Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya

PETERNAKAN

CIRI-CIRI DAN HABITAT HIDUP AYAM BEKISAR

Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya – Ayam bekisar merupakan hasil dari persilangan antara ayam hutan hijau jantan dengan ayam kampung betina. Ayam Bekisar berasal dari pulau Kangean, sebuah pulau kecil sebelah timur Madura. Ayam bekisar menyebar ke seluruh pulau Madura, Jawa dan Wilayah Lombok, Flores. Ayam bekisar banyak dipelihara oleh para pecinta ayam hias karena bentuk tubuhnya yang sangat indah dengan ditumbuhi bulu-bulu yang menawan, selain itu ayam bekisar juga memiliki suara yang sangat merdu pada saat berkokok. Baca Juga : Penyakit non-infeksi pada ikan atau penyakit yang tidak menular pada ikan

Jika kita perhatikan warna bulu ayam bekisar lebih di dominasi warna bulu ayam Kampung betina, akan tetapi dari postur badan, sifat dan suaranya itu tergantung pejantannya yaitu ayam Hutan Hijau. Saat ini warna bulu ayam Bekisar sangat beragam bahkan keindahan warna bulu sering digunakan sebagai salah satu kriteria dalam perlombaan ayam Bekisar. Kualitas dari jenis ayam ini sendiri akan mulai terlihat pada usia 6 bulanan. Ayam Bekisar menjadi lambang fauna (maskot) Propinsi Jawa Timur.

Warna dasar bulu ayam Bekisar mempunyai delapan warna yaitu :
  1. Merah
  2. Hitam
  3. Putih
  4. Kuning
  5. Wido
  6. Kelabu
  7. Blorok
  8. Jali. 

Ayam bekisar juga memiliki beberapa jenis, untuk membedakan jenisnya dapat kita lihat melalui warna bulunya. Pada umum nya warna bulu tersebut terbentuk atas warna bulu dari induk betinanya, sedangkan untuk postur tubuhnya lebih didominasi oleh induk jantannya. Berikut ini adalah jenis-jenis ayam bekisar.

Baca juga:

Ayam bekisar Hitam
Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya
Jenis ayam bekisar hitam ini merupakan keturunan yang pertama dari kawin silang antara pejantan ayam hutan hijau dengan induk betina ayam cemani. dengan ciri-cirinya yaitu sebagai berikut :
  • Seluruh tubuhnyaberwarna hitam
  • Bulunya juga hitam dan juga mata, kaki, jari
Ayam bekisar Putih
Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya


Jenis ayam bekisar ini merupakan keturunan pertama dari pejantan ayam hutan hijau dengan indukan betina ayam ras putih. dengan ciri-cirinya yaitu sbb :
  • Warna bulunya hanya putih
  • Jenggernya besar dan juga berwarna merah.
  • Postur badannya ramping
  • Warna kakinya agak sedikit putih
Ayam bekisar multi warna
Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya


Jenis ayam bekisar ini merupakan keturunan pertama dari persilangan antara ayam hutan hijau dan indukan betina ayam kampung yang berbulu apa saja, bisa putih, hitam, merah, kuning, coklat, abu-abu dll. cirinya sendiri warna bulunya berwarna-warni.

Itulah sedikit informasi tentang ayam bekisar, data tentang ayam bekisar ini kami rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis ayam bekisar dan ciri-cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel