudah dapat dipanen jika bobot tubuhnya sudah mencapai 400 - 500 kg. Keunggulan lainnya dari sapi limousin yaitu pertumbuhan Sapi Limousin yang cukup cepat, bisa mencapai 1,5 - 2,1 kg/hari, namun tergantung juga dari kualitas pakan dan konsentrat yang diberikan untuk sapi tersebut.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara budidaya atau cara beternak sapi limousin, data ini kami rangkum dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "Cara budidaya Atau Beternak Sapi limousin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel