Penyebab Kelinci Hilang Nafsu Makan dan cara penanganannya

PETERNAKAN

Penyebab Kelinci Hilang Nafsu Makan dan cara penanganannya

Penyebab Kelinci Hilang Nafsu Makan - Pada beberapa keadaan hewan ternak tak terkecuali kelinci akan kehilangan nafsu makan. Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan jangan sampai kehilangan nafsu makan pada kelinci disebabkan oleh penyakit Anorexia. Hilang nya Nafsu makan pada kelinci bisa menjadi fatal karena bisa mengurangi tonase dari Kelinci peliharaan kita. Maka dari itu kenalilah gejala-gejala dan cara penanggulangan yang tepat mengenai Penyebab dan Cara Mencegah Nafsu Makan Hilang Pada Kelinci peliharaan kita. Baca juga: Penyakit non-infeksi pada ikan atau penyakit yang tidak menular pada ikan

Penyebab Kelinci Hilang Nafsu Makan
Anorexia adalah salah satu penyakit penyebab hilang nya nafsu makan dan terjadi pada kelinci. Penyakit ini terjadi karena faktor phycist dari kelinci. Sedangkan Pseudoanorexia yaitu hilangnya nafsu makan kelinci karena terdapat masalah pada saat kelinci tersebut mengunyah atau ketika menelan makanan. Biasanya kelinci yang mengidap Pseudoanorexia karena gangguan yg dialami pada gigi kelinci.

Ciri-Ciri Kelinci Hilang Nafsu Makan
Gejala dan Jenis Anorexia pada Kelinci.
Kelinci yang terkena penyakit ini biasanya ditandai dengan penolakan makanan yang dilakukan oleh kelinci tersebut. Biasanya kelinci tidak mau memakan makanan yang diberikan dan bahkan kelinci tersebut tidak akan menyentuh makanan sama sekali. Pada keadaan ini kesehatan kelinci akan menurun secara drastis dan bila tidak ditangani segera dapat menyebabkan kematian. Berikut ini ciri-ciri kelinci yang terserang penyakit Anorexia.

Baca juga tentang:

Ciri-Ciri Penyakit Anorexia pada Ternak Kelinci
  1. Menolak makanan bahkan kelinci tidak mau menyentuh makanan sama sekali
  2. Sakit saat menelan makanan
  3. Kelinci kehilangan Bobot Badan 
  4. Kotoran kelinci terlihat kecil dan keras
  5. Sakit ketika makan
  6. Bau mulut 
Penyebab Penyakit Anorexia pada Ternak Kelinci
  1. Luka pada sistem dan organ pencernaan kelinci
  2. Perubahan keadaan lingkungan atau Stress
  3. Metabolisme Kelinci Yang Buruk
  4. Sakit jantung
  5. Tumor
  6. Gagal Ginjal
  7. Sakit Gigi 
  8. Gangguan Saraf
  9. Perubahan Pola makan

Penyebab Penyakit Pseudoanorexia pada Ternak Kelinci
  1. Berhubungan dengan reflex menelan
  2. Kelainan rahang dan gigi
  3. Penyakit gigi berupa gingivitis
  4. Penyakit tenggorokan
Diagnosis Penyakit Hilangnya Nafsu Makan Pada Kelinci
Mendiagnosis penyakit yang satu ini sebaiknya dilakukan oleh seorang dokter hewan yang memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kelinci, namun pada gejala awal peternak kelinci dapat melakukannya sendiri.

Cara pemeriksaan terhadap kelinci yang hilang nafsu makan bisa dilakukan dengan cara pemeriksaan gigi, ronstgen, ultrasound untuk mendeksi jantung dan liver, tes urine. Sedangkan untuk para peternak kelinci sendiri dapat juga mendiagnosis penyebab kelinci hilang nafsu makan melalui sejarah tempat tinggal dan juga memperhatikan pola makan dari kelinci yang hilang nafsu makan tersebut.

Baca juga:

Cara Pengobatan dan Pencegahan Kelinci Hilang Nafsu Makan
Gejala awal yang ditunjukkan penyakit Anorexia dan Pseudoanorexia yakni hilangnya nafsu makan dan berakibat pada dehidrasi dan kelaparan. Hal yang pertama yang dapat kita lakukan dalam mencegah kelinci dari penyakit Anorexia dan Pseudoanorexia yaitu dengan memberikan obat serta elektrolit sebagai pengganti cairan tubuh kelinci.

Symtomatic Therapy adalah terapi yang digunakan untuk menghilangkan gejala penyakit Anorexia. Terapi ini menitik beratkan pada aspek pemulihan stres yang menyebabkan hilangnya nafsu makan kelinci.

Dalam memelihara atau beternak kelinci perlu diperhatikan manajemen hidup dari kelinci, pola makan, Berat badan, Hydration status dan kotoran kelinci adalah hal yang perlu diperhatikan setiap hari. Setiap perubahan dari kelinci peliharaan anda sebaiknya dicatat.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Penyebab Kelinci Hilang Nafsu Makan, Ciri-Ciri Kelinci Hilang Nafsu Makan, Diagnosis Penyakit Hilangnya Nafsu Makan Pada Kelinci dan Cara Pengobatan dan Pencegahan Kelinci Hilang Nafsu Makan. data ini kami rangkum dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Kelinci Hilang Nafsu Makan dan cara penanganannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel